Tips Memiliki Rumah Idaman Masa Kini dengan Budget Minim

Tips supaya Anda bisa mendapatkan rumah idaman masa kini dengan sistem KPR tanpa boncos dompet ialah dengan menggunakan kalkulator mortgage
Rumah idaman masa kini

Rumah idaman masa kini merupakan hunian yang dengan tingkat kenyamanan sangat tinggi. Dibangun di atas lahan yang strategis tetapi suasananya tidak bising serta minim polusi. Memiliki ruangan dengan gaya modern, fasilitas serba canggih, taman yang hijau, dan jumlah ruangannya cukup untuk keluarga.

Tiap orang pasti memiliki rumah idaman dengan konsep seperti tadi atau punya gambarannya sendiri. Namun, hal yang menjadi permasalahannya ialah budget untuk membangun impian tersebut terbilang minim.

Jika sedang memikirkan cara memiliki rumah idaman kekinian dengan budget minim, ulasan ini mungkin jadi jawaban untuk Anda. Selain mengulas cara mempunyai hunian impian, di sini juga akan dibahas tentang gaya rumah idaman yang mungkin dibutuhkan untuk referensi.

Gaya Rumah Idaman Masa Kini dengan Budget Minim


Rumah idaman ialah hunian yang nyaman. Tidak perlu mewah asalkan memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan penghuninya. Terdengar sederhana, tetapi untuk mewujudkannya kerap dirasa tidak mudah. Kendati demikian, Anda bisa membangun rumah yang nyaman dengan budget minim jika arsitekturnya dibuat seperti berikut ini.

1. Rumah Minimalis Modern


Rumah minimalis modern saat ini jadi tren bangunan yang banyak didirikan sebagai perumahan. Dibandingkan dengan rumah pada umumnya, tipe rumah seperti ini cukup mampu menekan biaya pembangunan.

Hal ini dikarenakan, konsep hunian minimalis biasanya terdiri dari dua kamar tidur saja. Kemudian, ada dapur kecil dan toilet, serta ruang tamu dan ruang makan tanpa sekat.

Untuk membangun rumah minimalis modern biasanya dibutuhkan biaya cukup rendah. Terlebih jika Anda memilih alternatif bahan bangunan dengan harga murah.

2. Hunian Minimalis ala Skandinavia


Tak melulu soal rumah megah dan fasilitas lengkap. Hunian ala Skandinavia juga jadi konsep rumah idaman masa kini yang banyak disukai masyarakat. Rumah dengan gaya ini umumnya mengutamakan tiga hal. Yaitu, arsitektur yang sederhana, ruangan tidak begitu banyak, serta fungsionalitas lahan maupun ruangan.

Dengan menitikberatkan konsep rumah pada tiga hal tadi, Anda bisa menekan biaya mendirikan rumah. Misalnya, kamar dapat dibuat dengan ukuran 2 m x 3 m, dapur dalam dibuat menyatu dengan lahan belakang rumah, dan lain-lain.

3. Hunian Klasik Minimalis dengan Aksen Kayu


Sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget pas-pasan tetapi ingin membangun rumah idaman. Hunian klasik dilengkapi aksen kayu biasanya dapat dibangun hanya dengan biaya kurang dari Rp100 jutaan.

Dalam rumah gaya klasik ini, Anda bisa menghadirkan dua kamar, ruang tamu, dan ruang keluarga. Sementara itu, bagian dapur dan kamar mandinya dapat dihadirkan di belakang rumah dengan menggunakan dinding bata.

Supaya terkesan modern, Anda bisa membangun taman kecil di depan rumah. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi hunian dengan furnitur modern, seperti sofa, televisi, hingga lampu gantung.

4. Rumah Japandi untuk Pasangan Baru


Jika Anda berkeinginan membangun rumah idaman masa kini untuk tinggal bersama pasangan, model Japandi cocok dijadikan pilihan. Rumah dengan model ini dasarnya berasal dari perpaduan konsep rumah Jepang dan Skandinavia.

Oleh karena itu, hunian ini juga punya karakteristik serupa dengan gaya rumah Skandinavia. Yang mana, fokus utama yang dihadirkan dalam rumah gaya ini adalah fungsinya.

Selain itu, hunian juga mengedepankan konsep kenyamanan yang tinggi. Biasanya dihadirkan dengan ruangan-ruangan yang dengan tone pastel. Dibandingkan dengan gaya Skandinavia yang terkesan dingin, hunian Japandi minimalis lebih terasa hangat saat dihuni.

5. Rumah Industrial


Menghemat pengeluaran untuk pembangunan rumah juga bisa dilakukan dengan mempertimbangkan gaya hunian industrial. Pada rumah dengan gaya ini, dinding biasanya dibuat tanpa acian alias dibiarkan terlihat batanya.

Selain itu, rumah industrial juga identik dengan warna-warna alami. Oleh karena itu, hunian biasanya tidak dilengkapi cat apa pun. Terkecuali cat yang digunakan memiliki warna serupa dengan bagian rumah itu sendiri. Contohnya, pintu kayu dapat dilapisi finishing warna cokelat kayu.

6. Hunian Semi Kabin ala Villa Kecil


Serupa dengan vila kecil, hunian semi kabin bisa menjadi rumah yang nyaman untuk ditempati. Gaya rumah seperti ini mengedepankan bentuk bangunan yang sederhana dan terkesan punya nuansa nature di berbagai segi.

Mulai dari dinding kayu, dilengkapi pagar pembatas rumah yang menutupi teras rumah secara lanh. Kemudian, ada jendela nako di beberapa ruangan guna memberikan ventilasi udara lebih maksimal.

Anda juga bisa menggunakan jendela dengan sekat-sekat kayu di antaranya. Ini akan memberikan nuansa lebih homey pada hunian Anda.

7. Rumah Vertikal Minimalis


Pernah melihat rumah dengan arsitektur bergaya vertikal? Jika, ya, Anda juga bisa membuatnya. Konsep rumah ini bisa dijadikan pilihan jika lahan yang dimiliki terbilang sangat terbatas..

Dengan mendirikan bangunan vertikal, jumlah ruangan tetap akan pas untuk Anda dan keluarga. Sebab, Anda bisa menyesuaikan jumlah ruangan.

8. Rumah Urban Kontemporer


Hunian dengan gaya urban kontemporer juga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang terbatas masalah yang dan ingin mendirikan rumah. Untuk diketahui, rumah dengan gaya urban kontemporer biasanya menggabungkan banyak konsep.

Misalnya, ruang tamu dan ruang makan dapat dibuat modern sehingga tidak bersekat. Kemudian, Anda bisa membuat dapur yang hanya disekat dengan lemari ataupun rak. Anda juga bisa menghadirkan dapur dengan desain bar ala cafe.

9. Mid-Century Modern


Gaya bangunan mid-century modern juga bisa dijadikan konsep rumah idaman masa kini. Untuk diketahui, gaya hunian ini dapat ditampilkan dengan penggunaan material bangunan yang berbeda-beda.

Contohnya, dinding kayu tetapi alas menggunakan keramik. Untuk dindingnya juga bisa menggunakan cat dengan warna kalem ataupun modern. Seperti pastel yang terkesan mampu menjadikan ruangan tampak spacious tetapi tetap ada kesan teduh.

Memiliki Rumah Idaman Masa Kini dengan Sistem KPR


Jika Anda tidak bisa menghadirkan rumah idaman masa kini dengan budget pas-pasan, tak ada salahnya menggunakan sistem KPR. Seperti diketahui, membangun rumah tidak hanya membutuhkan material saja.

Anda membutuhkan arsitek hingga tukang bangunan, baik itu sistem borongan maupun jasa dari perusahaan. Namun, poin yang kerap jadi pertimbangan sulit ialah bunga KPR.

Sebenarnya, Anda bisa tetap aman memiliki rumah idaman masa kini dari sistem KPR meskipun gaji pas-pasan. Hanya saja, pastikan untuk menerapkan tips mendapatkan rumah idaman dengan sistem KPR berikut ini, ya.

Tips Memiliki Rumah Idaman Masa Kini Menggunakan Sistem KPR


Untuk diketahui, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin memiliki rumah idaman dengan sistem KPR.

1. Cari Rumah dengan Lokasi Strategis


Lokasi strategis dapat memberikan keuntungan bagi Anda yang ingin dekat dengan fasilitas-fasilitas di perkotaan. Selain itu, lokasi ini juga menguntungkan jika rumah idaman yang dimiliki nantinya akan dijadikan indekos.

Anda juga bisa memanfaatkan lokasi yang strategis jika ingin membuka usaha di depan rumah. Namun, pertimbangkan risiko lokasi strategis yang ada di dekat jalan, yaitu tingginya polusi dan bising dari kendaraan.

2. Ketahui Material Bangunan


Tips kedua supaya rumah idaman masa kini bisa Anda dapatkan adalah mengetahui material bangunannya. Untuk diketahui, saat ini ada banyak rumah-rumah yang dapat dibeli dengan sistem KPR.

Namun, tiap-tiapnya dibangun dengan menggunakan material yang berbeda-beda. Supaya tidak mudah rusak dan menjadikan pengeluaran Anda lebih banyak, sebaiknya pilih bangunan dengan bahan terbaik. Setidaknya, gunakan bata merah, batako, ataupun bata hebel secara keseluruhan.

3. Ketahui Struktur Bangunan


Selain materialnya, Anda juga perlu mengetahui strukturnya, apakah dibuat dengan cakar ayam atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan, strukturnya juga memengaruhi tingkat kekuatan bangunan.

4. Tanyakan Jumlah Ruangan dan Fasilitas


Bagi Anda yang memiliki anak berjumlah dua atau tiga, pastikan untuk bertanya jumlah ruang dalam rumah yang akan dibeli. Tentu saja ini menjadi hal yang penting.

Pasalnya, Anda pasti butuh setidaknya dua kamar dalam rumah KPR yang akan dibeli. Untuk mengetahuinya, pastikan bertanya pada penjual ataupun sales-nya.

5. Perhatikan Desain Bangunan


Saat Anda berniat membeli hunian dengan sistem KPR, rumah idaman masa kini yang diimpikan tentu bisa didapatkan ataupun tidak. Jika ingin mendapatkannya, Anda perlu memperhatikan desain bangunannya.

Sebagai informasi, saat ini desain rumah yang bisa dibeli dengan sistem KPR dapat dikatakan bervariasi. Jadi, Anda punya banyak pilihan ketika akan memilih rumah huni dengan sistem kredit ini.

6. Lihat Lingkungan Rumah


Guna memastikan rumah idaman yang nyaman sesuai dengan harapan banyak orang, Anda perlu memperhatikan lingkungannya. Salah satunya adalah kebersihan lingkungannya.

7. Lakukan Penyurveian ke Lokasi Sekitar


Bukan hanya lingkungan di daerah rumah yang akan dibeli, Anda juga sebaiknya melakukan penyurveian ke lokasi sekitar. Misalnya, jalan-jalan ke fasilitas ibadah untuk tahu seberapa jauh jika menempuhnya dengan jalan kaki.

Anda juga bisa mencari tahu jarak dari rumah ke fasilitas lainnya jika hanya berjalan atau menggunakan kendaraan.

8. Tentukan Masa Tinggal untuk Sementara atau Jangka Panjang


Sebelum memutuskan membeli rumah idaman masa kini dengan sistem KPR, Anda juga perlu memikirkan besok lusa. Maksudnya, tujuan tinggal di kawasan tersebut bakal berapa lama.

Jika hanya tinggal untuk sementara, Anda bisa membeli rumah tersebut jika terawat dan berkemungkinan cepat laku di kemudian hari. Sementara itu, jika akan tinggal dalam jangka panjang, Anda sebaiknya mencari rumah yang benar-benar nyaman. Bukan hanya untuk Anda, melainkan untuk semua anggota keluarga juga.

9. Pilih Broker yang Terpercaya


Tips selanjutnya adalah memilih rumah yang ditawarkan oleh broker terpercaya. Seperti diketahui, saat ini ada banyak broker atau developer yang menawarkan rumah dengan sistem KPR.

Sebenarnya, membeli rumah sistem ini dikatakan cukup aman jika bangunannya sudah rampung 100 persen. Namun, rata-rata broker yang menawarkan rumah dengan sistem ini baru berupa gambaran saja.

Selain itu, ada juga beberapa developer yang menawarkan bangunan yang baru rampung setengahnya. Yang bisa jadi masalah adalah ketika Anda memilih membeli rumah KPR yang belum rampung.

Pasalnya, rumah tersebut bisa jadi tidak selesai apabila developer-nya tidak amanah. Meski tidak semua broker punya sifat demikian, Anda tetap harus teliti dan hati-hati memilih broker perumahan.

10. Pertimbangkan Rumah Lama


Jika ingin membeli rumah idaman masa kini tanpa takut tertipu broker, Anda bisa mempertimbangkan rumah lama. Namun, harus dipastikan jika rumah yang akan dibeli memiliki fasilitas yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui karakteristik rumah tersebut sebagaimana telah disebutkan sebelumnya. Yakni, mulai dari materialnya, struktur, desain, hingga jumlah ruangan di dalamnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat akan memilih rumah lama ialah kondisinya. Apakah bangunannya terawat atau sebaliknya. Yang dimaksud bangunan ini bisa dilihat dari dinding, atap, jendela, dan lain-lain.

11. Beli dari Tangan Pertama


Salah satu tips agar Anda bisa mendapatkan rumah idaman masa kini dengan budget pas ialah membelinya dari tangan pertama. Seperti diketahui, membeli dari tangan kedua atau bahkan sales sudah pasti memperbesar nominal harganya.

Selain itu, broker juga bisa saja menawarkan rumah yang dijualnya dengan tawaran dilebih-lebihkan. Kendati demikian, Anda bisa saja membeli rumah idaman dari broker jika memang karakteristiknya cocok untuk Anda.

12. Perhitungkan Biaya Hidup


Biaya hidup di satu lingkungan jelas akan berbeda dengan lingkungan lainnya. Oleh karena itu, hal ini perlu dipertimbangkan sejak awal.

Contohnya, lokasi rumah di perkotaan pastinya membutuhkan biaya hidup lebih besar. Terlebih jika dibandingkan dengan hidup di lingkungan biasa.

13. Hitung Biaya Maintenance


Ketika akan membeli rumah idaman masa kini dengan sistem KPR, Anda juga perlu menghitung biaya maintenance. Rumah dengan ukuran luas tentu butuh perawatan lebih banyak.

Tak hanya itu, besar kecilnya biaya perawatan ini juga ditentukan oleh material bangunan hingga kondisinya saat ini. Supaya dompet Anda tidak boncos dan selalu bisa menyimpan sisa uang bulanan.

14. Hitung Biaya Pajak


Biaya lain yang harus dipertimbangkan selanjutnya ialah pajak. Anda tentu tahu jika lokasi dan luas tanah bisa menentukan nominal pajak yang harus dibayar.

Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini supaya gaji per bulan Anda tidak habis untuk bayar seputar tempat tinggal saja.

15. Bayar KPR Maksimal 35% Per Bulan


Mengingat hidup terus berjalan maka pastikan uang bulanan Anda juga dapat diatur dengan baik. Memiliki rumah idaman masa kini sebenarnya juga tidak mudah.

Anda perlu memiliki gaji yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak perumahannya. Selain itu, sistem KPR juga mengharuskan Anda menentukan berapa biaya bulanan yang akan dibayarkan.

Untuk diketahui, makin tinggi nilai yang bisa Anda bayarkan tiap bulan maka peluang mendapatkan rumah sistem KPR dipastikan makin besar. Namun, pastikan Anda mempertimbangkan biaya hidup dengan keluarga. Sebagai saran, pastikan angsuran per bulan tidak lebih dari 35%.

16. Bandingkan Harga Total Rumah KPR dengan Biaya Membangun Rumah Sendiri


Membeli rumah dengan sistem KPR juga kerap jadi pertimbangan sebab makin lama angsurannya maka total harganya memang jadi besar. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin akan merasa rugi dengan hal tersebut.

Kendati demikian, sebenarnya total harga tersebut sudah dipastikan setara. Pasalnya, jika dibandingkan dengan mendirikan rumah menggunakan uang pribadi, Anda belum tentu bisa membangun rumah idaman masa kini yang ditempati.

Supaya tidak merasa rugi, Anda bisa mengkalkulasikan biaya pembangunan rumah dengan membeli rumah sistem KPR.

17. Manfaatkan Kalkulator Mortgage


Tips terakhir supaya Anda bisa mendapatkan rumah idaman masa kini dengan sistem KPR tanpa boncos dompet ialah dengan menggunakan kalkulator. Di kalkulator mortgage, Anda bisa mendapatkan total harga keseluruhan jika ingin membeli rumah dengan sistem KPR. Dengan kalkulator tersebut, Anda juga bisa mengetahui berapa lama angsuran harus dilakukan apabila per bulannya bayar 35% atau 30%.

mortgagecalculator

Itu dia informasi mengenai tips mendapatkan rumah idaman masa kini. Baik dengan membangun secara mandiri dan menghadirkan gaya bangunan sesuai keinginan maupun menggunakan sistem KPR.

Setelah tau informasi ini, bagaimana? Anda tertarik membangun rumah idaman menggunakan uang pribadi atau membeli dengan sistem KPR? Apa pun pilihannya, gunakan sistem kalkulator di situs https://www.mortgagecalculator.uk/ agar memudahkan Anda dalam penghitungannya.

Banyak fitur menarik yang tersedia pada kalkulator mortgage yang tentunya dapat mempermudah Anda dalam menghitung biaya keseluruhan, agar target membangun rumah idaman masa kini dapat terwujud.

Beberapa fitur unik dari situs Mortgage Calculator :

https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/
https://www.mortgagecalculator.uk/amortisation/
https://www.mortgagecalculator.uk/overpayment/
https://www.mortgagecalculator.uk/remortgage/