Contoh Pencemaran Lingkungan dan Cara Mencegahnya

Pada dasarnya, terdapat 3 cara pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan. Di antaranya adalah (1) penanggulangan secara administratif, (2) penanggul
contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya

Tahukah Anda apa saja contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya? Berikut ini adalah informasi penting yang perlu diketahui mengenai pencemaran, dampak, hingga cara mengatasinya, simak hingga tuntas, ya.

Definisi Pencemaran Lingkungan


Sebelum mengetahui apa saja contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya, perlu diketahui tentang apa itu pencemaran lingkungan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pencemaran merupakan suatu proses mengotori alam.

Sementara itu, pencemaran lingkungan berdasarkan KBBI adalah masuknya berbagai polutan sehingga menjadikan lingkungan sekitar tidak sehat. Secara umum, definisi pencemaran lingkungan adalah kegiatan yang melebihi ambang batas dan menyebabkan ekosistem alam tidak berjalan sempurna.

Contoh yang banyak terjadi di Indonesia adalah pembuangan limbah pabrik ke sungai. Selain itu, beberapa industri juga tidak menerapkan sistem sesuai standar sehingga terjadi polutan.

Untuk diketahui, terdapat dua jenis bahan yang dapat menyebabkan polutan. Di antaranya adalah degradable dan non-degradable.

  • Degradable adalah bahan yang mengakibatkan polusi, tetapi sifatnya dapat diuraikan oleh alam. Contohnya, kotoran sapi atau binatang lainnya.
  • Non-degradable adalah bahan yang mengakibatkan polusi dan sifatnya tidak bisa diuraikan oleh alam. Contohnya, zat merkuri dan lain sebagainya.

Faktor-Faktor Penyebab Lingkungan Tercemar


Salah satu penyebab terjadinya perubahan ekosistem adalah kurangnya kesadaran manusia dalam merawat alam. Contohnya, dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Menggunakan Bahan Plastik secara Masif


Salah satu faktor yang menjadikan proses alam tidak berjalan dengan baik adalah penggunaan bahan plastik secara berlebihan. Sebagai informasi, satu sampah plastik memerlukan waktu sedikitnya 50 hingga 100 tahun untuk terurai.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahun Indonesia menyumbang sampah plastik sebesar 66 juta ton. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa plastik merupakan salah satu masalah yang menyebabkan tanah tidak berfungsi dengan baik.

Membuang Limbah Deterjen ke Sungai


Makin banyaknya limbah deterjen dibuang ke sungai maka makin tinggi jumlah ekosistem laut yang rusak. Untuk diketahui, pembuangan limbah deterjen ke sungai dapat menyebabkan suplai oksigen berkurang.

Dengan demikian, biota air akan kesulitan melakukan respirasi dan dampaknya adalah kematian hewan itu sendiri. Hal ini terjadi karena busa deterjen yang mengandung surfaktan dengan tingkat keasaman melebihi toleransi lingkungan.

Yakni, sekitar 10 sampai 12ph. Sementara itu, alam hanya bisa menolerir surfaktan dengan tingkat maksimal 9ph.

Menggunakan AC Berlebihan


Alih-alih memberikan kesejukan dan kenyamanan, penggunaan air conditioner (AC) yang berlebihan dapat menjadikan dampak buruk bagi alam. Alat pendingin ruangan ini dapat menghasilkan gas CFC dan menyebabkan peningkatan global warming.

Dari pemanasan global tersebut, akan ada banyak ekosistem alam terdampak, contohnya adalah kerusakan terumbu karang atau coral bleaching. Perubahan warna koral akibat memudarnya zooxanthellae ini dapat membuat penurunan spesies laut hingga berkurangnya populasi ikan.

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan


Untuk diketahui, terdapat 4 macam pencemaran lingkungan yang sering dilakukan penghuni bumi. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Pencemaran Tanah


Pencemaran tanah adalah bercampurnya polutan non-degradable dengan lapisan bumi yang berdampak buruk pada alam. Contohnya, penggunaan insektisida berlebihan.

Selain itu, penggunaan plastik sebagaimana telah disebutkan juga menjadi salah satu penyebab kerusakan pada tanah. Pencemaran ini dapat menjadikan berkurangnya kesuburan hingga tanah kesulitan menyerap air.

Pencemaran Air


Pencemaran air adalah proses kerusakan ekosistem air akibat kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai standarisasi lingkungan. Contohnya, menggunakan bahan peledak dalam proses penangkapan ikan.

Selain itu, penumpukan sampah yang terbawa arus sungai juga dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem laut.

Pencemaran Udara


Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan pencemaran udara, salah satunya adalah asap kendaraan. Makin tinggi jumlah asap yang dihasilkan kendaraan dapat menyebabkan lapisan ozon berkurang.

Hal tersebut dapat berakibat pada makin panasnya suhu bumi. Pencemaran udara juga dapat diakibatkan oleh tingginya penggunaan zat CFC.

Pencemaran Suara


Meskipun jarang berakibat pada lingkungan, tetapi pencemaran suara juga termasuk dalam kegiatan yang dapat merusak alam. Contohnya, suara keras dari mesin dapat mengakibatkan gangguan pendengaran hewan, seperti penyu.

Contoh Pencemaran Lingkungan dan Cara Mencegahnya


Pada dasarnya, terdapat 3 cara pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan. Di antaranya adalah (1) penanggulangan secara administratif, (2) penanggulangan menggunakan teknologi, dan (3) penanggulangan dengan edukasi. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  • Penanggulangan Secara Administratif

Pabrik merupakan salah satu contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya adalah dengan menetapkan peraturan tegas. Dalam hal ini, pemerintah sudah mengeluarkan Undang-Undang PPLH yang membahas mengenai pokok pengelolaan lingkungan hidup.

Selain itu, beberapa kebijakan yang mengharuskan perusahaan melakukan standarisasi agar mendapatkan izin beroperasi.

  • Penanggulangan Menggunakan Teknologi

Salah satu contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya dengan cara menggunakan teknologi adalah melakukan daur ulang pada limbah sampah. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan berbagai jenis limbah untuk memproduksi barang baru.

Selain itu, terdapat juga tempat yang dinamakan insinerator yang dapat membakar sampah dengan suhu api tinggi. Dengan demikian, asap yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak dan tidak menambah tingkat pemanasan global.

  • Penanggulangan dengan Edukasi

Contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya dapat dijumpai banyak orang di buku-buku pengetahuan. Selain itu, tidak sedikit orang juga melakukan seminar atau penyuluhan dengan mengangkat tema pencegahan lingkungan.

Dengan mengedukasi orang-orang mengenai pentingnya menjaga lingkungan, diharapkan timbulnya kesadaran masing-masing sehingga kegiatan yang dapat menyebabkan polusi dapat berkurang.

Contoh Kegiatan yang Mencegah Pencemaran


Untuk diketahui, beberapa kegiatan yang dapat mengurangi polusi adalah sebagai berikut.

Mengurangi Plastik


Sebagaimana telah disebutkan, menggunakan plastik dengan jumlah tinggi adalah contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya adalah dengan menguranginya. Masyarakat dapat dibiasakan untuk pergi ke pasar dengan membawa kantong sendiri.

Kebijakan ini sudah banyak diterapkan pasar-pasar modern, tetapi beberapa masyarakat masih sering lupa dengan peraturan ini. Selain itu, mengurangi dampak plastik bagi alam juga bisa dilakukan dengan membakar limbah tersebut daripada membuangnya ke lingkungan.

Tidak Menghidupkan AC saat Tidak Digunakan


Penggunaan AC yang dapat menimbun gas CFC merupakan contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya adalah dengan bijak menggunakannya. Misalnya, mematikan teknologi ini saat tidak dibutuhkan.

Bijak Menggunakan Deterjen


Deterjen merupakan salah satu polutan yang dapat merusak ekosistem. Dengan demikian, sebaiknya masyarakat tidak menyalurkan busa dari deterjen ke sungai.

Masyarakat dapat membuat septictank masing-masing. Selain itu, penggunaan produk yang mengandung zat-zat berbahaya juga harus dikurangi.

Mari Bersahabat dengan Alam


Setelah mengetahui contoh pencemaran lingkungan dan cara mencegahnya, mulai sekarang bersahabat dengan alam, yuk! Pastikan untuk menggunakan produk atau barang-barang dengan frekuensi yang seimbang dengan alam.

Dengan demikian, akan terjadi simbiosis mutualisme yang kerap diinginkan banyak orang. Masyarakat menjaga lingkungan dan alam akan melindungi keberlanjutan hidup manusia dan ekosistem di sekitarnya.

Demikianlah informasi mengenai contoh dari pencemaran lingkungan dan beberapa cara pencegahan terjadinya kerusakan alam. Bagaimana, siap untuk mulai bersahabat dengan alam sekitar?