On-Page SEO: Cara Mempercepat Loading Blog Agar Lebih Maksimal

Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog - Pada pembahasan sebelumnya sudah pernah saya singgung pentingnya memiliki performa loading blog yang ringan dan cepat saat di akses. Hal tersebut sangat penting di terapkan karena sangat bagus dari segi On-Page SEO, juga sangat penting buat para pengunjung blog (user experience), jadi jangan sampai Anda tidak melakukan optimasi ini jika ingin memiliki peringkat bagus di hasil pencarian Google.

Salah satu faktor yang mempengaruhi artikel bisa berada di posisi utama (pageone) adalah dengan cara melakukan optimasi kecepatan blog. Cara tersebut sangat efektif dan sudah terbukti ampuh diterapkan banyak blogger untuk bisa menarget artikel mereka pada halaman utama search engine.

Mengenai hal tersebut, sangat direkomendasikan buat Anda untuk bisa beralih ke template yang sudah support fitur fash loading maupun template yang sudah support AMP (Accelerated Mobile Pages), agar kecepatan loading blog lebih maksimal.

Untuk melakukan optimasi kecepatan blog ini ada beberapa cara yang akan saya jelaskan dibawah ini, baik itu dari blogspot maupun dari wordpress.

Cara Mempercepat Loading Blog Pada Blogspot


1. Hapus CSS Default Dari Blogger

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghapus kode CSS default dari blogger.
Untuk langkah-langkahnya, Anda harus mencari kode <b:skin><![CDATA[ kemudian silahkan ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini.
&lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;&lt;!-- /* <b:skin><![CDATA[

2. Ganti Java Script Bawaan Blogger </head>

Jika Anda masuk ke edit HTML pasti pernah menemukan kode </head>, nah jika Anda menemukan kode tersebut, silahkan ganti dengan kode dibawah ini.
&lt;!--</head>--&gt;&lt;/body&gt;

3. Ganti Java Script Bawaan Blogger </body>

Setelah mengganti kode head, sekarang kita ganti juga kode bawaan blogger </body> , dengan kode dibawah ini
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

4. Jangan Terlalu Banyak Memasang Java Script

Jika ingin memiliki blog yang memiliki kecepatan super ringan, tidak disarankan memasang terlalu banyak java script, karena dengan terlalu banyak memasang java script akan memperlambat loading blog.

5. Jangan Terlalu Banyak Widget

Tips dan cara mempercepat loading blog agar lebih maksimal yaitu dengan membatasi jumlah pemasangan widget pada blog. Gunakanlah beberapa widget yang di anggap perlu dan memang di rekomendasikan saja seperti widget search, widget popular post, widget recent post, widget arsip.

Selain widget yang saya sebutkan di atas tidak direkomendasikan, dan jika di terapkan pada blog hanya akan memperlambat proses loading blog.

6. Menggunakan Jasa Optimasi 

Jika Anda type orang yang tidak suka ribet, dan ingin mencari jalan pintas, Anda bisa menggunakan jasa optimasi untuk mempercepat loading blog. Jasa mempercepat loading blog oleh kodejarwo hingga 100% sangat di rekomendasikan untuk Anda yang ingin mencobanya. Sudah banyak testimoni dari customer yang puas akan pelayanan disana. 

Dengan menggunakan 6 cara diatas, dan cara penerapannya benar dan tepat, hasil yang di dapat ketika dilakukan pagespeed google akan terlihat lebih maksimal. Karena dengan mengganti kode bawaan blogger dengan kode yang baru akan meningkatkan performa blog jauh lebih cepat. Selamat mencoba.

Cara Mempercepat Loading Blog Pada WordPress


Jika Anda pengguna wordpress silahkan simak ulasan cara mempercepat loading blog versi wordpress berikut ini.

1. Aktifkan Gzip Compression

Lankah yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara mengaktifkan Gzip Compression pada .htaccess web. Gzip Compression sendiri berfungsi untuk mengecilkan ukuran file yang akan di transfer, dengan kecilnya ukuran file maka berdampak pada semakin cepatnya waktu loading blog serta hemat bandwith.

Silahkan pasang kode berikut pada .htaccess agar dapat mempercepat blog Anda.



# compress text, html, javascript, css, xml:
<ifModule mod_deflate.c>
AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
</ifModule>

# Or, compress certain file types by extension:
<ifModule mod_deflate.c>
<files *.html>
SetOutputFilter DEFLATE
</files>
</ifModule>

Jika sudah, Anda bisa mengecek fitur Gzip compression di http://www.whatsmyip.org/http-compression-test/. Jika sudah mempunyai fitur Gzip compression akan menampilkan hasil "https://www.domainanda.com/ is Compressed", namun jika belum tampilannya akan "Error - Unable To Load URL"

2. Install Plugin Cache

Banyak plugin chache yang tersedia di wordpress. Salah satu plugin terbaik wordpress adalah WP-Rocket. Wp-Rocket merupakat plugin  berbayar (premium) yang dapat membantu mempercepat situs WordPress dengan mengurangi beban HTML.

Namun jika Anda tidak ingin yang berbayar, berikut saya rekomendasi beberapa daftar plugin cache WordPress terbaik sepanjang masa - berdasarkan pengalaman.

- W3 Total Cache
- WP Super Cache
- WP Fastest Cache
- Hyper Cache
- AIO Cache
- WP Rocket
- Zencache
- Cachify
- Alpha Cache

3. Kompresi Gambar

Biasakan sebelum Anda upload gambar di wordpress, usahakan melakukan kompresi gambar terlebih dulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi redundansi dari data-data yang terdapat dalam gambar sehingga dapat disimpan atau ditransmisikan secara efisien. 

Dengan melakukan cara tersebut juga bisa mempersingkat waktu loading blog saat di akses visitor. Blog akan lebih fash loading dan SEO friendly.

4. Jangan Terlalu Banyak Plugin

Memiliki banyak plugin hanya akan memperlambat loading blog Anda. Disarankan pasang beberapa plugin yang dirasa perlu saja seperti plugin WordPress SEO by YOAST, WP Super Cache, Akismet, iThemes Security, Contact Forms 7, Jetpack, Genesis Simple Share, Simple Social Icons. 

Intinya memasang plugin sesuai kebutuhan akan jauh lebih baik dari pada berlebihan namun hasil tidak maksimal.

5. Pilih Hosting Yang Tepat

Jika membahas soal hosting, ini opsional ya, bukan keharusan. Anda bisa memilih hosting yang menurut Anda memiliki rating paling baik. 

Hosting memang memiliki peran penting terhadap website. Salah satunya dalam segi kecepatan loading blog. Maka dari itu sangat disarankan jangan sampai salah memilih hosting jika tidak ingin berdampak fatal karena memiliki akses yang lamban.

Demikianlah ulasan cara mempercepat loading blog agar lebih maksimal. Semoga dengan ulasan diatas dapat membantu Anda memecahkan permasalahan dalam PageSpeed (Kecepatan Loading) Blog Anda. 

Terima kasih sudah berkunjung. Nantikan ulasan menarik lainnya hanya di blog idkholis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "On-Page SEO: Cara Mempercepat Loading Blog Agar Lebih Maksimal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel