Mengenal Sosok Betariko: Pemenang Kontes SEO dan Blog Review SosiaGo

mengenal-sosok-betariko

Idkholis.com | Pada tanggal 05 November 2018, Saya mendapat suatu informasi kontes yang di adakan oleh salah satu platform yang bergerak dalam bidang influencer marketing yang saat ini berbasis di Jakarta.

Platform yang saya maksud diatas adalah SosiaGo. SosiaGo merupakan sebuah platform yang sebelumnya memiliki nama iBlogmarket, yang juga merupakan marketplace untuk para influencer dan advertiser.

Singkat cerita, setelah melewati proses pengembangan sistem terbaru, tanggal 17 Okt 2018, secara resmi iBlogmarket re-branding menjadi SOSIAGO.

Dalam jangka waktu dekat, setelah adanya re-branding tersebut, SosiaGo mengadakan event kontes yang ditujukan untuk para blogger agar melakukan riview platform sosiago.

Review platform sosiago bertujuan untuk mengenalkan SOSIAGO sebagai All-in-One Influencer Marketing Platform pertama di Indonesia dengan fitur-fitur baru yang SOSIAGO miliki.

Kontes SosiaGo di Menangkan Blogger Pati


Tidak menunggu lama setelah di adakannya kontes tersebut, banyak peserta yang mendaftarkan karya mereka (URL artikel) di tab peserta, total ada 185 peserta yang sudah bergabung hingga status event berakhir.

Banyak karya menarik, dan hasil reviewnya pun sangat bagus-bagus. Namun yang namanya kompetisi SEO dan Blog review, tentu tidak hanya membutuhkan skil penulisan yang enak dibaca saja, melainkan juga butuh pengalaman untuk memahami algoritma Google agar artikel bisa berada di urutan pertama saat di search di Google.

Ada cerita menarik di balik kemenangan kontes ini, kontes yang diselenggarakan sosiago. Pemenang sekaligus Juara 1 kontes review platform sosiago di menangkan oleh Sahabat saya sendiri, bisa dibilang Guru saya, ia yang mengajari Saya ngeblog dari awal hingga sekarang. Kami berdua selalu sharing tentang perkembangan-perkembangan blog di Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Betariko


mengenal-sosok-betariko

Muhammad Agung Betariko merupakan pemuda Asli Pati yang saat ini merantau di Jakarta. Dia adalah seorang blogger Indonesia yang sudah aktif sejak tahun 2011.

Tentunya, sudah banyak pengalaman serta ilmu yang ia miliki tentang pembelajaran blogging. Banyak ilmu yang sudah ia kuasai saat menjadi Blogger, mulai dari:

  • Penulisan konten 
  • SEO (search engine optimization)
  • Riset keyword
  • Optimasi website
  • Redesign template
  • Design logo website
  • dll

Mungkin akhir-akhir ini nama Agung Betariko menggemparkan dunia kontes, dikarenakan bisa mengalahkan pemenang kontes abadi yang biasanya di raih oleh Dede Sobirin, seorang blogger yang berasal dari Soreang kabupaten Bandung selatan. Nama Dede sobirin banyak dikenal para publisher karena banyak prestasi kontes SEO yang ia menangkan mulai dari tahun 2015 hingga saat ini, dia selalu meraih juara 1-3 setiap ada kompetisi.

Saya sebagai sahabat Agung, tentu sangat bahagia sekaligus bangga, punya sahabat yang bisa mengalahkan Raja nya kontes (Dede Sobirin) saat ajang kompetisi SEO yang di adakan SosiaGo. Seperti ada angin segar saat pengumuman juara kemarin. 

Jika kita membahas keberuntungan, ada cerita unik nan menarik yang perlu kita ketahui bersama. Jadi, simak baik-baik, saya akan sharing beberapa poin penting dibawah.

Betariko.com merupakan platform blog yang masih nge-hosting di blogger (Gratis). Bagaimana bisa mengalahkan blog yang rata-rata memiliki platform wordpress self-hosted (Bayar)?

Secara logika, blog wordpress self-hosted lebih mudah optimasi berbagai hal, mulai dari optimasi kecepatan website, optimasi konten, optimasi SEO On-Page & Off-Page SEO serta banyak plugin pendukung yang bisa di manfaatkan dari pada blogger yang cuma memiliki fitur sederhana. 

Berbagi Tips Jadi Juara Kontes 


mengenal-sosok-betariko

Buat teman-teman yang ingin Join Kontes SEO, sebaiknya pelajari serta pahami dulu beberapa poin berikut, jika artikel ingin berada di posisi pertama Google.

Beberapa poin dibawah akan saya jelaskan sesuai hasil sharing knowledge bersama rekan Agung, selaku owner Betariko.com :

1. Fresh Konten


Disaat mengikuti kontes, usahakan membuat konten pembahasan yang unik dibanding kompetitor lain. Maksud fresh konten disini adalah buatlah artikel dengan gaya bahasa yang lebih menarik dan mudah di pahami. 

Biasanya penyelenggara kontes akan memberikan 1 kata kunci khusus yang akan menjadi tema pembahasan. Dengan adanya aturan tersebut, pasti akan banyak para blogger yang menulis dengan inti tulisan yang sama. Disini kita perlu mencari titik lemah dari artikel lain yang serupa dan buatlah konten yang lebih baik dari yang sudah ada.

Fresh konten merupakan kunci SEO di tahun 2019 ini. Jadi, berkaryalah dengan gaya bahasamu sendiri.

2. Jumlah Kata Artikel


Jumlah kata artikel juga sangat berpengaruh saat kita berkompetisi. Biasanya kompetitor akan membuat konten dengan ribuan kata dalam 1 artikel pembahasan.

Sebagai contoh, jika kompetitor A dan B memiliki jumlah kata artikel 1000 - 3000 kata dalam 1 artikel, maka kita harus bisa mengimbangi jumlah kata artikel yang akan di ikutkan kompetisi, namun lebih bagus jika bisa diatas itu, karena peluang menyalip posisi di pencarian Google akan lebih cepat.

Tapi biasanya kendala yang sering dihadapi blogger saat menulis artikel terlalu panjang adalah bingung sendiri apa yang ia tulis dan sangat susah untuk di pahami, bahkan biasanya sampai ga nyambung dengan tema pembahasan, karena penjelasan terlalu bertele-tele.

Yang perlu kita garis bawahi, penjabaran artikel harus padat, jelas, dan tuntas. Itu menjadi poin penting jika kita ingin berkompetisi.

3. Penggunaan Heading Tag 


Agar artikel bagus di mata Google, teman-teman harus menerapkan Heading tag di dalam artikel. Tujuan menerapkan heading tag yaitu agar mesin pencari lebih cepat crawl dalam memahami laman web atau isi inti (topik) sebuah artikel sehingga dianggap tepat query user, penelusur akan menampilkannya di search engine atau halaman pencarian.

Perlu di catat! Jangan melebihi 60 karakter saat penggunaan judul maupun sub judul ya. Karena ideal penggunaan huruf / karakter tidak boleh melebihi angka tersebut.

4. Template Fash Loading


Sekarang kita hidup di zaman teknologi yang perkembangan nya sangat pesat, semua informasi saat ini dapat dengan mudahnya kita akses melalui internet.

Banyak website berkembang, selalu melakukan pembenahan serta perubahan mulai dari kecepatan loading. Karena kecepatan website juga sangat penting untuk kita perhatikan.

Jika kita memiliki web dengan kecepatan loading dibawah 70% itu menandakan ketidaksiapan kita dalam berkompetisi.

Perlu kita ketahui, bahwa para internet marketing (iMers) saat ini sudah banyak yang menggunakan template yang sudah support fitur AMP. Jika template kita masih lambat, akan sangat susah untuk bersaing di halaman Google.

Namun jangan cuma condong ke AMP saja ya, sekarang sudah banyak template non-AMP yang juga memiliki kecepatan loading mobile/desktop diatas 95% jika di tes melalui pagespeed insights. Salah satu template idola saat ini, yang paling banyak digunakan Blogger Indonesia adalah VioMagz.

Untuk melihat ulasan lengkap tentang template VioMagz buatan Mas Sugeng, silahkan klik link Review VioMagz 

5. SEO Basic: Link Building


Poin yang terakhir adalah dengan menerapkan SEO Basic: Link Building. Link Building merupakan hal terpenting dalam pengoptimalan website. Teman-teman bisa search aja di Google tentang penjelasan link building.

Sudah banyak blogger yang share pembahasan tersebut.

Itulah 5 poin penting yang perlu di pahami sebelum bergabung dalam kontes SEO.

Di penghujung pembahasan ini saya akan menginformasikan pemenang kontes SosiaGo - SEO & Blog Review Contest.

Daftar lengkap "Pemenang Utama" berdasarkan ranking 10 teratas di http://www.google.co.id 


Source image: Twitter @SosiagoID

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Mengenal Sosok Betariko: Pemenang Kontes SEO dan Blog Review SosiaGo "

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel