20+ Game Anti Bosan yang Cocok Dimainkan Anak-Anak dan Dewasa

Kunjungi culinaryschools.org sekarang dan temukan dunia permainan yang selalu menyenangkan. Ajak teman-teman atau keluarga Anda bersenang-senang
ulinaryschools.org/kids-games/tom-and-jerry-parade-pranks/

Dewasa ini, ada banyak sekali game anti bosan yang bisa diakses dengan sangat mudah oleh pengguna gadget. Mulai dari game arcade, role playing game atau RPG, puzzle, hingga game battle atau aksi. Menariknya lagi, permainan-permainan tersebut juga tersedia untuk segala rentang usia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dampaknya sebab permainan bisa dipilih dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Jika Anda butuh rekomendasi permainan anti bosan yang bagus dimainkan kala luang ataupun untuk anak-anak, di sini terdapat informasinya. Namun sebelumnya, simak juga ulasan seputar manfaat, dampak, hingga cara mencegah dampak gaming di bawah ini. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan manfaat permainannya bisa dirasakan sementara dampaknya dapat dihindari.

Apa Manfaat dan Dampak Main Game Anti Bosan?


Stigma negatif mengenai main game yang anti bosan di gadget memang tidak sepenuhnya salah. Terlebih, sudah ada bukti yang membenarkan dampak-dampak tersebut. Kendati demikian, tidak sedikit manfaatnya juga bisa dirasakan oleh pengguna permainan. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Bagi orang dewasa yang tidak bisa refreshing keluar dan butuh hiburan, misalnya, game bisa jadi sarana menghilangkan penat. Sementara itu, permainan digital untuk anak kecil bermanfaat untuk mengasah berbagai kemampuan. Seperti kemampuan mengenali objek-objek yang sebelumnya tidak diketahui, memecahkan masalah, mendorong kreativitas, dan lain sebagainya.

Mengenai dampaknya sendiri bisa dirasakan tatkala gaming dilakukan dengan cara tidak tepat. Adapun dampak yang bakal paling dirasakan adalah kerusakan pada mata. Kesehatan fisik juga bisa menurun sebab kurangnya gerak sehari-hari. Selain itu, kesehatan mental pun berpeluang terganggu. Biasanya ditunjukkan dengan gejala awal berupa rasa resah jika tidak main gim.

Apabila sudah sampai merusak mental, akan sulit bagi seseorang untuk terlepas dari aktivitas nge-game. Yang paling merugikan, yakni ketika seseorang sampai mengorbankan banyak hal di dunia nyata hanya untuk permainan digital. Misalnya saja, memakai uang untuk membeli item dalam game.

Dampak tersebut tentunya tidak mau didapatkan siapa pun. Oleh karena itu, Anda harus memastikan agar senantiasa sadar akan waktu saat main game anti bosan. Jika kesulitan mengaturnya, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini agar aktivitas gaming yang dilakukan Anda ataupun anak tidak berdampak negatif.

Cara Mencegah Dampak Negatif Game


Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk memastikan game anti bosan tidak memberikan dampak negatif pada pengguna. Khususnya pada anak-anak. Lantas, apa saja caranya?

1. Buat Batasan Waktu Gaming dengan Alarm dan Catatan


Batasan waktu yang ditanamkan di pikiran beberapa menit sebelumnya kerap kali tidak sejalan dengan pilihan di waktu setelahnya. Guna memastikan niat kukuh akan berhenti gaming tepat waktu, Anda bisa membuat alarm. Apabila Anda termasuk orang yang sulit berhenti meskipun sudah memakai cara ini, sebaiknya berikan catatan di alarm-nya.

Adapun catatan yang bisa ditulis dalam alarm tersebut bisa seputar dampak negatif gaming atau hal lainnya. Misalnya, aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan selain nge-game, seperti melukis. Anda juga bisa menaruh catatan mengenai kegiatan yang harus dilakukan setelah gaming, misalnya harus mandi dan mengerjakan tugas.

2. Pilih Permainan dengan Level Sedikit


Cara kedua supaya game anti bosan tidak memberi dampak buruk ialah memilih gim dengan level sedikit. Jika Anda memainkan permainan dengan tingkatan sangat banyak, tentu akan sulit berhenti gaming. Sebab, pikiran dipenuhi rasa penasaran pada gim di level selanjutnya. Sebaliknya, jika gim cepat selesai, otomatis Anda juga akan sadar kapan waktunya berhenti nge-game.

3. Cari Permainan yang Bisa Dimainkan dengan Gratis


Permainan gratis biasanya dianggap kurang seru oleh sebagian orang. Akan tetapi, pada faktanya tidak begitu. Ada juga sejumlah permainan gratis dengan grafis menarik dan alur gim yang seru untuk diikuti. Bagusnya lagi, permainan gratis lebih minim risiko memberikan dampak kecanduan dibandingkan dengan gim berbayar.

4. Mainkan Game yang Cocok untuk Anak-Anak


Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memastikan tidak terkena dampak negatif main game anti bosan adalah memilih permainan untuk anak-anak. Untuk diketahui, gim untuk anak bermanfaat mengurangi stres dan bisa merilekskan pikiran Anda. Sebab rata-rata, gim dapat dimainkan dengan santai.

Di samping itu, permainan untuk anak-anak biasanya tidak memiliki banyak level. Oleh sebab itu, meskipun dikatakan anti bosan, Anda tetap akan menyadari kapan waktu sebaiknya berhenti main game. Menariknya lagi, rata-rata program gim yang ada untuk anak-anak juga dapat dimainkan secara gratis.

20+ Game Anti Bosan untuk Anak-Anak maupun Dewasa


Jika Anda tertarik memainkan permainan anti bosan yang tidak akan memberikan dampak buruk bagi pemainnya, rekomendasi di bawah bisa dipilih. Selain tidak memberi dampak negatif, manfaat dari permainan ini juga bagus untuk anak-anak. Apa sajakah itu?

1. Can I Eat It


culinaryschools.org-kids-gamescan-i-eat-it

Permainan dengan tajuk Can I Eat It sangat cocok dimainkan oleh anak mulai usia prasekolah. Namun, orang dewasa juga bisa mencobanya, jika ingin. Dalam gim ini, pemain diajak untuk memilih mana saja objek yang boleh dimakan dan mana yang tidak boleh.

Dilengkapi grafis menarik dengan objek colorful, terdiri dari buah-buahan, sayuran, gelas, kue, serangga, dan masih banyak lagi. Selain grafisnya, musik pengiringnya juga tenang. Bagi orang dewasa, ini bagus untuk menenangkan pikiran. Sementara itu, anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan mengenai apa saja yang boleh dimakan dan sebaliknya.

2. The Amazing World of Gumball Water Sons


kids-gamesthe-amazing-world-of-gumball-water-sons

Apakah Anda atau anak suka menonton film kartun Gumball? Jika, ya, permainan dengan judul The Amazing World of Gumball Water Sons bisa dipilih untuk dimainkan.

Untuk diketahui, permainan ini masuk dalam kategori puzzle game sehingga bisa mengasah keterampilan berpikir. Selain itu, dalam permainan ini juga terdapat alur yang menarik. Di mana teman-teman tokoh utama gim (Darwin dan Gumball) kehausan dan harus segera diberi minum. Dari sini, anak-anak juga akan belajar pentingnya minum air.

3. Fruit Fit


culinaryschools.org/kids-games/fruit-fit/

Game berjudul Fruit Fit mengajak pemainnya untuk mencocokkan gambar buah dengan namanya. Menariknya, gambar buah dalam permainan ini tampak menarik sebab warna-warnanya yang kontras. Ditambah lagi dengan background lingkungan hijau yang pasti menyejukkan mata Anda saat memainkannya.

4. 3D Fruit Word


Tak kalah seru dari permainan buah sebelumnya, 3D Fruit Word juga menarik untuk dicoba. Selain karena grafisnya yang bagus, pemain di gim ini juga ditantang untuk menyelesaikan kuis dengan cepat. Ada waktu sekitar 20 detik-an untuk mengisi kolom-kolom dengan huruf yang tersedia dan menyusunnya jadi nama buah di bendera. Yang paling seru, bukan pemain langsung yang menyimpan huruf, melainkan karakter dalam game-nya.

5. Food Words Game


Sangat cocok untuk anak yang baru belajar tentang huruf dan buah. Food Words Game merupakan permainan tebak nama buah yang lebih sederhana dibandingkan gim sebelumnya. Di sini, pemain juga diminta untuk menyusun huruf demi huruf untuk membentuk nama buah. Meskipun dikatakan sederhana, permainan ini tetap seru dimainkan kapan saja dan oleh siapa saja.

6. Food Word Game


Alur Food Word Game sebetulnya tidak berbeda dengan jenis sebelumnya. Namun, di Food Word, Anda akan diminta mengetuk mencocokkan nama buahnya secara langsung dan memindahkannya ke gambar yang sesuai.

7. Fast Food Combat


Apabila kurang tertarik dengan jenis sebelumnya, Anda dapat memainkan Fast Food Combat. Game anti bosan satu ini menantang gamers untuk memakan makanan dan menghindari objek selain makanan. Buah-buahan lezat dan sejumlah panganan lain dengan grafis keren bisa dilihat di Fast Food Combat.

8. Find Pair


Bagus untuk mengasah kemampuan daya ingat otak. Find Pair menantang pemainnya untuk memasangkan dua gambar dengan objek sama. Selain diajak untuk mengasah kemampuan berpikir, gamers anak-anak yang mengakses Find Pair juga bisa belajar mengenali pola suatu gambar.

9. Fitness Food Run


Anda suka permainan lari-lari? Jika, ya, game anti bosan bertajuk Fitness Food Run bisa Anda coba mainkan. Anak-anak juga bisa mencoba untuk menyelesaikan tantangan di sini. Adapun tantangan yang dimaksud ialah membantu tokoh utama agar melahap makanan sehat dan menjauhi junk food. Dengan grafis dibuat lanskap, tampilan gim jadi terlihat lebih luas sehingga makin terasa menyenangkan saat dimainkan.

10. Food Count


Food Count bukan hanya permainan dengan alur simpel dan mudah diselesaikan tantangannya. Namun, gim ini juga bermanfaat untuk membantu anak mengenal angka dan menghitungnya.

11. Guess the Food


Selain menawarkan gim dengan grafis buah-buahan yang tampak segar, ada juga jenis gim dengan gambar makanan-makanan lezat. Guess the Food adalah nama gim tersebut. Adapun tantangan yang terdapat di gim ini yaitu menuliskan nama makanan dengan memilih huruf-huruf dari kolom abjad acak.

12. Tasty Kingdom


Platform game anti bosan dengan nama Tasty Kingdom cocok untuk memberi pengetahuan pada anak tentang panganan sehat. Sebab di sini, tantangannya adalah memastikan tokoh utama tidak mengonsumsi junk food. Sementara itu, jika menemukan makanan sehat, tokoh utama harus mengonsumsinya.

13. Feed the Baby


Tidak ada yang salah jika orang dengan usia bukan anak-anak memainkan Feed the Baby. Sebab, permainan ini memang menyenangkan untuk dioperasikan. Adapun alur dan tantangannya ialah memastikan makanan-makanan disatukan berdasarkan kategorinya. Seperti apel dan anggur termasuk buah, ikan dan ayam sebagai daging, dan lain-lain.

14. Bunnicula's Kaotic Kitchen


Jika Anda suka permainan memasak, game anti bosan Bunnicula's Kaotic Kitchen cocok dicoba. Alurnya memang sederhana, begitu juga tantangannya. Namun, grafisnya yang full warna menjadikan siapa pun yang melihatnya pasti takjub sampai-sampai berimajinasi masuk ke dalam dunia game-nya.

15. Sweety Cooking Chocolate Cake


Kategori cooking game yang pasti tidak bikin bosan selanjutnya adalah Sweety Cooking Chocolate Cake. Di sini, pemain harus membuat kue dengan mengikuti panduan dan resep yang ada. Berbasis video, karenanya gim ini terasa lebih menyenangkan saat dimainkan.

16. The Boiled Eggs


Game anti bosan dengan nama The Boiled Eggs sangat mudah untuk dimainkan. Anda hanya perlu merebus tiap telur yang ada dan memastikannya diangkat saat sudah waktunya. Aturannya, jangan sampai gosong saja. Meski terdengar sederhana, gim ini bagus untuk segala usia sebab makin tinggi tingkatannya maka tantangannya jadi lebih sulit.

17. Bento Box


Terdapat sekitar 10 tantangan dalam Bento Box. Tiap-tiapnya mengharuskan gamers untuk menyelesaikan misi mengisi kotak makan dengan objek sesuai instruksi. Yang menarik, grafisnya dibuat lucu sehingga dapat meningkatkan mood jika dimainkan remaja atau orang dewasa. Sementara bagi anak-anak, keterampilan problem solving-nya bisa diasah dengan memainkan Bento Box.

18.Cooking Love


Cooking Love adalah game anti bosan yang cocok untuk usia anak di atas 10 tahun. Sebab, alur ceritanya lebih kompleks. Story game ini mengajak pemain untuk membuat alurnya kisahnya sendiri. Adapun misi utamanya adalah membantu Kate (main character) dalam membangun usaha kuliner dan menemukan cintanya.

19. Flip Em All


Permainan memasak ini juga direkomendasikan untuk anak-anak yang sudah memasuki usia 10 tahun ke atas. Adapun tantangan dari game anti bosan ini yaitu memasak sampai matang. Anda harus memakai semua bahan yang tersedia, kemudian melakukan teknik stir frying untuk memastikan masakan tidak gosong. Terakhir, buat piring jadi penuh dengan makanan.

20. The Tom & Jerry Show River Recycle


Jika tertarik memainkan game anti bosan dengan kisah berbeda dari jenis lainnya, coba mainkan The Tom & Jerry Show River Recycle. Model gim menampilkan antarmuka penuh warna dengan grafis terbaik. Selain itu, ada tokoh utama dari kartun ternama, yaitu Tom dan Jerry. Adapun misi yang harus diselesaikan kedua tokohnya ini adalah membersihkan sungai dari sampah-sampah.

21. Idle Farming Business


Game anti bosan Idle Farming Business mengajak Anda untuk menanam di lahan yang kosong. Selanjutnya, rawat tanaman dengan memberi pupuk sampai musim panen dan dapatkan keuntungannya. Anda juga bisa memperluas lahan tanaman agar makin leluasa menanam di sini.

22. Old MacDonald Farm Adventure


Jika gim sebelumnya berfokus pada aktivitas menanam dan memanen, Old MacDonald Farm Adventure mengajak gamers bertualang di peternakan. Misinya yaitu merawat hewan ternak, memberinya makan sampai beranak-pinak. Permainan santai jadi salah satu game anti bosan untuk anak-anak yang cukup populer di kalangan orang dewasa.

23. New Looney Tunes Veggie Patch


Sebenarnya, New Looney Tunes Veggie Patch adalah salah satu gim menanam. Namun, di sini pemain bebas mau menanam apa saja tanpa adanya aturan. Tak hanya seru sebab bisa menanam apa pun, permainan ini juga dilengkapi tokoh-tokoh hewan sehingga lebih tampak menarik.

24. Farm Town


Jika tertarik mencoba game anti bosan dengan level cukup banyak, Farm Town bisa dipertimbangkan untuk dimainkan. Sebagaimana nama permainannya, pemain akan jadi petani saat membuka level pertama. Selanjutnya, selesaikan misi dengan memanen tanaman dan menjualnya ke kota, lalu kumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

25. Molly of Denali Veggiezilla


Di gim menanam ini, Anda bisa bertemu dengan tokoh yang lucu-lucu, baik itu kartun manusia ataupun hewan. Kemudian, ada juga buah-buahan yang menarik sebab ukurannya besar. Selain grafisnya, misinya juga menyenangkan untuk diselesaikan. Anda hanya perlu menanam, menyiram, dan memastikan tanaman tumbuh dengan baik supaya buah yang dihasilkan bagus.

26. Farm Pop


Meskipun dinamakan Farm Pop, petualangan di gim ini tidak seperti permainan sebelumnya. Di sini, Anda diajak untuk mendekatkan buah-buahan sejenis hingga tersusun jadi tiga atau lebih. Dengan begitu, buah-buahan akan meledak dan jadi koin yang bisa Anda dapatkan.

27. Traktor Express


Apabila menyukai gim adventure yang menantang, Traktor Express dapat Anda coba mainkan. Di sini, gamers diajak jadi pengemudi yang harus memastikan traktor melaju dengan baik di jalanan zig-zag dan juga turun-naik.

28. We Bare Bears Chocolate Artist


Ingin bermain dengan tokoh utama kartun tiga beruang yang lucu beda jenis juga menyenangkan? Anda bisa mencoba gim berlatar kafe di pegunungan. Di sini, Anda hanya harus melayani pembeli dengan memberikan pesanan sesuai permintaannya. Mudah bukan?

Selain mudah, permainan-permainan tadi juga tentunya asyik dimainkan serta bikin rasa bosan Anda jadi hilang. Jika masih butuh rekomendasi lebih banyak lagi, Anda bisa langsung mengunjungi https://www.culinaryschools.org/kids-games/.

Situs game anti bosan ini menyediakan berbagai jenis permainan yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, masih ada puluhan gim menarik lainnya yang bisa Anda coba. Jika kurang, Anda juga bisa memberikan saran pada pengembang untuk menambahkan permainan lainnya.

Bagusnya lagi, Anda bisa memainkannya di perangkat apa pun, baik itu laptop, komputer, maupun smartphone. Satu lagi keunggulannya, permainan tadi sepenuhnya gratis dan tidak ada iklan di dalamnya. Sangat menarik, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, jika bosan dan butuh hiburan berupa game atau ingin memberi anak permainan yang sehat, kunjungi saja situs Culinary School Games.