Cara Mengatasi Gigi Ngilu Agar Kesehatan Lebih Terjaga

Cara mengatasi gigi ngilu bisa dilakukan dengan bermacam cara seperti dengan bahan yang ada di sekitar Anda. Ketahui cara mengatasi gigi ngilu dengan
cara mengatasi gigi ngilu

Cara mengatasi gigi ngilu bisa dilakukan dengan bermacam cara seperti dengan bahan yang ada di sekitar Anda. Ketahui cara mengatasi gigi ngilu dengan bahan alami sebagai berikut.

Penyebab Terjadinya Gigi Ngilu


Gigi merupakan alat pengunyah makanan yang berada di dalam mulut di antara rahang atas dan bawah. Fungsi alat ini sangat penting bagi manusia selain untuk mengunyah juga untuk menghancurkan makanan.

Gigi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama untuk kesehatan. Manusia memerlukan makanan untuk kelangsungan kerja organ tubuh lainnya.

Makanan yang dimakan akan dikunyah pertama sekali menggunakan alat pelumat tersebut sehingga menjadi bagian kecil. Lalu, bagian kecil dari makanan baru akan dikirim ke lambung untuk dicerna menjadi sumber energi bagi manusia.

Gigi juga berfungsi untuk memperindah penampilan sehingga menjadi lebih indah dipandang. Apalagi jika Anda memiliki gigi yang putih dan sehat akan menjadi lebih percaya diri lagi

Gigi juga memerlukan perawatan secara rutin dan teratur. Anda bisa merawatnya dengan menggosok gigi setiap habis makan makanan apapun.

Anda bisa juga melakukan kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mengontrol gigi. Anda bisa mengetahui apa ada gigi yang rusak atau perlu perawatan lebih lanjut.

Jika gigi tidak dirawat secara teratur akan timbul banyak masalah seperti gigi sensitif atau ngilu. Penyebab gigi ngilu bisa ditimbulkan oleh banyak hal contohnya dari banyaknya mengkonsumsi makanan manis.

Gigi sensitif juga disebabkan oleh gigi berlubang, penipisan email gigi, dan gangguan pencernaan. Jika gigi Anda ngilu akan sangat tidak nyaman ketika mengunyah makanan karena akan merasakan sakit.

Gigi sensitif juga akan terasa jika Anda tidak nyaman mengkonsumsi makanan panas dan dingin yang berlebihan. Penderita gigi sensitif akan menghindari makanan manis, masam, panas, dan dingin.

Jadi, kesehatan gigi sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda terutama dalam mengunyah makanan.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami


Ada beberapa cara yang bisa diterapkan jika gigi terasa ngilu secara mendadak. Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada disekitar rumah. Adapun beberapa cara mengatasi gigi ngilu menggunakan bahan alami yaitu:

Garam


Cara mengatasi gigi ngilu yang pertama adalah menggunakan garam. Garam adalah bumbu dapur yang selalu ada di rumah karena tanpa benda ini makanan akan terasa hambar.

Garam dikenal sebagai antiseptik yang bisa mengurangi peradangan akibat bakteri. Bumbu dapur ini juga bisa berfungsi sebagai antiseptic dalam menghalau kuman jahat yang menyebabkan gigi sakit.

Anda bisa melarutkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat dan aduk hingga larut. Lalu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur dan buang jika airnya sudah dingin. Anda bisa mengulanginya hingga sakit gigi berkurang. Cara ini bisa dilakukan sebanyak tiga atau empat kali dalam sehari.

Kunyit


Cara mengatasi gigi ngilu yang kedua adalah menggunakan kunyit. Kunyit juga termasuk bumbu masak yang harus ada di dapur Anda.

Banyak resep makanan menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan untuk membuatnya menjadi lezat.

Jika gusi bengkak karena sakit gigi maka bisa menggunakan kunyit sebagai obat. Kunyit banyak mengandung senyawa kurkumin yang bisa mengatasi radang atau bengkak secara efektif.

Anda bisa memanggang kunyit dan kemudian haluskan menjadi hancur. Anda bisa memasukkan garam dan minyak kelapa dan aduk rata semuanya sehingga tercampur.

Anda sudah membuat adonan tersebut menyerupai pasta gigi. Lalu, oleskan pasta kunyit tersebut pada area yang bengkak atau sakit. Gunakan terus sampai sakit gigi ngilu mereda. Anda bisa memakainya sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Bawang Putih


Cara mengatasi gigi ngilu yang ketiga adalah bawang putih. Bawang putih adalah bumbu masak yang selalu dipakai untuk semua jenis masakan.

Bawang putih sangat terkenal sebagai antiseptic alami yang bisa mengatasi berbagai penyakit sejak ribuan tahun lalu. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bisa meredakan peradangan akibat sakit gigi.

Anda bisa menjadikan bawang putih sebagai obat dengan cara mengunyah pada bagian mulut yang sakit. Anda bisa mengunyahnya secara perlahan sehingga rasa sakit yang timbul akan mereda dengan sendirinya.

Anda juga bisa membuatnya seperti pasta gigi dengan menghaluskan menggunakan ulekan. Anda bisa mencampurnya dengan sejumput garam dan oleskan pada gigi yang sakit.

Gigi akan terasa nyaman karena obat akan bereaksi dengan baik. Lakukan cara ini empat kali dalam sehari atau sesering mungkin hingga gigi Anda menjadi sembuh.

Minyak Cengkeh


Cara mengatasi gigi ngilu keempat adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh banyak mengandung senyawa seperti eugenol yang memiliki fungsi sebgaai antiseptik dan analgesic alami.

Bahan rempah ini bisa melawan bakteri penyebab gigi ngilu karena mengandung anti bakteri dan radang. Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang sakit secara langsung atau diteteskan pada gumpalan kapas.

Gumpalan kapas tersebut bisa dimasukkan pada gigi yang ngilu atau berlubang. Anda bisa melakukannya beberapa menit dan usahakan jangan terkena lidah karena aromanya begitu kuat.

Anda juga bisa meneteskan minyak cengkeh ke dalam air hangat beberapa tetesan. Lalu air tersebut Anda buat untuk berkumur-kumur hingga rasa sakit mereda.

Minyak Kelapa


Cara mengatasi gigi ngilu yang kelima adalah menggunakan minyak kelapa. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada gigi yang ngilu secara teratur.

Hal ini akan mengurangi dan mencegah peradangan gigi ngilu semakin bertambah. Minyak kelapa yang dicampur minyak wijen sedikit efektif mengatasi gigi bermasalah untuk pertolongan pertama.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 bahwa oil pulling bisa mengatasi sakit gigi. Oil pulling juga merupakan nama lain untuk minyak kelapa yang dicampur sedikit minyak wijen.

Gingivitis juga bisa diatasi menggunakan obat tersebut. Penyakit ini adalah penyebab gigi menjadi ngilu atau sensitif. Anda bisa mengoleskan setiap hari secara rutin. Lakukan tiga atau empat kali dalam satu hari.

Pastikan untuk Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride


Gigi merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi pencernaan karena berfungsi mengunyah makanan menjadi bentuk terkecil. Gigi yang sehat harus dijaga dengan melakukan perawatan berkala seperti menggosok gigi dan mencetak pada dokter minimal enam bulan sekali.

Gigi yang bermasalah bisa menyebabkan ngilu dan sensitif yang membuat rasa tidak nyaman dalam mengunyah makanan. Penyebab gigi ngilu bisa karena gigi berlubang, penipisan email gigi, dan terganggunya saluran pencernaan.

Beberapa cara alami mengatasi gigi yang bermasalah adalah dengan menggunakan bahan di sekitar Anda. Contohnya garam, kunyit, minyak cengkeh, minyak kelapa, dan bawang putih.

Semua bahan alami tersebut sudah digunakan oleh nenek moyang hingga ribuan tahun yang lalu. Penelitian juga sudah banyak membuktikan bahwa bahan alami tersebut ampuh menjadi obat sakit gigi. 

Cara mengatasi gigi ngilu sangat murah dan mudah didapat sehingga Anda tidak perlu bingung jika sakit gigi mendera. Jangan lupa, pastikan untuk memakai pasta gigi berfluoride agar bisa semakin maksimal dalam menjaga kesehatan mulut Anda.