Kawah Putih, Wisata Cantik di Bandung yang Menarik Dikunjungi

Salah satu destinasi wisata yang tak luput dari kunjungan wisatawan adalah Kawah Putih, danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.
kawah putih

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia dengan kekayaan wisata yang membuat banyak orang tertarik. Tidak mengherankan jika setiap weekend dan musim liburan Bandung selalu padat akan wisatawan dari luar kota. Salah satu destinasi wisata yang tak luput dari kunjungan wisatawan adalah Kawah Putih, danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Sekilas Tentang Kawah Putih


Kawah Putih adalah wisata terpopuler yang berlokasi di kawasan Ciwidey, Jawa Barat atau tepatnya sekitar 50 Km dari arah selatan Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di tempat ini memiliki warna putih karena mengandung campuran unsur belerang.

Sehingga, tempat ini sangat bagus digunakan untuk berfoto. Sementara itu, air danau yang ada di Kawah Putih memiliki warna putih kehijauan. Namun warna air tersebut berubah tergantung suhu, cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.

Harga Tiket Masuk ke Kawah Putih


Untuk menikmati keindahan wisata Kawah Putih, harga tiket masuk yang harus dibayarkan adalah Rp27.000 untuk wisatawan domestik dan Rp81.000 untuk wisatawan mancanegara. Selain tiket masuk, ada beberapa rincian biaya yang perlu dibayarkan jika Anda ingin menggunakan fasilitas di Kawah Putih, di antaranya:

● Tiket domestik terusan + dermaga ponton + skywalk Cantigi: Rp38.000.

● Dermaga Panton: Rp11.000.

● Skywalk Cantigi : Rp11.000.

● Sunan Ibu: Rp11.000.

● Foto Prewedding: Rp500.000.

● Charge Shooting: Rp3.000.000.

Jika Anda membawa kendaraan, rincian biaya parkir yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

● Tiket parkir motor bawah: Rp6.000.

● Tiket parkir mobil bawah: Rp11.000.

● Tiket parkir bus bawah: Rp27.000.

● Tiket parkir mobil atas: Rp162.000.

● Ontang-anting: Rp27.000.

Yang dimaksud parkir adalah membawa mobil Anda sampai ke lokasi kawah. Sedangkan parkir bawah adalah memarkir kendaraan di gerbang masuk kemudian Anda bisa naik dengan menyewa Ontang-anting.

Ontang-anting merupakan sebutan untuk kendaraan khas yang ada di wisata Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini berupa bus mini dengan kapasitas 12 orang. Di kawasan wisata ini ada banyak sekali Ontang-anting sehingga Anda tak perlu khawatir tidak kebagian tempat.

Tips Berkunjung ke Kawah Putih Bandung


Tempat wisata yang buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB ini akan berbahaya jika Anda ceroboh. Untuk menghindari bahaya yang mungkin terjadi, perhatikan hal-hal berikut ini:

● Jangan berenang di kawah indah yang berwarna putih kehijauan.

● Meskipun terpikat dengan pemandangan yang menawan, jangan berada di lokasi kawah utama selama 6 jam lebih.

● Selalu gunakan pakaian yang tertutup saat mengunjungi tempat wisata ini. Sangat tidak disarankan menggunakan bikini layaknya di pantai. Kawah Putih bisa dijadikan pilihan tempat melancong terbaik di Bandung saat musim liburan tiba. Jika tertarik untuk ke sana, Anda bisa segera beli tiket bus ke Bandung di Pegipegi. Dengan membeli tiket bus, shuttle atau travel di Pegipegi, Anda akan mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik sehingga liburan bisa lebih hemat. Yuk, buruan pesan tiket di aplikasi Pegipegi sekarang juga!