Buah Yang Mengandung Vitamin A Untuk Kesehatan Mata, Apa Saja?

Mata adalah salah satu dari panca indera kita yang sangat penting. Bicara kesehatan mata pasti erat kaitannya dengan yang namanya vitamin A. Kita pasti tahu bahwa kesehatan mata kita banyak dipengaruhi oleh zat yang bernama vitamin A ini. Vitamin A ini mengandung antioksidan yang berperan penting dalam fungsi indera penglihatan. Jaman sekarang ini dengan maju pesatnya kecanggihan maka banyak bermunculan barang – barang elektronik yang sekana menjadi kebutuhan dan tidak dapat lepas dari kehidupan kita. Barang – barang elektronik yang menggunakan layar seperti komputer, laptop, handphone, tab dan lain sebagainya pastinya meimbulakn efek radiasi yang kurang baik bagi mata kita. Padahal kita menggunakan gadget – gadget tersebut setiap hari baik untuk hiburan, berkomunikasi, bekerja dan lain sebagainya. Maka dari itu kesehatan mata sangat perlu kita perhatikan.
buah-yang-mengandung-vitamin-a-untuk-kesehatan-mata

Mata adalah salah satu dari panca indera kita yang sangat penting. Bicara kesehatan mata pasti erat kaitannya dengan yang namanya vitamin A. Kita pasti tahu bahwa kesehatan mata kita banyak dipengaruhi oleh zat yang bernama vitamin A ini. Vitamin A ini mengandung antioksidan yang berperan penting dalam fungsi indera penglihatan.

Jaman sekarang ini dengan maju pesatnya kecanggihan maka banyak bermunculan barang – barang elektronik yang sekana menjadi kebutuhan dan tidak dapat lepas dari kehidupan kita. Barang – barang elektronik yang menggunakan layar seperti komputer, laptop, handphone, tab dan lain sebagainya pastinya meimbulakn efek radiasi yang kurang baik bagi mata kita. Padahal kita menggunakan gadget – gadget tersebut setiap hari baik untuk hiburan, berkomunikasi, bekerja dan lain sebagainya. Maka dari itu kesehatan mata sangat perlu kita perhatikan.

Kita dapat menjaga kesehatan mata ini dengan cara yang enak yaitu dengan makan buah – buahan yang mengandung vitamin A. Buah – buahan yang mengandung vitamin A ini biasanya rasanya enak dan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari.

Nah dalam artikel ini kita akan membahas beberapa buah – buahan yang mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata kita.

Berikut ini buah – buahan yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata :


1. Alpukat

Buah alpukat ini mengandung kadar lutein yang lebih tinggi daripada buah – buah lainnya. Selain mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, buah alpukat ini juga mengandung lutein.  Lutein ini berperan besar dalam pencegahan katarak dan degenerasi makula.

2. Tomat

Seperti yang kita tahu, tomat merupakan sumber vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan mata kita.

3. Mangga

Siapa yang tidak suka dengan buah berwarna hijau kekuningan yang rasanya manis dan enak ini. Selain rasanya manis ternyata buah mangga juga mengandung vitamin A yang bermnafaat bagi kesehatan mata kita. Dalam setiap satu cangkir irisan mangga yang sudah di jus tersedia sekitar 26% kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan tubuh perharinya. Buah mangga ini juga rendah kalori karena hanya sekitar 107 kalori saja yang terkandung di dalamnya.

4. Cantaloupe

Buah ini di Indonesia dikenal dengan nama lain yaitu blewah. Blewah merupakan varian melon yang daging buahnya berwarna jingga atau orange. Blewah ini ternyata mengandung vitamin A yang cukup banyak/ Per 100 gram blewah terkandung vitamin A sekitar 3.382 mg.  Dan sekitar 1/8 dari satu  uah cantaloupe / blewah ini terkandung vitamin A sekitar 5.986 IU. Jumlah trsebut setara dengan 120% jumlah kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang buah yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. Semoga bermanfaat bagi sobat sehat semua.