Review Universitas di Semarang Negeri dan Swasta Sesuai Jurusannya

Konten [Tampil]
Universitas di Semarang

Untuk Anda yang cari universitas di Semarang, pastilah harus tahu universitas apa saja pilihannya. Anda juga harus memastikan dulu apakah akan masuk universitas negeri atau swasta. Berikut beberapa universitas di Semarang, baik yang di negeri maupun swasta.

Universitas di Semarang Negeri


Jika ingin melanjutkan pendidikan tinggi di universitas negeri, maka Kota Semarang memiliki beberapa daftar kampus yang recommended sebagai berikut.

1. Universitas Diponegoro


Universitas Diponegoro

Memiliki motto Wiyata Hangreksa Gapuraning Nagara, universitas di Semarang ini berdiri pada bulan Januari tahun 1957 lalu. Untuk Anda yang mencari universitas negeri di Semarang dengan banyak tawaran program studi, maka Universitas Diponegoro bisa menjadi pilihannya.

Total ada sebelas fakultas dan dua sekolah yang ada di sana, diantaranya fakultas teknik, kedokteran, hukum, ekonomika dan bisnis, ilmu budaya, kesehatan masyarakat, sains dan matematika, ilmu sosial dan politik, peternakan dan pertanian, perikanan dan ilmu kelautan, psikologi, sekolah vokasi, dan sekolah pascasarjana.

Beralamat di Jalan Prof. Sudarto Nomor 13, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, suasana berkuliah di sini cukup ramah. Sebab memang universitas ini masih banyak diisi warga lokal Semarang.

2. Universitas Negeri Semarang


Universitas Negeri Semarang

Universitas di Semarang ini bisa dikatakan paling populer. Wajar saja, Universitas Semarang yang tadinya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang telah ada sejak tahun 1965. Jangan heran jika kampus ini juga terkenal dengan nama IKIP Semarang.

Karena merupakan bekas institut kependidikan, wajar saja banyak fakultasnya yang terisi oleh program studi keguruan atau kependidikan. Adapun fakultas yang dimiliki antara lain fakultas hukum, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam,fakultas ekonomi, fakultas ilmu sosial, fakultas ilmu keolahragaan, fakultas bahasa dan seni, fakultas teknik, dan tak ketinggalan fakultas ilmu pendidikan.

Karena berbasis kependidikan, wajar saja banyak lulusannya yang berakhir menjadi pengajar atau guru. Meski begitu, tak semua alumninya memilih untuk bergelut di profesi tersebut. Universitas di Semarang ini juga memiliki program pascasarjana.

3. UIN Walisongo


UIN Walisongo Semarang

Lebih baru dibanding dua universitas negeri sebelumnya, UIN Walisongo berdiri pada tahun 1970. Alamatnya berada di Jalan Walisongo Nomor 3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Karena berbasis Islam, sangat wajar banyak fakultas dan progra studi di dalamnya berunsur ajaran Islam.

Fakultas yang dimiliki antara lain ilmu sosial dan politik, psikologi dan kesehatan, sains dan teknologi, dakwah dan komunikasi, ekonomi dan bisnis islam, syariah dan hukum, ushuluddin dan humaniora, serta ilmu tarbiyah dan keguruan.

Alumnus UIN Walisongo kebanyakkan memutuskan untuk menjadi pendakwah, penyebar agama Islam, dan profesi lain yang memiliki unsur ke-Islam an.

Beberapa program studi yang dimilii UIN Walisongo yang memiliki unsur ke-Islam an antara lain Pendidikan Agama Islam, manajemen pendidikan Islam, pendidikan guru mardasah ibtidaiyah, akidah dan filsafat Islam, tasawuf, dan masih banyak lagi.

4. Politeknik Negeri Semarang


Politeknik Negeri Semarang

Kerap disebut sebagai Polines, universitas ini beralamatkan di Jalan Prof. Soedarto, Semarang, Jawa Tengah. Bisa dikatakan masih cukup baik, karena Politeknik Negeri Semarang baru berdiri pada tahun 1982, itu pun berdiri sebagai Politeknik UNDIP. Baru lah pada tahun 1999 namanya resmi menjadi Politeknik Negeri Semarang.

Karena ada sebagai politeknik, jurusan-jurusannya tak dipisahkan menurut fakultas, melainkan menurut jenjang. Program studi yang ditawarkan berdasarkan jenjang adalah D3 dan D4. Lulusan Polines kebanyakkan menjadi teknisi atau seseorang yang bekerja dalam industri.

Universitas di Semarang Swasta


Selain universitas negeri, ada juga universitas-universitas swasta yang bisa dipilih. Selain jurusan yang variatif, fasilitasnya pun tak kalah dengan universitas negeri. Berikut adalah daftarnya.

1. Universitas Semarang


Universitas Semarang

Universitas Semarang atau USM adalah salah satu universitas di Semarang yang swasta. Alamatnya berada di Jalan Atmodirono Nomor 11 dan Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari. Total ada tujuh fakultas dan program yang ditawarkan oleh Universitas Semarang.

Diantaranya adalah program pascasarjana, fakultas TIK, teknologi pertanian, psikologi, teknik, ekonomi, dan hukum. Alumni dari universitas ini sifatnya heterogen, ada yang memutuskan bekerja yang sebidang dengan program studinya, ada juga yang tidak. Suasana kuliah di kampus ini juga nyaman-nyaman saja karena lokasi yang tidak jauh dari perkotaan.

2.  Universitas Islam Sultan Agung


Universitas Islam Sultan Agung

Perguruan tinggi berunsur Islami ini berdiri pada tahun 1962. Beralamatkan di Jalan Kaligawe Raya KM 4, Semarang, Jawa Tengah, Universitas Islam Sultan agung termasuk sebagai salah satu universitas tertua di Semarang.

Fakultas yang ada di perguruan tinggi ini antara lain fakultas bahasa dan ilmu komunikasi, fakultas agama Islam, ekonomi, hukum, teknologi industri, teknik, psikologi, ilmu keperawatan, kedokteran gigi, dan kedokteran. Juga ada program pascasarjana untuk siapa saja yang ingin melanjutkan studi magister atau doktoral.


3.  Universitas Dian Nuswantoro


Universitas Dian Nuswantoro

Moto Universitas Dian Nuswantoro adalah Untuk Masa Depan yang Lebih Baik, kampus ini baru ada pada tahun 1990. Memang masih cukup baru, namun universitas di Semarangg ini adalah hasil penggabungan dari beberapa sekolah tinggi. Yang mana diantaranya adalah Sekolah Tinggi Kesehatan, Sekolah Tinggi Bahasa Asing, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika.

4.  Universitas Ivet


Universitas Ivet Semarang

Universitas Ivet atau Univet adalah gabungan antara Akademi teknik Perkapalan Semarang dengan IKIP Veteran Semarang. Dua universitas ini baru bergabung pada tahun 2019 kemarin, namun di dalamnya sudah ada tiga fakultas. Fakultas yang ada antara lain fakultas kemaritiman, fakultas sains dan teknologi, dan fakultas keguruan ilmu pendidikan.

Karena merupakan gabungan dari sekolah kemaritiman, kebanyakkan alumninya bekerja di sektor maritim atau laut.

5.  Universitas Katolik Soegijapranata


Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas di Semarang selanjutnya adalah Universitas Katolik Soegijapranata. Kampus ini berdiri pada tahun 1982, menawarkan dua program dan sepuluh fakultas.

Fakultas yang di fasilitaskan antara lain fakultas kedokteran, ilmu dan teknologi lingkungan, bahasa dan seni, teknologi pertanian, ilmu komputer, psikologi, ekonomi dan bisnis, hukum dan komunikasi, teknik, serta arsitektur dan desain.

Sederet nama universitas di Semarang tersebut tentu akan memberikan gambaran bagaiman kehidupan para civitas akademika di ibukota Provinsi Jawa Tengah. Ya, bagi Anda yang tertarik untuk belajar di sana, maka tidak ada salahnya memperluas wawasan dengan berbagai informasi penting di atas.
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Review Universitas di Semarang Negeri dan Swasta Sesuai Jurusannya"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel