Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi

Obat-batuk-tradisional-untuk-bayi

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi - Ketika mulai mempunyai bayi, Anda harus dapat menjaganya agar tidak gampang terkena penyakit. Anda jadi memberikan DE ekslusif ataupun susu yang bagus, jika Anda belum bisa memberinya ASI. Ketika ia memasuki umur enam bulan, Anda dimulai memikirkan asupan makanan yang baik serta sehat untuk bayi Awak agar imunitasnya terjaga. Tetapi, sebaik apa saja Anda menjaga kesehatannya, yang terjadi suatu ketika bayi dapat terserang sakit, seperti demam, batuk selanjutnya flu. Sewaktu orang dewasa terkena batuk, langkah awal yang dibuat adalah menemukan toko obat terdekat untuk membeli obat batuk. Ketika batuk dialami oleh bayi Anda, mungkin Anda tidak bisa langsung memberinya obat. Setelah itu, apa yang harus dilakukan?

Pemberian obat batuk untuk bayi tidak bisa sembarangan, obat batuk yang dijual bebas jelas dicekal untuk dikonsumsi bayi Kamu. Berikut sedikit obat batuk tradisional untuk bayi yang aman diberikan bagi buah hati Anda.

Batuk kecil pada bayi atau anak-anak terjadi waktu tenggorokan, trakea, atau bagian dalam pada paru-paru mendapatkan iritasi / bahkan infeksi. Batuk adalah cara tubuh melindungi diri dan yaitu reaksi typical dalam rangka membersihkan lendir dari saluran napas. Biasanya, batuk pada bayi adalah gejala infeksi sejenis contamination flu biasa dan jadi mereda dengan sendirinya setelah dua minggu. Meskipun begitu, Anda tidak boleh menganggap remeh, Bunda patut mengetahui model dan penyebab serta obat batuk untuk bayi yang aman diberikan.

Jenis Batuk yang Hampir Sering Menyerang Bayi, Apa Saja?


Batuk disebarkan dengan adanya virus, setelah itu bisa jadi gejala adanya infeksi. Berikut ini jenis batuk yang mesti diwaspadai orang tua saat menyerang buah hati Anda: 

Batuk croup, menyebabkan kesulitan bernapas, sebab laring dan jalan pernapasan ke paru-paru (trakea) membengkak. Akibatnya bayi selalu mengeluarkan batuk lelah seperti gonggongan. Gejalanya jadi berupa panas, demam, adanya ingus pada dalam hidung. Virus ini biasanya menjangkiti anak berusia enam bulan hingga tiga tahun.

Batuk rejan, dikarenakan infeksi bakteri yang mengakibatkan paru-paru setelah itu saluran udara. Batuk ini akan bikin bayi Anda terengah-engah. Seringnya gejala diikutsertakan dengan influenza dan demam ringan. Setelah beberapa minggu, jika kaga sembuh, selalu menjadi batuk kering. Kita bisa memberi vaksin kepada jenis batuk kecil ini.

Batuk Brochiolitis, adalah infeksi yang pada umumnya dialami di tahun pertamanya. Batuk jenis ini disebabkan dengan cuaca yang dingin. Hal ini berlangsung karena saluran udara kecil ke paru-paru terinfeksi & berlendir. Bayi menjadi kesulitan bernapas. Gejala yang nampak berupa hadirnya ingus dalam hidung, batuk kering, kehilangan selera makan. Lama-lama akan mengakibatkan pilek, infeksi telinga, batuk croup, & pneumonia.

Batuk pada bayi jua bisa diikutsertakan dengan gejala-gejala lain, misalnya demam, radang tenggorokan, mata merah, hidung tersumbat, bukan nafsu makan, dan rewel. Selain itu, bisa muncul bengkak pada kelenjar getah bening di bagian bawah lengan, leher, ataupun di bagian belakang kepala. Bayi di bawah umur 4 bulan biasanya hanya akan mendapatkan batuk ringan, namun andai batuk yang terjadi terlalu sering tersebut berarti pertanda serius.. Nah, jika telah demikian, Bunda perlu seksama dalam menangani serta mengasihkan obat batuk tradisional untuk bayi Anda. Badan regulasi obat dan makanan Amerika Serikat bahkan tidak merekomendasikan obat batuk yang dijual bebas tersebut utk diberikan kepada Si Kecil (di bawah 2 tahun), karena obat tersebut bisa saja memiliki pengaruh yang serius dan sangat berpotensi mengancam nyawa buah hati Anda.

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi yang Aman Dikasih


Terdapat bermacam cara biasa untuk menangani batuk pada bayi, diantaranya dengan memberikan lebih banyak asupan Air Susu Ibu (ASI) yang berguna bagi membantu tubuh bayi melawan infeksi. Pemberian obat batuk untuk bayi juga bisa membantu membasmi batuknya. Adapun obat batuk tradisional yang dapat diberikan pada saat buah hati batuk antara lain:

1. Wedang Jahe


Obat-batuk-tradisional-untuk-bayi

Jahe adalah salah satu rempah yang punya sangat banyak manfaat serta khasiat untuk kesehatan kita tubuh. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada bayi & anak, selain yang rata-rata orang dewasa gunakan bagi menghangatkan tubuh.

Cara buat obat batuk tradisional untuk bayi jua tidaklah sulit. Berikut resep dan tips-tips membuatnya.

  • Ambil satu ruas jahe kemudian panggang sampai keluar aromanya,
  • Bagian yang menghitam dibersihkan kemudian digeprek sampai memar,
  • Selanjutnya ditambahkan air gula secukupnya yang sudah tersaji dengan air hangat,
  • Aduk ramuan sampai rata lalu minumkan kepada anak selagi masih hangat wedang jehenya.


2. Jahe dan Kencur



Obat-batuk-tradisional-untuk-bayi

Jahe dan kencur ini mempunyai kandungan yang bisa mengatasi penyebab batuk pada anak-anak dan bayi. Cara membuatnya juga benar-benar sederhana, ialah;

  • Parutan kencur dan jahe dicampur, lalu dilarutkan ke dalam segelas air putih
  • Larutan yang telah dibuat tadi direbus hingga mendidih kemudian diamkan sampai suhunya terasa hangat.
  • Air rebusan tadi disaring lalu diminumkan pada anak ataupun bayi dengan perlahan, sedikit demi sedikit.

3. Daun Sirih


Obat-batuk-tradisional-untuk-bayi

Daun sirih bukan barang asing lagi bagi masyarakat Indonesia terutama pencinta herbal. Daun sirih sangat banyak kandungan khasiat yang bisa didapatkan, tidak terkecuali untuk mengobati batuk bayi.

Obat batuk tradisional untuk bayi ini juga sangat gampang Anda buat, caranya yaitu;

  • Satu helai daun sirih diambil selanjutnya dicuci sampai bersih
  • Dalam beberapa potong jahe dimasukkan ke dalam panci yang berisi satu gelas air putih
  • Rebus hingga mendidih selanjutnya tuangkan ke dalam gelas.


Obat dari air rebusan daun sirih ini diminum sekali satu hari dan diulangi selama beberapa hari hingga batuk anak lekas hilang serta sembuh.

Selain pemberian obat batuk bagi bayi, batuk juga dapat diatasi dengan langkah-langkah simple berikut ini.

A. Madu


Madu merupakan bahan yang paling disarankan untuk anak-anak untuk meringankan sakit tenggorokan dan memudahkan batuk. Bunda bisa menyediakan madu setengah sendok teh atau dua sampai lima ml sebelum tidur. Madu hanya disarankan buat anak yang sudah berusia kurang lebih 1 tahun. Hindari memberikan madu karena dapat menyebabkan botulisme (keracunan akibat bakteri Clostridium botulinum) pada bayi. Ketahui juga lebih lanjut tentang gara-gara memberikan madu ke bayi berusia di bawah 1 tahun.

B. Istirahat Cukup 


Jika Si buah hati terserang batuk, Bunda bisa menangani hal tersebut dengan memastikan Si Kecil menjumpai waktu 
istirahat yang cukup. Salah satu cara memanfaatkan sewaktu istirahat yang baik bagi tubuh merupakan dengan membiarkan Si buah hati Sedikit tidur sebanyak yang mereka inginkan.

C. Perbanyak Asupan Cairan


Memperbanyak cairan dapat memangkas lendir setelah itu membuat saluran pernapasan jauh lebih lancar. Untuk bayi berusia 3 bulan hingga 1 tahun bisa diberikan air putih hangat / jus apel dengan dosis 5-15 ml sebanyak empat kali sehari. Untuk bayi umur di 6 bulan bawah, disuruh hanya minum ASI ataupun susu formula. Untuk bayi usia pada bawah 3 bulan disarankan untuk menemui dokter jika terserang batuk.

D. Angkat Kepala Bayi 


Sama halnya dengan orang dewasa, meninggikan bantal saat tidur pun dapat membantu memudahkan bernapas ketika mendapatkan batuk pilek.

E. Menghirup Uap Panas


Sebagaimana penanganan batuk pada anak, bayi juga dapat memanfaatkan uap panas pada ruangan untuk membantu melegakan saluran pernapasannya. Pastikan Kamu menjaga bayi saat menghirup uap agar tidak terluka.

Meski sering kali tidak merupakan pertanda buruk, Bunda mesti tetap cermat ketika Si Kecil terinfeksi batuk. Kalau obat batuk tradisional untuk bayi di atas tidak membantu atau timbul gejala-gejala lain yang mungkin membahayakan, segera hubungi dokter / fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan bantuan medis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel