Tujuan Volunteer Adalah Kemanusiaan, Yuk Kita Bantu!

Volunteer adalah mereka yang memberikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk kepentingan orang lain baik individu maupun kelompok.
volunteer

Sebagai makhluk sosial, manusia dapat berada pada posisi yang membutuhkan maupun yang bisa memberi pertolongan. Selain itu pada jiwa manusia sendiri memiliki keinginan untuk bisa membantu orang lain dan ingin dibutuhkan oleh orang lain. Karena itulah muncul gerakan sukarela atau volunteer.

Volunteer adalah mereka yang memberikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk kepentingan orang lain baik individu maupun kelompok. Volunteer bekerja secara sukarela dan bisa bekerja secara individu maupun tergabung dalam sebuah kelompok, organisasi atau kelembagaan.

Arti volunteer adalah sukarela yang berarti tidak mengharapkan keuntungan atau profit untuk diri sendiri. Namun juga bukan berarti tanpa rencana dan kebutuhan. Pada beberapa kasus, para relawan juga membutuhkan sarana dan prasarana untuk bisa membantu orang lain. Misalnya ada kebutuhan membuat tandon air di lokasi tertentu yang akan dilakukan oleh sukarelawan.

Mereka tetap tidak bisa membuat tandon jika tidak ada bahan yang tersedia. Bahan-bahan ini juga harus dipersiapkan terlebih dahulu sehingga mereka bisa mulai membuatnya secara gratis. Karena itulah meski sudah ada sukarelawan namun tetap harus ada bantuan dari pihak lain untuk ikut membantu agar apa yang menjadi tujuan kemanusiaan bersama bisa terwujud.

Salah satu lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan wanita, pendidikan anak dan kesejahteraan keluarga adalah Wahana Visi Indonesia atau WVI.

WVI telah memiliki program kerja selama 20 tahun dan sudah melakukan pelayanan di berbagai pelosok tanah air. WVI sudah banyak membantu masyarakat untuk memiliki fasilitas umum yang mereka butuhkan melalui banyak volunteer dan donasi yang masuk. Selain itu WVI juga memiliki program donasi lainnya antara lain:

  • Donasi pendidikan anak Indonesia.
  • Donasi Asmat Hope.
  • Donasi fasilitas umum.
  • Dll.

Anda bisa berperan aktif dalam menebar kebaikan bersama dengan Wahana Visi Indonesia sebagai volunteer maupun sebagai donatur. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri melalui website resmi Wahana Visi Indonesia sesuai dengan program yang ingin diikuti.

WVI akan memberikan pelaporan jika Anda memberikan donasi atau tugas yang sesuai dengan kemampuan Anda jika mendaftar sebagai volunteer. Mari menebar kebaikan dengan mudah namun tepat sasaran bersama Wahana Visi Indonesia.