Penyebab Diare Pada Bayi Dan Cara Mengobatinya

Penyebab Diare Pada Bayi Dan Cara Mengobatinya

Penyebab diare pada bayi adalah suatu info yang penting Bunda ketahui agar sang buah hati bunda terhindar dari diare. Diare adalah sautu penyakit yang ditandai dengan seringnya bayi melakukan aktivitas buang air besar dengan tinja yang encer yakni berair dan berlendir. Kondisi ini akan membuat senang buah hati anda mengalami dehidrasi dan berat badannya dapat menurun dengan cepat.

Penyebab Diare Pada Bayi


Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab diare pada bayi, diantaranya;

1. Infeksi bakteri dan virus,

Bakteri dan virus ini dapat berasal dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dan kemudian dikonsumsi oleh bayi.  Tidak hanya dari makanan dan minuman saja, bakteri dan virus ini dapat pula berasal dari tangan bayi yang terkontaminasi dan dimasukkan ke dalam mulutnya. Untuk itu pastikan tubuh dan lingkungan serta makanan yang dikonsumsi sang bayi selalu steril.

2. Kelebihan mengkonsumsi makanan berserat,

Makanan berserat memang sangat baik untuk pencernaan karena dapat melancarkan proses pencernaan. Namun lain halnya pada bayi, sistem pencernaan bayi masih lemah, sehingga sangat sulit mecerna makanan seperti halnya orang dewasa. Hal inilah yang membuat bayi lebih mudah mengalami diare.


3. Ibu mengkonsumsi makanan yang pedas,

Pola makan sang Ibu yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang pedas dan terlalu asam dan juga nangka, juga dapat menyebabkan sang bayi mengalami diare. Hal itu dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam jenis makanan tersebut tersaludalam mengatasi rkan ke tubuh bayi melalui ASI dan kemudian mengganggu proses pencernaan sang bayi.

Cara Mengobati Diare


Jika bayi anda terlanjur mengalami diare maka segeralah membawanya ke dokter, agar mendapatkan perawatan sedini mungkin. Semakin cepat perawatan yang diterima sang bayi maka semakin cepat pula diare dapat diobati.

Dalam mengobati diare dokter biasanya akan meresepkan oralit, antibiotik ataupun obat antiparasit sebagai upaya agar diare berhenti dan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada sang bayi. Selain itu bagi ibu yang sedang menyusui pastikanlah anda mengkonsumsi pola makan yang sehat.
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Penyebab Diare Pada Bayi Dan Cara Mengobatinya. Please share...!

0 Comment for "Penyebab Diare Pada Bayi Dan Cara Mengobatinya"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan