Apa Saja yang Mesti Dibawa di Mobil Ketika Perjalanan Jauh?

mobil bekas

Liburan sudah menjadi kebutuhan setiap orang untuk memanfaatkan waktu libur panjang bersama keluarga dan orang tersayang. Ada banyak pilihan untuk pergi liburan apalagi destinasinya cukup jauh jaraknya tentu akan lebih memilih transportasi umum seperti naik pesawat atau kereta api.

Cukup memesan tiket dan datang sesuai jadwal, maka perjalanan liburan bisa dimulai dan waktu yang ditempuh relatif lebih cepat. Hal itu tidak berlaku untuk sebagian orang karena ada orang-orang yang lebih suka pergi liburan dengan menggunakan mobil pribadi sekalipun jaraknya jauh.

Dengan menempuh perjalanan dengan jarak ratusan kilometer tetapi dilalui bersama keluarga tentunya tidak akan terasa lelahnya. Tapi tetap saja jika liburan dengan mobil pribadi, maka harus dilakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan keandalan mobil untuk dipakai liburan.

Setelah dicek dan layak untuk dikendarai, tidak lupa juga menyediakan barang yang mesti dibawa untuk mendukung kenyamanan berkendara, apa saja?

Oli serta air radiator


Barang pertama yang tidak boleh dilupakan yaitu menyiapkan beberapa botol oli sekaligus air radiator. Persediaan oli serta air radiator ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan.

Bisa saja mobil kehabisan air radiator saat berada di jalan tol, jika harus mencari bengkel tentunya akan sulit. Maka itu ada baiknya untuk membawa beberapa botor yang berisi air radiator sekaligus oli karena bisa dibutuhkan kapan saja.

Ban cadangan


Kedua, jangan pernah melupakan untuk membawa ban cadangan karena ada kemungkinan ban menjadi kempes atau bahkan pecah di jalan. Dengan adanya ban cadangan, maka pengemudi tidak akan merasa khawatir dan tetap tenang ketika terjadi kempes pada ban.

Pengemudi juga harus bisa menguasai cara mengganti ban di jalan dan jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan untuk proses penggantian ban tersebut.

Ukur tekanan udara ban dan bawa pompa


Tekanan pada ban harus diperiksa sebelum memulai perjalanan karena hal ini juga akan menghadirkan kenyamanan untuk pengemudi. Kemudian tidak ada salahnya juga setelah setengah perjalanan untuk mengecek tekanan pada ban.

Hal ini tentunya untuk menghindari terjadinya pecah ban yang dipengaruhi dari tekanan yang tidak ideal. Jangan lupa juga untuk membawa pompa untuk menambah tekanan udara pada ban agar bisa terus ideal dan keamanan mobil tetap terjaga.

Perangkat lainnya


Selain itu, ada banyak perangkat pendukung lainnya yang mesti dibawa, salah satunya adalah toolkit. Toolkit berisi beragam perlengkapan yang bisa digunakan selama perjalanan mulai dari obeng, selotip hitam, hingga tang. Semua peralatan tersebut tentunya tidak boleh dilupakan karena bisa saja dibutuhkan dalam perjalanan.

Setelah semua barang di atas sudah lengkap, maka perjalanan liburan bisa langsung dimulai. Jika merasa harus ganti mobil karena ukuran yang sekarang terbatas sehingga tidak cukup membawa semua anggota keluarga untuk berlibur, maka bisa cari mobil bekas berukuran besar di program lelang IBID. 

Ada banyak pilihan program lelang seperti live auction atau flash auction yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Untuk lebih jelas tentang IBID, bisa cari tahu informasinya pada situs resmi IBID di https://www.ibid.astra.co.id/.