Cara Mengatasi Sakit Nyeri Pada Pinggang

Cara Mengatasi Sakit Nyeri Pada Pinggang – Pernahkah kita mengalami nyeri pada pinggang saat sedang duduk ataupun jongkok? Bahkan dengan memiliki rasa nyeri tersebut membuat kita susah untuk berdiri, dan jika kita paksakan akan yang membuat rasa nyeri terasa sampai paha/kaki.
Gambar Cara Mengatasi Sakit Nyeri Pada Pinggang

Idkholis.com | Cara Mengatasi Sakit Nyeri Pada Pinggang – Pernahkah kita mengalami nyeri pada pinggang saat sedang duduk ataupun jongkok? Bahkan dengan memiliki rasa nyeri tersebut membuat kita susah untuk berdiri, dan jika kita paksakan akan yang membuat rasa nyeri terasa sampai paha/kaki.

Penyebab Nyeri Pada Pinggang


Penyebab nyeri pada pinggang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, diantaranya :

  1. Masalah otot
  2. Gangguan ginjal
  3. Jepitan saraf


Salah satu penyebab yang cukup sering menimbulkan rasa nyeri pinggang yang merambat adalah adanya jepitan saraf pada tulang belakang. Biasanya jepitan saraf terjadi saat keadaan tulang tidak normal, terdapat tumor, pernah mengalami benturan ataupun pernah pernah mengangkat barang terlalu berat yang mengakibatkan nyeri pada pinggang.

Salah satu bentuk yang cukup sering menyebabkan keadaan ini adalah HNP (hernia nukleus pulposus). Hernia nukleus pulposus (HNP) merupakan sebuah penyakit yang timbul akibat terjepitnya saraf oleh materi yang keluar dari bantalan antar tulang belakang yang pecah.

Gejala-gejala yang ditimbulkan pada keadaan ini berupa:

  • Nyeri bagian pinggang ke bawah dapat hingga ke kaki (apabila HNP terjadi di ruas tulang belakang sekitar pinggang), nyeri biasa diperberat dengan gerakan yang melibatkan gerakan tulang belakang seperti menunduk, dan nyeri juga diperberat ketika batuk.
  • Penderita juga dapat merasakan kesemutan, rasa tertusuk-tusuk atau rasa terbakar di sekitar area yang terlibat
  • Dapat terjadi kelemahan pada anggota gerak yang terlibat.


Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Nyeri Pada Pinggang


Pada keadaan Hernia nukleus pulposus dapat dilakukan terapi berupa terapi pemberian obat-obatan pereda nyeri, fisioterapi, bahkan dapat sampai dilakukan operasi. Mengenai obat-obatan eltazon, grafamic, dan phenylbutazone memang dapat membantu meredekan nyeri yang timbul, namun sebaiknya hal ini tetap dapat dikonsultasikan kembali ke dokter terkait.

Selain menggunakan cara diatas, cara mengatasi sakit nyeri pada pinggang juga bisa dilakukan dengan cara alami (tanpa obat) seperti :

  1. Sering berolah raga secara teratur
  2. Melakukan peregangan
  3. Berjalan jarak pendek
  4. Berenang
  5. Terapi pijat
  6. Terapi fisik
  7. Mandi dengan air hangat
  8. Kompres es pada bagian yang terasa nyeri