10 Platform Influencer Marketing Terbaik di Indonesia

Konten [Tampil]
Platform Influencer Marketing Terbaik di Indonesia

Influencer Marketing merupakan strategi pemasaran digital masa kini yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis untuk meningkatkan target pemasaran, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Tentu, dengan adanya metode atau teknik pemasaran ini, para pembisnis dapat terbantu dalam pemasaran serta pengenalan produknya.

Jika tertarik dengan strategi pemasaran ini, Anda pasti bertanya: Bagaimana caranya bisa bergabung.. apakah ada platform yang memberikan ruang khusus bagi para advertiser dan publisher untuk mengkampanyekan suatu produk? Pastinya ada dong..

Dalam artikel ini saya akan berbagi informasi tentang platform influencer marketing terbaik di Indonesia. Baca sampai selesai ya.. 

Platform Influencer Marketing Terbaik di Indonesia


Daftar berikut merupakan hasil dari data Alexa.com global rank dalam kategori Influencer Marketing yang ada di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. SosiaGo 


SosiaGo adalah platform influencer marketing terbaik pertama yang saat ini paling banyak dipakai aktifitas promosi. 

Lebih dari 23rb Influencer yang bergabung. Banyak juga startup yang bekerja sama seperti Airy rooms, Matahari mall, Bukalapak, JD.id, Blibli.com

Pengalaman pribadi setelah gabung di Platform SosiaGo sebagai Influencer ini sangat memuaskan. Setiap bulan pasti mendapatkan task / order untuk promosi. 

Gaji pertama saya dari SosiaGo sudah pernah saya publish di blog ini, silahkan dibaca jika tertarik. Dan Alhamdulillah, sebagai seorang Blogger yang memanfaatkan Platform SosiaGo kurang lebih selama 1 tahun ini sudah mendapatkan hasil 1,5Jt+ 

Tunggu apa lagi.. sekarang waktunya #CobaSosiaGo

2. RajaBacklink


Platform Influencer Marketing terbaik kedua yaitu RajaBacklink. RajaBacklink merupakan marketplace backlink pertama dan terbesar di Indonesia.

Anda memiliki produk dan ingin mengenalkan produk tersebut ke tingkat Global? RajaBacklink adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan itu semua. 

Platform RajaBacklink memberikan 2 layanan, yaitu Beli dan Jual Backlink. Apa manfaat yang kita dapat dari layanan tersebut?

Untuk Anda yang seorang pembisnis. Tentunya, banyak manfaat yang nantinya Anda dapatkan dari platform ini. Contohnya sebagai berikut:

✓ Layanan Beli Backlink: Sebagai advertiser, dapat memesan artikel yang sesuai kategori bisnis Anda ke Influencer yang website nya sudah terdaftar. Lalu, Jelaskan kebutuhan Anda seperti kata kunci yang mau di tautkan ke web portal bisnis Anda. 

✓Layanan Jual Backlink: Sebagai Influencer, memiliki media blog atau website tentu bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa jual backlink. Harga penjualan variatif ya, system RajaBacklink akan secara otomatis menentukan Harga penjualan, besar kecilnya nominal yang di dapat tergantung jumlah artikel yang terindex dan DA – PA Blog.

3. GetCraft


GetCraft didirikan oleh Patrick dan Anthony Reza Prasetya. Reza kini menjadi CEO GetCraft untuk Indonesia. GetCraft telah mendapatkan pendanaan awal dari 500 Startups dan Convergence Ventures dan merencanakan untuk menggalang dana Seri A di tahun 2019 untuk membantu mereka mengglobal.

Platform GetCraft yang berbasis di Indonesia saat ini telah mengorganisir ± 4000 kreator konten dan penerbit dan telah bekerja sama dengan lebih dari 250 brand. Secara total dalam tiga tahun terakhir mereka mengklaim total nilai proyek mencapai $10 juta.

Kehadiran Marketplace diharapkan menjadi jembatan antara kedua belah pihak untuk saling mengenal dan membuka potensi bisnis. Di sini kita menemukan berbagai jenis pembuat konten, termasuk yang berbasis video (YouTube), foto (Instagram), dan situs (media atau blog).

4. Vira.id


Vira.id adalah platform influencer marketing terbaik di Indonesia dan salah satu pelopor dalam menyediakan layanan inbound marketing untuk bisnis di Indonesia. Vira.id memiliki teknologi dan sumber daya yang memenuhi syarat untuk membantu perusahaan Anda memaksimalkan ROI (return on investment) dari upaya pemasaran.

Vira.id adalah pemasar, desainer, penggemar media sosial, dan pakar web. Vira.id bekerja sebagai tim pada proyek klien dan bangga dalam memberikan hasil untuk pelanggan inbound marketing kami.

Vira.id baru didirikan pada tahun 2018. Kami berbasis di Bogor, Indonesia. Vira.id telah mengerjakan berbagai proyek klien.

5. SociaBuzz 


Sekilas penjelasan tentang platform SociaBuzz merupakan situs online marketplace untuk mencari dan memesan berbagai jasa kreatif antara lain: jasa endorse (selebgram, blogger, buzzer, youtuber), penulis, fotografer, videografer, make up artist, penyanyi, DJ, band, MC, pembicara, stand up comedian dan model.

SociaBuzz adalah platform influencer marketing terbaik di Indonesia yang pada dasarnya mengusung konsep online marketplace yang menghubungkan bisnis dengan social media influencer. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pemasaran word-of-mouth di media sosial seperti Instagram, Blog, Youtube, dan Twitter.

Platform SociaBuzz sendiri sudah cukup lama hadir sejak 2012 dalam versi beta, namun baru berbentuk PT dan operasional secara penuh mulai dari bulan Maret 2015. Sebulan setelahnya, SociaBuzz berhasil mendapatkan pendanaan awal sebesar 62.500 dollar dari angel investor. Adalah Rade Tampubolon yang kini menjabat sebagai CEO dan Eddy Yansen sebagai CTO yang menginisiasi lahirnya SociaBuzz di Indonesia.

6. Partipost


Partipost merupakan platform yang menghubungkan brand dengan para influencer di media sosial. Pengguna Partipost akan mendapat bayaran berdasarkan jumlah keterlibatan atau engagement dari posting promosi yang ia unggah. 

7. Casting Asia


Profil singkat platform Casting Asia "Anyone Can Be a Creator and Go Global". Casting Asia memiliki visi bertujuan untuk membangun fondasi masa depan untuk bakat dan menghubungkan mereka dengan dunia untuk mempromosikan inspirasi dan tindakan. Kami percaya ada orang yang bisa go global.

8. Gushcloud


Gushcloud adalah new media & digital agency dari yang berasal di Singapura. Berdiri di tahun 2011, Gushcloud telah diakuisis oleh perusahaan digital media terbesar Korea, Yello Digital Marketing dan sekarang sudah beroperasi di Jakarta, Kuala Lumpur, dan Manila. 

Gushcloud telah bekerja sama dengan berbagai brand seperti Samsung, L’Oreal, McDonald’s ,dll. Kami adalah spesialis digital media dengan aset-aset yang melingkupi: influencers, youtubers, dan portal-portal konten online.

9. Hiip


Hiip adalah platform influencer marketing terbaik yang menghubungkan antara brand dan influencer dengan menggunakan teknologi Big Data dan Artificial Intelligence. Platform Hiip didesain sedemikian rupa untuk mengakomodir promosi digital yang masif dan menemukan influencer yang tepat. Hiip telah menghubungkan lebih dari 500 merek dan berkolaborasi dengan 6000 influencer.

Setelah sukses di Vietnam dan Negeri Gajah Putih "Thailand", di tahun 2019 Hiip Asia berekspansi ke Indonesia. Untuk memperluas pasar global, Hiip PTE Ltd. bekerja sama dengan BP Network, sebuah perusahaan lokal yang telah menjalankan bisnis yang sama selama dua tahun, mendirikan perusahaan patungan PT Hiip Inovasi Indonesia.

10. Tellscore


Tellscore adalah platform influencer marketing terbaik yang didorong oleh AI / ML (Artificial Intelligence / Machine Learning) yang memungkinkan merek untuk terhubung langsung dengan mikro-influencer di bidangnya (Kesehatan, Kecantikan, Perjalanan, Teknologi & Gadget, Gaya Hidup, dll.).

Tellscore percaya dalam membangun kabar baik dari mulut ke mulut melalui konten otentik yang didorong oleh data, transparan, dan dapat diukur. Kisah-kisah hebat dihargai di antara pengikut yang berpikiran sama yang memberdayakan merek lebih efektif daripada sekadar iklan.
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

23 Komentar untuk "10 Platform Influencer Marketing Terbaik di Indonesia"

  1. Wahhh makasih banget nih kak.
    Kan kalau udah tau kayak gini bisa tuh milih platform mana yang bakalan diseriusin #ehhh hahaha
    Maksudnya serius dipantengin dan dibuat lahan untuk memperluas jaringan.

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak juga ya yang memfasilitasi para blogger dn advertisers. Saya batu tau beberoa saja. Makasih infonya Mas.

    BalasHapus
  3. Baru 3 yamg tahu..sosiago, hiip sama sosiabuzz.. belum aktif juga disana... ke depan mungkin akan lebih aktif lagi..(amin)

    BalasHapus
  4. Ada beberapa yang belum saya kenal. Saat ini masih Sosiago saya Vira.id yang lagi di monetisasi. Moga aja beres dan siap dapet job.

    BalasHapus
  5. Wah keren banget. Ternyata ada banyak ya. Yang saya tahu baru 2-3 aja. Makasih sharenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2-3 jenis platform maksudnya, seperti Sosiago dan Vira.

      Hapus
  6. Info ini sangat membantu, beberapa web belum saya daftar tuh. *mau buru-buru daftar

    BalasHapus
  7. Belum semua aku tahu. Paling cuma Sociabuzz, Vira, dan Hiip. Itupun belum satupun yg nyangkut. Mungkin akunya blm fokus juga...

    BalasHapus
  8. Wah ternyata byk yg belum kucoba. Salah satunya getcraft. Ku kepoin dlu ahh..

    Thankss yaa kakak

    BalasHapus
  9. Wah makasih mas infonya, ini banyak banget yang belum aku coba dan ikut. Pantes sekarang makin bertaburan yaa influencer sosmed jaman now.

    BalasHapus
  10. Ternyata ada banyak platform yang belum saya ketahui. Saya baru sebatas mencoba Sosiago, Project.co.id, Vira, dan Tellscore. Saat ini juga masih fokus memperbaiki konten-konten di blog dulu supaya semakin optimal ke depannya. Terima kasih informasinya Mas Kholis.

    BalasHapus
  11. Postingan ini merupakan salah satu postingan yang "cring cring cring" buat para blogger :)

    Btw, saya mo japri mas Kholis ah ttg salah satu platform di atas :)
    Thanks mas.

    BalasHapus
  12. Waah ternyata ada banyak ya platform influencer marketing yang belum kuketahui. Aku baru gabungnya di SosiaGo, HIIP, Partipost, Rajabacklink, Vira.id dan Sociabuzz. Dan yang paling sering SosiaGo dan Partipost. Vira baru daftar banget. Terima kasih infonya, aku mau coba yang lainnya hehehe

    BalasHapus
  13. Suka banget artikelnya Mas, beberapa aku sudah daftar lainnya baru tahu. Makasih banyaaak

    BalasHapus
  14. Berfaedah banget ini artikelnya Mas Kholis. Menambah pengetahuan saya sekaligus penyemangat nulis blog terus. Sipp deh

    BalasHapus
  15. wah makasih tambahan infomriasnya kak
    aku baru sering dapat job dari sosiago saja
    yg lain ga pernah eh

    BalasHapus
  16. Belum pernah coba dan baru buat akun aja di sosiago dan vira ternyata banyak banget ya yang memfasilitasi para blogger . Nice info kak

    BalasHapus
  17. dari 10 nama platform influencer, hanya 2 yang saya tau, Hiip dan Vira.id. Itu pun belum pernah mengambil peluang. Mungkin saya emang kurang update heheheh

    BalasHapus
  18. wah infonya oke banget nih, sebelumnya aku cuma tau sosiago, hiip, dan sociabuzz doang..

    BalasHapus
  19. Banyak juga ternyata platformnya ya. Saya baru daftar SosiaGo dan Vira.id, sudah banyak ngebid tapi gak ada yang tembus. Ah, nasib

    BalasHapus
  20. Wow! Banyak ya platform buat cari job. Pantesan semua pada anteng jadi blogger. Hehe.. Tapi beneran lho alu baru tahu ada banyak platform. ternyata aku mainnya kurang jauh

    BalasHapus
  21. Hiks.. aku kok belum pernah nyobain salah satunya yaaa..

    BalasHapus
  22. Wah jadi ingat, gajian pertama dari HIIP, dari situ lalu tahu ternyata banyak platform yang menghubungkan telent dengan pencari jasa. Kalau sekarang beberapa yang mas kholis tulis, yang saya cocok tu vira

    BalasHapus
Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel