Ketahui Cara Mengobati Gusi Bengkak yang Paling Ampuh

Seringkali, seseorang tengah mencari tahu bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang paling ampuh. Memang, berada dalam kondisi tersebut, bukan menjad
cara mengobati gigi bengkak

Seringkali, seseorang tengah mencari tahu bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang paling ampuh. Memang, berada dalam kondisi tersebut, bukan menjadi baru dan bahkan seringkali mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja penyebab hingga tips dan trik untuk mengatasinya.

Apa Saja Penyebab dari Pembengkakan Gusi?


Sebelum mengulas lebih jauh terkait cara mengobati gusi bengkak, alangkah lebih baik apabila Anda memahami terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Salah satunya yaitu karena siklus kehamilan, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormone serta adanya peningkatan produksi darah di dalam tubuh.

Di samping itu, ketika berada dalam kondisi hamil, imun tubuh seorang wanita akan cenderung menurun. Sehingga menyebabkan bakteri menjadi mudah untuk berkembang biak di dalam rongga mulut yang mempunyai potensi besar terjadinya pembengkakan gusi. Terlebih lagi, bagi Anda yang malas menyikat gigi.

Tentu saja, malas menyikat gigi bukan hanya dapat berpotensi adanya risiko perkembangbiakan bakteri saja. Namun, hal tersebut juga dapat menimbulkan karang gigi dan plak yang menyebabkan gusi menjadi membengkak. Penyebab yang lainnya yaitu karena mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Seringkali, beberapa jenis obat mempunyai efek samping berupa pembengkakan gusi. Beberapa jenis obat dengan potensi menimbulkan pembengkakan yaitu kortikosteroid, penghambat saluran kalsium, kontrasepsi hormonal dan masih banyak lagi. Bahkan ketika Anda dinyatakan kekurangan vitamin C, sariawan menjadi hal biasa yang nantinya akan terus timbul dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Umumnya, sariawan tersebut akan timbul pada area-area tertentu saja, misalnya pada gusi, lidah dan bibir.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Paling Efektif yang Dapat Dilakukan Secara Mandiri


Salah satu hal ketika ingin menerapkan cara mengobati gusi bengkak yaitu dengan menghindarkan diri dari kepanikan. Memang hal tersebut akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Namun segala permasalahan dapat teratasi dengan mudah ketika Anda mengetahui bagaimana cara tepat untuk mengatasinya. Berikut ini akan dijelaskan step by stepnya.

Rutin Menyikat Gigi


Cara mengobati gusi bengkak yang pertama yaitu dengan rutin menyikat gigi. Kebiasaan menyikat gigi ini telah terbukti sangat ampuh untuk meredakan gusi bengkak. Sehingga, kebersihan dari rongga mulut akan terus terjadi dan kembali nyaman dan sehat setiap saat.

Seperti yang telah diketahui, bahwa menyikat gigi dalam sehari dapat dilakukan sebanyak dua kali ketika setelah bangun pagi dan sebelum tidur di malam hari.

Menerapkan Metode Pembersihan Gigi Secara Rutin


Pada dasarnya, merawat gigi dengan cara menyikat saja tidaklah cukup. Pasalnya, hal tersebut tidak cukup untuk membersihkan setiap sela-sela gigi hingga tuntas. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan metode pembersihan gigi menggunakan benang sebelum menyikat gigi.

Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat seluruh sisa makanan yang tidak terlihat oleh mata. Namun perlu untuk diketahui bahwa jenis benang yang dapat digunakan yaitu benang bertekstur lembut dan elastis.

Selain itu, ketika metode tersebut dilakukan, disarankan untuk melakukannya secara perlahan-lahan. Tujuan utamanya yakni agar benang tidak sampai melukai gusi.

Mengompres Gusi Beberapa Waktu


Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya yaitu dengan mengompres. Anda dapat memanfaatkan keberadaan es batu untuk menghilangkan rasa nyeri akibat dari pembengkakan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membungkus es batu menggunakan handuk bersih.

Selanjutnya dapat menempelkannya pada bagian pipi yang bengkak. Hal ini dapat dilakukan hingga rasa nyeri mulai menghilang secara perlahan.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Gigi dan Gusi


Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengobati gusi bengkak yaitu dengan mengonsumsi makan-makanan bergizi. Meskipun gusi tidak berada dalam kondisi bengkak, namun mengonsumsi makanan bergizi harus selalu dilakukan. Menu makanan yang dapat dikonsumsi yaitu disarankan mempunyai kandungan vitamin C melimpah.

Beberapa contohnya yaitu jambu biji, jeruk, kiwi, strawberry dan masih banyak yang lainnya. Dengan mengonsumsi vitamin C melimpah, diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tinggi.

Selektif dalam Memilih Pasta Gigi


Untuk cara mengobati gusi bengkak yang terakhir yaitu dengan lebih selektif lagi ketika memilih pasta gigi atau obat kumur. Pada dasarnya, penggunaan pasta gigi ataupun obat kumur tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih jenis pasta gigi yang nyaman.

Bahkan penting pula dalam mengetahui komposisi di dalam pasta dan obat kumur. Akan jauh lebih baik lagi jika terdapat manfaat lain berupa membunuh kuman di dalam mulut hingga jenis pasta yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih alami.

Tips Mengobati Gusi Bengkak dengan Teknik Alamiah


Selain mengobati gusi bengkak dengan beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut ini juga terdapat cara lain berdasarkan teknik alami. Salah satunya yaitu berkumur menggunakan air asin. Teknik ini dapat dilakukan dengan menyiapkan satu gelas air hangat dan diberikan satu sendok garam. Selanjutnya, Anda dapat berkumur dan membuangnya pada wastafel.

Berdasarkan penelitian, kandungan garam dapat mengurangi adanya pertumbuhan bakteri serta menyebabkan pembengkakan. Selain itu, mengobati gusi bengkak dapat pula dilakukan dengan teh celup. Caranya yaitu dengan menyiapkan satu kantong teh yang direndam pada air mendidih hingga 5 menit. Ketika kantong teh telah cukup dingin dapat dioleskan ke bagian gusi yang bengkak.

Karakteristik Gusi Sehat


Setelah mengetahui bagaimana cara mengobati gusi bengkak, selanjutnya perlu untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari jenis gusi yang sehat. Ciri utama dari gusi sehat yakni cenderung mempunyai warna merah segar, tidak goyah ketika disentuh serta stabil. Selain itu, ketika gusi Anda mempunyai tekstur berbintik-bintik layaknya kulit jeruk juga menandakan kondisi gusi sehat.

Namun, ketika di luar dari ciri-ciri tersebut, sangat penting untuk mengkonsultasikan ataupun melakukan pengecekan secara menyeluruh pada area mulut. Akan tetapi, salah satu hal yang perlu untuk diketahui yakni ketika gusi berada dalam kondisi berwarna merah terang atau hingga berdarah. Hal tersebut menunjukkan adanya peradangan yang cukup serius.

Penggolongan Masalah yang Ada Pada Gusi


Apabila didasarkan pada penyakit atau permasalahan gusi, dapat digolongkan menjadi dua jenis, diantaranya yaitu periodontitis dan gingivitis. Periodontitis adalah salah satu jenis penyakit gusi yang berada dalam kondisi parah dan disertai dengan kerusakan lain pada bagian tulang dibawahnya.

Akan tetapi, apabila gingivitis merupakan permasalahan gusi yang masih berada dalam kategori ringan. Namun, hal wajar yang seringkali dirasakan oleh masyarakat yaitu gusi bengkak. Terlebih lagi, permasalahan ini selalu diabaikan dan dianggap menjadi sesuatu yang biasa.

Padahal ketika hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus dapat menyebabkan berbagai macam masalah lain. Terlebih lagi dapat pula menjalar kebagian dalam gigi atau bahkan seluruh area mulut. Itulah pembahasan singkat terkait dengan cara mengobati gusi bengkak yang paling efektif. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk terus menjaga kesehatan gusi dan gigi dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi.