eMET, Aplikasi Pertama Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Aplikasi eMET sangat penting peranannya dalam pengurusan dokumen secara digital.
eMet Aplikasi Meterai Elektronik Pertama di Indonesia

Peluncuran aplikasi eMET oleh pemerintah tahun lalu semakin memudahkan transaksi elektronik yang membutuhkan Meterai dan tanda tangan. Aplikasi eMET sangat penting peranannya dalam pengurusan dokumen secara digital.

Aplikasi Pertama Meterai Elektronik dan Tanda Tangan


Peluncuran Aplikasi Meterai Elektronik oleh pemerintah disambut dengan sangat baik oleh lapisan masyarakat. Hal ini karena kehadiran aplikasi ini sebagai langkah untuk memudahkan membuat dokumen secara digital.

eMET memiliki kepanjangan sebagai aplikasi elektronik Meterai yang khusus mengurus penggunaan Meterai. Sebelumnya, juga ada aplikasi tanda tangan digital yang diluncurkan untuk kebutuhan persetujuan resmi secara digital.

Elektronik Meterai dan tanda tangan sangat dibutuhkan untuk melengkapi segala dokumen yang dibuat secara digital. Hal ini merupakan hal sederhana yang sangat penting keberadaannya apalagi pada masa pandemic.

Pandemi covid-19 membuat semua hal harus dilakukan di rumah baik pekerjaan maupun pembelajaran. Jika Anda bekerja kantoran tentu ada saatnya membutuhkan tanda tangan pemimpin untuk sah dan disetujui suatu dokumen.

Aplikasi eMET dan tanda tangan digital sangat menbantu Anda dalam menjalankan tugas mencari tanda tangan pemimpin. Anda cukup mengirim file kepada atasan dan langsung ditandatangani secara digital

Jika Meterai diperlukan juga bisa langsung melalui aplikasi eMET. Kondisi tersebut gampang bikin tenang karena bisa melakukan tanda tangan dan elektronik Meterai dari mana saja.

Tanda tangan dan elektronik Meterai merupakan dua aplikasi yang semakin terkenal dalam masyarakat selama pandemi. Peraturan pemerintah tahun 2021 menyebutkan bahwa e-Meterai digunakan dengan cara membubuhkan Meterai pada dokumen dibantu oleh sistem tertentu.

Peraturan pemerintah tersebut dapat Anda temukan dalam bagian penjualan, pengadaan, dan pengelolaan Meterai. Aplikasi eMET melayani dua kebutuhan tersebut sekaligus untuk tanda tangan dan juga Meterai.

Anda tidak perlu mendownload aplikasi yang berbeda untuk dua hal tersebut. Ini bisa menghemat ruang memori di Android Anda. Aplikasi ini sangat dibutuhkan bagi pengguna yang sangat sering membutuhkan tanda tangan dan Meterai.

Cara Menggunakan Aplikasi eMET


Aplikasi Meterai Elektronik

Setiap aplikasi yang dikeluarkan baik oleh pemerintah atau swasta tentu memerlukan cara tersendiri memilikinya. Ada yang harus melalui pembayaran da nada yang didapatkan dengan cara download gratis di Google Play Store. Adapun beberapa cara menggunakan aplikasi dan fitur yang terdapat dalam eMET adalah:

Download Aplikasi


Langkah pertama sekali yang harus dilakukan untuk menjalankan aplikasi elektronik Meterai adalah dengan mendownloadnya. Anda bisa membuka menu playstore di bagian menu yang terdapat pada Android Anda.

Anda bisa melanjutkan dengan mengetik aplikasi eMET sehingga akan muncul berbagai aplikasi di dalamnya. Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai yang Anda inginkan.

Anda langsung membuka aplikasi elektronik tersebut. Anda langsung bisa menekan menu install di aplikasi elektronik Meterai tersebut.

Anda harus menunggu aplikasi diinstall hingga pemberitahuan seratus persen. Jika sudah selesai proses penginstalan Anda harus menunggu sebentar untuk bisa berjalan dengan baik.

Anda harus juga melakukan pendaftaran akun menggunakan email gmail yang Anda miliki. Setelah email terverifikasi Anda bisa langsung menggunakannya.

Anda bisa langsung memakai aplikasi sesuai kebutuhan. Jadi Anda bisa membubuhkan tanda tangan atau Meterai secara langsung.


Upload Dokumen


Langkah kedua untuk menggunakan aplikasi ini adalah dengan mengupload dokumen yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan harus Anda buat dalam bentuk pdf sebelumnya.

Jika dokumen masih dalam bentuk word aplikasi ini tidak bisa merespon dengan baik. Anda harus mengubah dulu bentuk dokumen menjadi bentuk dokumen pdf.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi I love my pdf untuk mengubah dokumen dari word menjadi pdf. Anda juga bisa mengubah dokumen lainnya menjadi bentuk yang diinginkan.

Setelah Anda mengubah dokumen menjadi bentuk pdf. Anda bisa mengupload langsung dokumen tersebut di aplikasi elektronik dan langsung bisa membubuhkan tanda tangan secara digital.

Tambahan Pihak Pengguna


Langkah ketiga adalah membubuhkan nama para pihak yang bertanggung jawab menandatangani dokumen tersebut. Caranya adalah dengan memasukkan pihak pengguna dalam kontak yang Anda miliki.

Nama para atasan yang bertanggung jawab harus ada dalam kontak android Anda. Jika belum ada maka Anda harus menyimpannya terlebih dahulu.

Anda harus mendapatkan nomor atasan atau nomor penting lainnya terlebih dahulu. Lalu, Anda mengetik di menu panggilan lalu menyimpannya secara manual.

Anda juga harus memberikan nama sehingga tidak tertukar dengan nomor lainnya. Setelah nomor yang diperlukan tersimpan dengan rapi dan teratur.

Anda bisa langsung menggunakannya dengan memasukkannya dalam menu aplikasi elektronik Meterai. Anda bisa menggunakan pengguna lebih dari satu orang.

Proses Dokumen


Langkah yang keempat adalah memproses dokumen secara online. Anda harus menentukan lokasi dokumen mau ditaruh dimana.

Anda bisa diletakkan dimana saja yang diinginkan. Masukkan pengguna yang berkepentingan di dalamnya.

Setelah segala proses sudah dilakukan maka Anda harus mengirimkannya kepada pihak atasan atau lainnya. Pengiriman bisa dilakukan dengan menekan menu done sehingga setelah dokumen terkirim proses selesai dilakukan.

Signing Order


Salah satu menu yang terdapat dalam elektronik Meterai adalah signing order. Dalam menu tersebut terdapat dua menu yang sangat penting yaitu paralel dan serial.

Menu serial adalah menu yang memastikan siapa saja boleh tanda tangan duluan. Sedangkan, menu paralel digunakan jika Anda memerlukan tanda tangan yang berurutan dari pihak tertentu.

Jadi, jika pihak pertama belum tanda tangan maka pihak lainnya tidak bisa tanda tangan. Jadi, pastikan siapa duluan yang harus menandatanganinya.

Audit Trail


Menu lainnya yang sangat penting adalah audit trail. Menu ini adalah pemberitahuan untuk melihat sejarah suatu dokumen elektronik. Dokumen tersebut akan terlihat dengan jelas status dokumen tersebut.

Requent Tanda Tangan dan Balance Top Up


Menu request tanda tangan berguna untuk meminta tanda tangan dari siapapun yang diperlukan. Jadi, pihak yang menandatangani tidak perlu membuat dokumen dari awal lagi.

Menu balance top up berguna untuk membeli paket Meterai yang dibutuhkan. Akan banyak paket Meterai yang ada dengan pembelian secara dompet digital

Segera Unduh dan Dapatkan Manfaatnya

Aplikasi tanda tangan dan Meterai yang terdapat dalam satu aplikasi yang sama sangat memudahkan banyak pihak. Tanda tangan dibutuhkan sebagai tanda persetujuan terhadap suatu dokumen secara resmi.

Meterai dalam suatu dokumen berfungsi sebagai tanda sah suatu dokumen secara hukum. Dokumen yang sudah ada Meterai tidak bisa diganggu gugat.

Dua hal tersebut sangat diperlukan dalam proses pengajuan suatu dokumen. Peluncuran aplikasi digital dalam bentuk tanda tangan dan Meterai memudahkan Anda memiliki persetujuan suatu dokumen dengan cepat.

Kalau Anda berada di tempat yang jauh sekalipun bisa meminta tanda tangan atasan secara langsung. Hal ini sangat menghemat waktu dan uang sehingga proses pengajuan sesuatu hal yang emmerluak dokumen menjadi cepat.

Aplikasi digital semakin memudahkan dalam segala hal bagi kehidupan masyarakat. eMet merupakan salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat dalam pengurusan dokumen digital. Download appsnya disini.