Informasi Lengkap Tentang Universitas di Bandung Negeri dan Swasta

Konten [Tampil]
Universitas di Bandung

Ada banyak sekali universitas di Bandung, baik itu yang negeri maupun yang swasta sama-sama ada banyak. Dalam artikel ini akan disebutkan beberapa diantaranya beserta penjelasan singkatnya.

Universitas di Bandung Negeri


Kategori pertama yang biasanya disasar para lulusan SMA atau SMK adalah universitas negeri. Di Bandung, ada beberapa universitas menarik dengan jurusan terbaik sebagai berikut.

1. Institut Teknologi Bandung


Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung sudah lama ada di Bandung, tepatnya sejak tahun 1920. Yang mana nama sebelumnya adalah Technische Hoogeschool te Bandoeng. Karena sudah lama ada, wajar saja universitas di Bandung ini menawarkan banyak sekali fakultas dan program studi di dalamnya.

Diantaranya ada fakultas teknik sipil dan lingkungan, teknik elektro dan informatika, teknik mesin dan dirgantara, teknologi industri, teknik pertambangan dan perminyakan, ilmu dan teknologi kebumian, serta matematika dan ilmu alam. 

ITB yang beralamatkan di Jalan Ganesha Nomor 10 Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat ini juga menawarkan program sekolah, seperti sekolah ilmu dan teknologi hayati, teknik elektro dan informatika, arsitektur perencanaan, dan sekolah bisnis manajemen.

2. Universitas Padjadjaran


Universitas Padjadjaran

Berlokasi di daerah Jatinangor, universitas ini juga bisa dikatakan sudah cukup tua. Sejak tahun 1957 universitas di Bandung ini sudah ada. 

Beberapa fakultas yang ditawarkan antara lain teknik geologi, farmasi, industri pertanian, perikanan dan ilmu kelautan, keperawatan, ilmu komunikasi, peternakan, psikologi, ilmu sosial, ilmu budaya, kedokteran gigi, pertanian, matematika dan ilmu pengetahuan alam, kedokteran, ekonomi dan bisnis, serta fakultas hukum.

Suasana berkuliah di kampus ini cukup modern, karena didukung oleh lokasi dan banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Universitas Pendidikan Indonesia


Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas di Bandung negeri selanjutnya ada Universitas Pendidikan Indonesia. Tentu saja kebanyakkan alumninya bekerja menjadi tenaga pendidik atau pengajar. 

Universitas yang ada pada tahun 1954 ini beralamat di Jalan Setiabudi Nomor 229 Isola, Sukasari, Bandung, Jawa Barat.
 
Program studi yang ditawarkan tak jauh dari makna nama universitas ini. program-program yang mayoritas kependidikan tersebut masuk dalam fakultas pendidikan dan teknologi kejuruan, matematika dan ilmu pengetahuan alam, bahasa dan sastra, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, dan fakultas pendidikan.

4. UIN Sunan Gunung Jati


UIN Sunan Gunung Jati

UIN Sunan Gunung Jati telah ada sejak tahun 1968 sebagai IAIN dan menjadi UIN pada tahun 2005. Alamatnya berada di Jalan A.H. Nasution Nomor 105A, Cibiru, Bandung, Jawa Barat.

Karena merupakan perguruan tinggi ke-Islam an maka banyak program studi yang ditawarkan bernuansa Islam. Jenjang program yang ditawarkan hanya strata 1 dan diploma 3 saja.

5. ISBI Bandung


ISBI Bandung

Alumni dari perguruan tinggi ini banyak yang menjadi seniman atau pengajar seni. Tadinya ada sebagai Konservatori Tari yang berdiri pada tahun 1968, hingga akhirnya terus mengalami perkembangan sehingga namanya berubah menjadi ISBI atau Institut Seni Budaya Indonesia Bandung pada tahun 2014 kemarin.

Pilihan program studi yang ditawarkan ada dalam fakultas seni pertunjukan, seni rupa dan desain, budaya dan media, serta program pascasarjana.

Universitas di Bandung Swasta


Bukan hanya universitas negeri saja yang berkualitas di Kota Bandung. Faktanya, beberapa universitas swasta ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan tinggi terbaik. Berikut daftarnya. 

1. Telkom University


Telkom University

Telkom University ada sebagai salah satu universitas di Bandung swasta dengan nama STT Telkom di awal, tepatnya pada tahun 1990. Baru kemudian pada tahun 2013 namanya berubah menjadi Telkom University. 

Adapun fakultas yang ada di sana antara lain fakultas teknik elektro, komunikasi dan bisnis, rekayasa industri, industri kreatif, informatika, ilmu terapan, ekonomi dan bisnis.

Alamatnya berada di Jalan Telekomunikasi dan Jalan Terusan Buah Batu, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat.

2. Universitas Pasundan


Universitas Pasundan

Universitas Pasundan memiliki lima lokasi yang tersebar di Bandung, diantaranya ada di Jalan Lengkong Besar Nomor 68 dan Jalan Dr. Setiabudi Nomor 68. Berdirinya kampus ini di tahun 1960, dan memiliki suasana yang cukup modern dan hetero. Sebab mahasiswa universitas di Bandung ini tak hanya dari Indonesia saja, melainkan juga dari luar negeri.
 

3. Universitas Islam Bandung


Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung atau UNIBA berdiri pada tahun 1958 dan menjadi universitas di Bandung keIslaman yang populer. Ada tiga jenjang pendidikan yang ditawarkan, yaitu sarjana, magister, dan doktoral. Lokasinya berada di Jalan Tamansari Nomor 1, Tamansari, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.

4. Universitas Islam Nusantara


Universitas Islam Nusantara

Memiliki singkatan UNINUS, universitas di Bandung swasta ini berdiri pada tahun 1959. Fakultas yang ada di sana cukup lengkap, diantaranya fakultas ekonomi, hukum, keguruan dan ilmu pendidikan, teknik, pertanian, ilmu komunikasi, dan agama Islam. 

Alamatnya berada di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 530, Sekejati, Buahbatu, Bandung. Suasananya nyaman, sebab kampus ini dikelilingi pemukiman dan tak sulit menemukan kost atau hunian sementara untuk para mahasiswanya.

5. Universitas Kristen Maranatha


Universitas Kristen Maranatha

Berdiri pada tahun 1965, Universitas Kristen Maranatha menawarkan jenjang diploma, sarjana, pascasarjana, dan profesi. Untuk program sarjana ada pilihan fakultas psikologi, kedokteran, teknik, teknologi informasi, ekonomi, hukum, sastra, serta seni rupa dan desain.

Alamat Universitas Kristen Maranatha sendiri berada di Jalan Surya Sumantri Nomor 65, Sukawarna, Sukajadi, Bandung.

6. Universitas Widyatama


Universitas Widyatama

Universitas di Bandung ini berada di Jalan Cikutra Nomor 204A, Bandung, Jawa Barat. Tadinya universitas ini bernama Institut Akuntansi Bandung, yang mana berdiri pada tahun 1973. 

Universitas di Bandung yang swasta ini juga merupakan gabungan dari beberapa perguruan tinggi, diantaranya ada Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung.

Ada fakultas ekonomi, bisnis dan manajemen, teknik, bahasa, serta desain grafis dan komunikasi visual di dalamnya. Alumni dari Universitas Widyatama banyak yang melanjutkan berkarir di bidangnya masing-masing.

Jadi, mau pilih universitas yang mana? Intinya, Anda harus memetakan dulu jurusan yang diinginkan dan mengikuti tes seleksi masuknya. Selamat mencoba!
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Informasi Lengkap Tentang Universitas di Bandung Negeri dan Swasta"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel