Cara Kirim Paket ke Malaysia: Langkah Mudah dan Biaya Kirim Paket ke Malaysia Lebih Murah

Cara kirim paket ke Malaysia penting diketahui masyarakat, khususnya pebisnis yang ingin meluaskan jangkauan pasarnya. Seperti diketahui, di zaman ser
kirim paket ke malaysia

Cara kirim paket ke Malaysia penting diketahui masyarakat, khususnya pebisnis yang ingin meluaskan jangkauan pasarnya. Seperti diketahui, di zaman serba modern ini, Anda bisa lebih mudah terhubung dengan banyak orang. Oleh karena itu, jika memiliki usaha pasti tidak terlalu sulit untuk menjangkau konsumen di berbagai tempat.

Namun, hal yang kerap dirasa masih jadi masalah adalah cara melayani konsumen yang letak lokasinya jauh dari tempat Anda. Untuk konsumen dalam negeri, layanan bisa diberikan dengan menggunakan jasa ekspedisi langsung hingga memanfaatkan platform toko online. Akan tetapi, bagaimana dengan konsumen yang ada di Malaysia?

Di artikel ini, informasi cara hingga biaya kirim paket ke Malaysia akan dibahas selengkap-lengkapnya. Jadi, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Kenapa Kirim Paket ke Malaysia?


Malaysia adalah tetangga paling dekat dengan Indonesia. Wilayahnya terbagi menjadi dua bagian. Di antaranya, ada Malaysia Timur yang terdapat di sebelah utara Kalimantan dan membagi wilayah antara Indonesia dan Brunei Darussalam. Selain itu, ada juga Semenanjung Malaysia yang bersebelahan dengan Negeri Gajah Putih atau Thailand. Letaknya tepat di timur Pulau Sumatera, Indonesia.

Hubungan antarnegara Indonesia dan Malaysia terbilang sangat baik karena letak geografisnya. Selain itu, tak sedikit warga negara Indonesia yang tinggal di Malaysia untuk bekerja, menetap sementara, ataupun sedang menempuh pendidikan.

Karena hal tersebut, bukan tidak mungkin bisnis yang Anda jalankan bisa menjangkau konsumen di Malaysia. Apalagi jika Anda memang aktif menaikkan nama brand agar dikenal di negara tersebut. Supaya bisnis makin lancar dan berkembang, sebaiknya jangan menolak pesanan konsumen dari negara tersebut.

Adapun cara melayani belian konsumen dari Malaysia, Anda harus bisa menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang yang dipesan olehnya. Cara tersebut bisa dikatakan tidak mudah, terlebih jika Anda baru akan melakukannya.

Cara Mudah Kirim Paket ke Malaysia


Sebagai solusi mempermudah pengiriman barang ke Malaysia dan mengembangkan bisnis Anda, terdapat 5 langkah untuk mengirim paketnya menggunakan jasa ekspedisi. Di antara kelima langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Barang yang akan Dikirim


Untuk kirim paket ke Malaysia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan barangnya. Pastikan barang yang akan dikirim dibungkus dengan plastik, dus, hingga bubble wrap jika diperlukan. Anda juga bisa menggunakan kayu apabila barang yang dikirim butuh perlindungan ekstra.

2. Ukur Berat Barang


Sebelum melanjutkan pengiriman barang, pastikan mengecek bobot barang terlebih dulu. Terlebih jika Anda akan membebankan tarif ongkos kirim ke Malaysia pada orang yang membeli.

Adapun cara mengukur bobot barang untuk dikirim ke luar negeri harus dilakukan dengan dua cara. Yang pertama, timbang bobot barang seperti biasanya sehingga Anda bisa mendapatkan nilai dalam satuan gram atau kilogram.

Sementara itu, cara yang kedua ialah mengukur volume barang dengan mengalikan panjang, lebar, dan tingginya serta dibagi 6000. Singkatnya, formula cara kedua adalah ((P x L x T) : 6000). Gunakan satuan centimeter untuk hasil ukuran volumenya.

3. Catat Data Penerima Barang


Setelah mengetahui volume dan bobot barang, Anda bisa mengacu pada nilai yang paling tinggi. Tujuannya untuk memastikan biaya kirim paket ke Malaysia yang disiapkan tidak kurang.

Selanjutnya, cukup catat dan siapkan data penerima barang yang akan dikirim. Mulai dari nama penerima, alamat, nomor telepon, hingga informasi pengirim, terdiri dari nama atau brand dan kontak yang bisa dihubungi.

4. Gunakan Jasa Express Mail Service


Mengirim barang ke Malaysia bisa menggunakan jasa EMS atau Express Mail Service. Jasa ekspedisi ini merupakan salah satu layanan dari Kantor POS Indonesia. Selain melayani pengiriman barang ke Malaysia, EMS juga bisa mengirim paket ke 230+ negara di dunia.

Untuk menggunakan jasanya, Anda mendatangi kantor pos secara langsung dengan membawa paket yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, minta layanan kirim paket ke Malaysia dengan EMS. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi beberapa formulir. Terdiri dari kertas bukti pengiriman barang, data penerima barang, identifikasi isi paket, dan tracking pengiriman.

Simpan kertas yang diberikan sebagai bukti, lalu lakukan pembayaran sesuai dengan nominal biaya jasanya.

5. Dapatkan Layanan Jemput Barang dengan Memilih Jasa Ekspedisi Swasta


Tak hanya dengan layanan EMS, Anda juga bisa mengirim barang ke Malaysia menggunakan jasa ekspedisi swasta. Memanfaatkan layanan TheLorry terbilang lebih mudah sebab beberapa di antaranya menawarkan layanan jemput barang ke rumah. Jadi, Anda tidak perlu mendatangi kantor apabila ingin mengirim barang.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan memilih jasanya terlebih dulu. Cari tahu tentang kredibilitasnya dan pastikan layanannya profesional. Jika sudah, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pengirim paket di laman resmi jasa ekspedisi yang dipilih.

Cara selanjutnya adalah memilih layanan pengiriman, menginput data penerima barang, dan detail lainnya. Jika sudah, selesaikan transaksi biaya jasa dan tunggu sampai pihak ekspedisi menjemput barang yang akan dikirim. Sebelum diserahkan ke kurir, pastikan kembali kemasan barang sudah baik dan informasi terbaca jelas di atasnya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan untuk Kirim Paket ke Malaysia


Kirim paket ke Malaysia kini memang terasa lebih mudah. Biayanya pun juga makin terjangkau. Namun, Anda harus tahu beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum melakukan pengiriman.

1. Syarat Barang yang Bisa Dikirim ke Malaysia


Hal pertama yang penting diperhatikan adalah syarat barang yang bisa dikirim ke luar negeri. Untuk diketahui, terdapat sejumlah barang yang dilarang diekspor ke luar negeri. Contohnya, alkohol, bahan kimia beracun, narkoba, senjata api, bahan peledak, hewan atau tanaman yang dilindungi, dan lain-lain.

2. Dokumen untuk Persyaratan Pengiriman Barang


Hal kedua yang harus diperhatikan adalah dokumen sebagai bentuk pemenuhan syarat yang diberikan jasa ekspedisi. Di antara dokumen yang diperlukan adalah faktur komersial dan surat pernyataan bebas pajak (bagi pengirim non-komersial). Kemudian, surat izin ekspor (khusus barang tertentu), surat jalan, dan beberapa surat lain sesuai dengan permintaan jasa.

3. Jasa Ekspedisi Terpercaya


Anda juga sebaiknya memperhatikan jasa yang akan dipilih. Pastikan memilih yang terpercaya. Hindari melihat tawaran biaya kirim paket ke Malaysia saja tanpa mengecek kredibilitasnya.

Untuk tahu apakah suatu jasa kredibel atau sebaliknya, Anda bisa membaca ulasan orang lain atau meminta pendapat langsung dari pengguna internet.

4. Status Pengiriman Barang


Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat akan kirim barang ke mana pun adalah status pengirimannya. Pastikan rajin mengecek status pengiriman untuk melacak posisi paket yang Anda kirim. Anda bisa memanfaatkan resi yang dimiliki untuk melacaknya menggunakan internet.

Jangkau Konsumen Malaysia Lebih Mudah dengan Beyond by TheLorry


Jika butuh rekomendasi jasa ekspedisi terpercaya, Anda bisa menggunakan layanan dari Beyond by TheLorry. Jasa pengiriman barang ini sudah melayani pelanggan sejak tahun 2018. Menawarkan layanan yang profesional dilengkapi asuransi paket terjamin sampai ke tempat tujuan dalam waktu singkat.

Estimasinya antara 4 hari hingga 7 hari untuk pengiriman ke Semenanjung Malaysia. Sementara itu, pengiriman ke Malaysia Timur butuh waktu 7 hari sampai 11 hari saja.

Biaya kirim paket ke Malaysia dengan layanan jasa ini pun tergolong murah. Mulai dari Rp40 ribuan saja per kilogram untuk paket dengan bobot tertentu. Tertarik menggunakan jasanya? Anda bisa menghubungi layanan customer service Beyond by TheLorry segera.