Ingin Mobil Tetap Awet, Berikut 5 Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Berbagai cara merawat mobil yang ringan bisa Anda lakukan dan jika dilakukan dengan rajin, mobil akan selalu terawat.
Tips Merawat Mobil

Tidak perlu mahal, perawatan di rumah juga bisa Anda lakukan. Bagaimana saja caranya?

Setelah melakukan transaksi jual beli mobil baru, pasti yang akan Anda lakukan selanjutnya adalah merawatnya dengan baik agar kendaraan selalu awet. Perawatan mobil yang bisa Anda lakukan tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan kocek. Berbagai cara merawat mobil yang ringan bisa Anda lakukan dan jika dilakukan dengan rajin, mobil akan selalu terawat.

Bagaimana merawat mobil dengan baik dan murah? Berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan di rumah!

1. Rajin memanaskan mobil


Memanaskan mesin bertujuan untuk menjaga agar kualitas oli tidak menurun. Tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup sekali setiap 3 sampai 7 hari saja. Hal ini agar sirkulasi oli bekerja dengan baik, dan seluruh komponen mobil terlumasi, sehingga tidak cepat aus. Cukup memerlukan waktu 5 menit, Anda bisa memanaskan mobil dengan keadaan AC tidak menyala dan dengan rem tangan aktif.

2. Periksa kondisi cairan dan oli mobil


Selalu periksa kondisi cairan di mobil seperti air reservoir tank. Cek juga air wiper yang berguna untuk membersihkan kaca depan mobil. Selain itu, air radiator juga penting untuk diperiksa ketersediaannya agar suhu di dalam mobil tidak berubah dan tetap ideal.

Selain cairan di mobil, Anda juga perlu tahu apakah oli mesin sudah cukup atau tidak. Jika kurang, tambahkan oli pada tangkinya. Pastikan juga Anda mengganti oli secara berkala yaitu setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km. Pastikan juga oli yang Anda gunakan adalah oli terbaik yang direkomendasi oleh pabrik.

3. Cek lampu-lampu dan kabel mobil


Merawat mobil baru bisa dengan mudah Anda lakukan dengan cara memeriksa lampu-lampu pada mobil. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengecek kabel-kabelnya, apakah terputus atau tidak, mungkin kendur atau redup. Periksa juga signal mobil apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Bila masalah ini terjadi, segera ganti sparepart agar perjalanan Anda tidak akan terganggu nantinya.

4. Rajin mencuci dan cek ban mobil


Cara simpel untuk merawat mobil yaitu dengan mencucinya dengan rajin. Bersihkan setiap kaca agar tetap kinclong dan bersih. Gunakan sabun cuci mobil dan lap tipis untuk mencuci mobil Anda. Jangan lupa juga untuk membersihkan interior mobil dengan mencuci karpet secara berkala, atau lap jok mobil dan dasbor mobil.

Selain mencuci mobil, Anda harus rajin memeriksa ban mobil secara berkala. Lihat usia ban dan pastikan ketebalan telapak ban masih di atas Tread Wear Indicator atau TWI, jika di bawah itu berarti tandanya ban mobil Anda sudah aus dan harus segera diganti. Periksa juga apakah ban mobil Anda terdapat sobek atau benjolan-benjolan yang bisa membahayakan saat berkendara.

5. Lakukan servis dengan teratur


Cara ini penting untuk dilakukan pengguna kendaraan mobil, karena dari sini kita bisa tahu apabila perawatan mobil perlu dilakukan lebih ekstra lagi atau tidak. Servis bisa dilakukan secara berkala. Untuk mobil baru, servis mobil Anda ke bengkel setelah mencapai 1000 km, dan mobil lama bisa setiap 6 bulan sekali.

Merawat mobil tentunya bisa dilakukan ketika Anda memiliki kendaraannya. Jika Anda ingin membeli mobil baru, SEVA bisa membantu. Dengan fitur Kalkulator Pembiayaan, Anda bisa mensimulasikan pembelian mobil dan mempertimbangkannya dengan bijak. Membeli mobil tidak akan jadi kendala dengan SEVA.