Penyebab-Penyebab Rambut Tidak Sehat dan Cara Mengatasi Rambut Kering

cara mengatasi rambut kering perlu diketahui untuk memperbaiki kembali lapisan kulit kepala. Umumnya, orang-orang akan berpikir kesalahan apa yang dil
cara mengatasi rambut kering

Akibat rusaknya kutikula (pelindung rambut), cara mengatasi rambut kering perlu diketahui untuk memperbaiki kembali lapisan kulit kepala. Umumnya, orang-orang akan berpikir kesalahan apa yang dilakukannya dalam perawatan rambut sehingga membuat rambutnya kering.

Namun, sebelum berpikir lebih jauh, tahukah Anda bahwa beberapa penyebab rambut kering justru hadir karena proses alamiah. Artinya, penyebab rambut kering bisa juga dikarenakan faktor-faktor dalam diri seseorang, bukan karena perawatan.

Faktor Dalam Rambut Kering


Berikut adalah beberapa faktor alami yang bisa menyebabkan rambut seseorang mengalami kerusakan.

Bertambah Usia


Seperti diketahui dan sering dirasakan orang-orang, makin dewasa, rambut terasa makin kekurangan nutrisi. Rambut kusam, kusut, susah diatur, rontok, dan ciri rambut kering lainnya kerap dialami kebanyakan orang dewasa.

Hal ini dikarenakan, ketika usia bertambah maka produksi alami minyak di kulit kepala makin berkurang. Inilah yang menjadikan kutikula rusak dan akhirnya menyebabkan rambut kering.

Faktor usia kerap dijumpai pada orang tua, terutama wanita yang sudah mengalami menopause. Perubahan hormon pasca terjadinya menopause menjadikan produksi minyak makin minim sehingga rambut wanita dewasa lebih cepat beruban dibandingkan pria.

Suhu Lingkungan


Setiap orang tentu sudah mengira kalau suhu udara merupakan salah satu penyebab rambut makin rusak. Contohnya, terlalu sering berada di bawah sinar matahari akan menyebabkan rambut mudah patah.

Kemudian, berada terlalu lama dalam kolam renang pun akan membuat rambut seseorang rusak. Sebab, dua hal tadi mengandung zat tertentu yang menjadikan kesehatan rambut menurun.

Kondisi Kesehatan


Beberapa penyakit dapat menyebabkan kesehatan rambut ikut turun, sebab terdapat hal-hal yang membuat tubuh tidak bisa melakukan tugas biasanya. Contohnya, ketika sakit seseorang akan sulit makan apa pun, bahkan untuk sekadar minum pun susah.

Sehingga, kulit kekurangan mineral dan tidak bisa melembapkan rambut secara alami. Dari sinilah penyebab rambut kering dimulai.

Sementara itu, berdasarkan penuturan ahli medis, terdapat beberapa penyakit lain yang bisa menjadikan rambut kurang sehat. Di antaranya adalah: (a) anoreksia nervosa, (b) malnutrisi, (c) anemia, (d) sindrom menkes, dan (e) gangguan hormonal. Selain itu, terdapat faktor dari luar yang bisa menyebabkan rambut kering. Simak di poin berikutnya!

Faktor Luar Rambut Kering


Masalah rambut, terutama pada wanita, memang seakan tidak ada habisnya. Sudah diberikan perawatan ini dan itu, tetapi masih saja ada masalahnya, kenapa, ya? Cek penyebabnya di bawah ini!

Malas Perawatan dan Ambisius dalam Perawatan


Untuk punya rambut bagus dan terawat, tentu harus dirawat, bukan? Jadi, jika seseorang malas untuk merawat rambutnya, jelas akan membuat bagian dari kepala itu menjadi tidak sehat.

Contohnya, seperti pada kasus sebagaimana telah disinggung, yaitu air kolam. Terlalu lama berenang tanpa penutup kepala atau punya jadwal renang berlebihan akan membuat rambut kehilangan nutrisinya.

Terlebih, jika setelahnya, seseorang tidak menerapkan cara mengatasi rambut kering dan terkesan abai pada kesehatan rambut. Namun, terlalu sering perawatan juga tidak baik.

Contoh, terlalu sering menggunakan hair dryer, catokan, hair colour, dan lain sebagainya bisa menjadikan rambut makin kekurangan kekuatannya.

Membiarkan Rambut Basah dan Tidak Disisir


Faktor selanjutnya adalah kebiasaan membiarkan rambut basah, ditambah lagi malas menyisir. Komplet sudah kerusakan yang akan didapatkan rambut.

Mulai dari bau, rambut makin susah diatur, kusut, dan ujung-ujungnya rontok. Kenapa ini terjadi?

Sebab, air yang tersisa di area kepala akan dengan mudah menyimpan kotoran-kotoran, seperti debu dan kuman. Misal, sudah keramas langsung tiduran di bantal yang entah ada berapa banyak debunya.

Inilah yang pada akhirnya harus membuat seseorang menjalankan prosedur atau cara mengatasi rambut kering agar sehat kembali.

Keramas Asal-asalan


Penyebab luar berikut ini kerap dilakukan banyak orang. Keramas yang penting wangi, lupa bahwa tujuan keramas bukan sekadar mendapatkan aroma, tetapi kesehatan rambutlah yang utama.

Tidak sedikit orang yang sudah merasakan ketidakcocokan pada satu sampo, tetapi enggan mengganti dengan yang lain. Hanya karena aromanya.

Padahal, kesalahan tersebut bisa membuat kerusakan rambut makin parah. Maka dari itu, pastikan pilih sampo yang sesuai dengan karakter rambut, ya.

Selain itu, pastikan memberikan kondisioner yang tepat untuk mendapatkan rambut dengan kualitas kesehatan dan keindahan maksimal.

Cara Mengatasi Rambut Kering


Mengatasi kerusakan seperti rambut kering bukanlah satu hal yang mudah. Ada berbagai rangkaian cara mengatasi rambut kering yang harus dijalani untuk menyehatkannya kembali, berikut di antaranya.

Jaga Kesehatan Tubuh


Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi rambut kering adalah senantiasa menjaga kesehatan. Penelitian membuktikan, orang-orang yang menerapkan kebiasaan hidup sehat akan lebih awet muda, mulai dari energi, kesehatan kulit hingga rambut.

Biasakan Merawat Rambut


Berikutnya adalah membiasakan diri merawat rambut, seperti keramas teratur minimal 3 kali seminggu. Memberikan nutrisi rambut, seperti serum, supaya kesehatannya cepat kembali dan mencegah lebih banyak kerusakan.

Bila perlu, bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan nutrisi paling pas untuk rambut kesayangan Anda.

Kurangi Aktivitas yang Membuat Kerusakan/Gunakan Pelindung


Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah mengurangi intensitas kegiatan di bawah paparan sinar matahari langsung. Namun, jika memang terpaksa, pastikan menggunakan pelindung, dari penggunaan serum hingga pemakaian topi atau payung.

Kemudian, sebaiknya gunakan heat protection sebelum melakukan hair styling, hair colouring, atau lain sebagainya.

Temukan Sampo yang Tepat


Langkah ini wajib dilakukan untuk menghindari lebih banyak permasalahan di rambut. Carilah sampo yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, seperti permasalahan yang sedang dialami, yaitu rambut kering.

Jangan Malas Pakai Kondisioner


Setelah keramas, terapkan cara mengatasi rambut kering poin kelima, yaitu pakai kondisioner. Pastikan menggunakan brand yang tepat dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Kalau sudah pakai kondisioner, jangan lupa dibilas kembali. Pastikan pemakaian sudah sesuai instruksi, yaitu mengusapkan pada setiap helai rambut tanpa perlu sampai di kulit kepala.

Cukup luangkan minimal 3 menit, lalu bilas.

Gunakan Masker Rambut


Terakhir, Anda bisa memanfaatkan masker rambut untuk menyempurnakan serangkaian cara mengatasi rambut kering. Namun, pastikan produk ini dipakai sesekali saja, ya.

Misalnya, seminggu sekali. Sebab, keseringan memakaikan masker pada rambut juga tidak baik untuk kesehatannya.

Atasi Rambut Kering dengan Treatment dari Dove Total Damage


Ingin mendapatkan perawatan yang maksimal, tetapi budget untuk ke salon pasti mahal. Jangan khawatir!

Dove punya produk yang bisa merawat rambut rusak dengan biaya lebih terjangkau, treatment dari Dove Total Damage dapat dipilih. Mulai dari sampo, kondisioner, serum, hingga masker untuk rambut kering, ada di produk ini.

Guna mendapatkan hasil yang ekstra maksimal, pastikan menerapkan langkah-langkahnya secara benar, ya. Sebab, kesalahan dalam menerapkan cara mengatasi rambut kering bisa jadi pemicu masalah baru yang lebih fatal. Finally, you can say bye-bye to hair dry!