Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Efektif

Cara mengobati serta menghilangkan jerawat secara alami banyak sekali metode dan bahannya, salah satu yang paling alami dan efektif adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih, memperbanyak makan buah dan sayur, hindari stress dan tidur yang cukup.
Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Efektif

Mengobati Jerawat Secara Alami  – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang ditandai dengan adanya bintik – bintik yang muncul pada beberapa bagian tubuh, terutama wajah. Bintik – bintik yang muncul tersebut bisa berupa komedo hitam atau komedo putih, bisa juga berupa bintik merah besar yang berisi nanah atau darah. Jika, jerawat yang Anda alami tergolong parah maka akan meninggalkan bekas luka. Jerawat yang muncul bisa ditandai dengan adanya kulit yang berminyak. Selain itu, jerawat juga bisa menyebabkan kulit panas dan perih saat disentuh. Lantas, adakah cara mengobati jerawat secara alami?

Faktor penyebab jerawat

Faktor utama dari jerawat yang terjadi adalah adanya perubahan hormon di masa pubertas. Masa pubertas adalah salah satu faktor pemicu dari timbulnya jerawat yang terjadi. Hal ini biasanya dialami oleh para remaja yang berusia sekitar 14 tahun ke atas. Sebab, pada usia remaja kelenjar minyak akan memproduksi sebum lebih banyak seiring dengan berkembangnya hormon testosteron. Kurangnya kebersihan kulit juga faktor pemicu adanya jerawat

Di samping itu, jerawat yang sering muncul pada wajah wanita bisa disebabkan karena efek samping dari penggunaan kosmetik. Hal ini dikarenakan bahan dasar kosmetik yang berasal dari bahan kimia sehingga lebih mudah menimbulkan jerawat bagi yang memiliki kulit sensitif. Jenis bahan kosmetik yang sangat berbahaya adalah merkuri. Jerawat yang terjadi juga bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk. Di mana tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang baik untuk kulit.

Pengobatan jerawat

Banyak dari penderita jerawat akan memencet jerawat mereka supaya jerawat cepat sembuh. Namun, cara tersebut sangat tidak dianjurkan sebab memencet jerawat akan meninggalkan bekas luka dan muka bopeng. Ada cara mengobati jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan seperti :

1. Lebih banyak mengonsumsi air putih
2. Memperbanyak makan buah dan sayuran
3. Hindari stress
4. Tidur yang cukup

Anda juga bisa menggunakan bahan alami yang digunakan untuk mengobati jerawat secara alami seperti lidah buaya, lemon, atau madu. Dalam pengobatan jerawat dibutuhkan kesabaran sebab jerawat tidak mudah menghilang hanya dalam waktu sehari saja. Dan yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering memegang jerawat.