Sharing Information & Stories on Your Blog

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mencret pada Bayi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mencret pada Bayi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mencret pada Bayi - Bayi memang memiliki tekstur tinja yang lebih lembut. Namun, tektur tinja pada bayi juga bisa dipengaruhi dengan makanan yang dikonsumsinya. Mencret yang terjadi pada bayi bisa terjadi oleh beberapa faktor pemicu. Untuk cara mengatasi mencret pada bayi Anda bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab tersebut, sehingga penyembuhan bisa dilakukan dengan tepat.

Penyebab mencret pada bayi


1. Infeksi virus. Ada beberap jenis virus yang dapat menyebabkan mencret pada bayi seperti virus rotovirus, virus influenza, adenovirus dan astovirus. Dari semua jenis virus itulah yang menyebabkan bayi mengalami mencret, demam dan muntah.

2. Infeksi bakteri. Jenis bakteri E.colli bisa membuat bayi mengalami mencret, tinja hitam, tinja berdarah dan juga sakit perut.

3. Reaksi obat. Jenis obat – obatan seperti antibiotik akan memperburuk keadaan bayi yang sedang mengalami mencret. Maka dari itu, dalam pemberian antibiotik anjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Alergi terhadap susu formula. Banyak dari susu formula yang akan menyebabkan alergi pada bayi, terutama susu formula dari bahan susu sapi. Kondisi alaergi susu fromula yang terjadi pada bayi biasanya ditandai dengan perut kembung, mencret, tinja berdarah dan masalah pernafasan.

5. Intoleran pada makanan. Saluran pencernaan pada bayi akan lebih sensitif karena mengalami intoleransi makanan. Salah satunya yaitu intolerensi pada laktosa yang akan menyebabkan bati mengalami mencret dan juga kelebihan gas pada perut.

6. Minuman tidak sehat. Terutama minuman jus buatan yang mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan memiliki kandungan yang tidak baik untuk proses pencernaan pada bayi, sebab bayi belum bisa mencerna makanan dan minuman dengan baik.

7. Keracunan. Keracunan yang terjadi pada bayi juga bisa berasal dari makanan, ASI, dan susu formula yang diberikan pada bayi. Tanda yang sering ditunjukkan pada bayi saat mengalami keracunan adalah mual, muntah, pingsan dan juga mencret.

Cara mengatasi mencret pada bayi


Berikut ini beberapa cara mengatasi mencret pada bayi secara medis maupun alami yang bisa Anda lakukan.

1. Memberikan asupan ASI dengan cukup
2. Mengurangi penggunaan susu formula
3. Memberikan oralit
4. Mengonsumsi makanan pendamping ASI seperti pisang, nasi tim, oatmeal, atau roti gandum
5. Memberikan yogurt khusus bayi
6. Memberikan air putih pada bayi dengan jumlah yang cukup
7. Memberikan larutan elektrolit
8. Mengganti popok sesering mungkin
9. Memijat bayi dengan menggunakan bawang putih
loading...
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Penyebab Dan Cara Mengatasi Mencret pada Bayi. Please share...!

0 Comment for "Penyebab Dan Cara Mengatasi Mencret pada Bayi"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan