Bagaimana Sih Tips Menghilangkan Cegukan Pada Bayi?

Bagi para ibu muda atau yang baru saja dikaruniai seorang bayi mungkin sangat membutuhkan tips menghilangkan cegukan pada bayi.
Tips Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Bagi para ibu muda atau yang baru saja dikaruniai seorang bayi mungkin sangat membutuhkan tips menghilangkan cegukan pada bayi. Seringkali para ibu baru merasa khawatir apabila sang buah hati mengalami cegukan. Akan tetapi, sebenarnya hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Simak ulasan berikut ini ya.

Apa Saja Penyebab Cegukan Pada Bayi?


Sebelum menuju ke topic utama terkait tips menghilangkan cegukan pada bayi, akan lebih baik apabila mengetahui terlebih dahulu penyebab dari cegukan itu sendiri. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa cegukan pada bayi bukan menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan.

Bahkan, bisa saja dengan adanya hal tersebut, menunjukkan bahwa sang buah hati tumbuh secara normal. Mungkin Anda sudah sering menemui kondisi cegukan dimana posisi bayi tersebut belum menginjak usia satu tahun.

Umumnya, cegukan tersebut disebabkan karena bayi terlalu cepat pada saat makan. Bahkan terlalu banyak makanan yang diterima juga bisa loh menyebabkan bayi cegukan. Dengan kedua hal tersebut dapat menyebabkan adanya kontraksi diafragma. Selain itu juga memicu terjadinya penutupan pita suara pada bayi yang berlangsung secara cepat.

Di samping itu, terdapat penyebab lain yang bisa membuat bayi dibawah usia satu tahun mengalami cegukan. Penyebabnya yakni karena bayi terlalu banyak menelan udara yang berasal dari botol susu. Juga bisa disebabkan karena adanya perubahan suhu yang ada di dalam perut sang bayi.

Pada dasarnya, bayi mengalami cegukan bukan hanya pada saat baru lahir saja. Akan tetapi, sejak dalam kandungan pun bayi ini sudah bisa mengalami cegukan loh.

Tips Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Efektif Ketika Menyusui


Setelah mengetahui apa saja beberapa penyebab dari cegukan pada bayi. Lalu, selanjutnya Anda bisa mengetahui apa saja tips menghilangkan cegukan pada bayi. Beberapa tips di bawah ini lebih ditujukan ketika bayi mengalami cegukan saat diberi asi ataupun susu. Yuk simak tips berikut ini.

Mencoba Untuk Mengganti Rutinitas Ketika Menyusui


Salah satu penyebab dari cegukan yaitu karena bayi terlalu kenyang dalam mengonsumsi makanan. Oleh sebab itu untuk mencegahnya yakni dengan mencoba mengganti rutinitas melalui pengurangan takaran susu atau makanan yang diberikan.

Akan tetapi, pada dasarnya seorang bayi membutuhkan nutrisi yang terbilang cukup banyak. Untuk bisa melengkapinya meskipun memberikan takaran yang tidak sesuai pada biasanya. Anda bisa memberikan dengan jangka waktu yang lebih dekat dari biasanya.

Dengan mencoba untuk mengganti rutinitas tersebut, dapat membantu untuk mengurangi cegukan pada bayi. Di samping itu juga cara ini dapat pula meminimalisir tingkat risiko tertelannya udara yang menjadi penyebab lain bayi sering mengalami cegukan.

Segera Berhenti Ketika Bayi Mulai Cegukan


Tips menghilangkan cegukan pada bayi yang kedua yakni dengan menyegerakan berhenti apabila bayi mulai cegukan. Anda bisa membantunya untuk merubah posisi untuk sendawa. Membuat si kecil rileks dengan menepuk halus bagian punggung merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan.

Membuat bayi merasa tenang dapat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Apabila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda reda akan cegukan tersebut, Anda bisa melanjutkannya untuk menyusui si kecil.

Hal penting yang perlu diingat oleh sang ibu ketika si kecil cegukan yakni tidak perlu panik dan khawatir. Pasalnya, apabila sang ibu merasa panik, rasa tersebut akan membuat suasana menjadi tidak kondusif. Bahkan lebih buruknya lagi dapat membuat si kecil tidak merasa tenang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa cegukan pada bayi merupakan sebuah hal yang sangat wajar terjadi pada bayi. Dengan demikian, mengontrol emosi dan terus menepuk punggung secara halus dapat sedikit membantu bayi untuk reda dari cegukan.

Melakukan Usaha Agar Bayi Dapat Sendawa


Tips selanjutnya yakni dengan melakukan usaha agar bayi dapat sendawa. Dalam hal ini, Anda bisa sering-sering membantu bayi untuk sendawa. Misalnya saja setiap 30 hingga 60 ml susu yang diminum, Anda bisa langsung membantu untuk sendawa. Hal ini menjadi salah satu cara yang mudah untuk meminimalisir terjadinya cegukan pada bayi.

Kemungkinan, masih banyak ibu muda atau ibu baru yang belum mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membantu sang buah hati sendawa. Pasalnya, apabila melakukan cara yang salah dapat pula membuat bayi menjadi kembung.

Beberapa tips menghilangkan cegukan pada bayi dengan cara menyendawakannya yang bisa dilakukan yakni dengan menggendongnya. Selain itu juga bisa dilakukan dengan membuat posisi bayi tengkurap, memangku dengan posisi duduk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Bayi Cegukan


Indonesia, merupakan salah satu negara yang masih percaya akan mitos-mitos yang beredar. Keberadaan mitos tersebut biasanya bermula dari orang tua yang khawatir terhadap sang buah hati. Akan tetapi, keberadaan mitos ini, apabila ditinjau secara medis tidak selalu menunjukkan tanda-tanda yang realistis atau sesuai dengan ilmu medis.

Bahkan, beberapa mitos yang tengah beredar kebanyakan justru semakin membahayakan kondisi bayi apabila terus menerus dibiarkan. Salah satunya yakni dengan cara mengejutkan atau mungkin menakut-nakuti sang bayi.

Sangat perlu untuk diketahui bahwa hal ini bukan menjadi cara yang benar untuk mengatasi cegukan pada bayi. Justru menakut-nakuti atau mengejutkan bayi dapat membahayakan sang buah hati. Pasalnya, dengan perlakuan seperti ini secara tidak langsung dapat membuat kerusakan pada gendang telinga.

Hal tersebut dikarenakan adanya dentuman suara yang keras lebih buruknya lagi, dengan cara tersebut dapat menjadikan rasa trauma yang dialami sejak dini. Di samping itu, terdapat mitos lain apabila sang bayi cegukan dapat mengatasinya dengan menarik lidah.

Sebagian orang menganggap bahwa cara tersebut cukup efektif untuk mengatasinya. Bahkan, sebenarnya menarik lidah bayi merupakan hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, struktur tulang dan juga sendi bayi bisa dibilang masih belum terbentuk dengan sempurna.

Sehingga, tulang dan sendi yang dimiliki masih belum bisa untuk menahan tarikan yang cukup kuat. Perlu untuk diingat lagi nih, bahwa selalu pikirkan hal apa saja yang akan dilakukan kepada sang buah hati. Jangan sampai, hal yang dilakukan dapat membahayakan masa tumbuh kembang sang anak.

Lebih bijak dan berhati-hati ketika merawat sang buah hati ya ibu-ibu muda. Tentunya, setiap ibu tidak menginginkan hal buruk sekecil apapun terjadi kepada sang buah hati. Apabila keberadaan cegukan tersebut tidak mengganggu, maka Anda bisa membiarkan cegukan tersebut hilang dengan sendirinya. 

Nah itulah beberapa penjelasan terkait tips menghilangkan cegukan pada bayi. Dengan adanya informasi ini, diharapkan para ibu baru dapat lebih tenang dan tidak perlu khawatir lagi apabila sang buah hati cegukan. Dengan rasa yang tenang dan rileks juga dapat memberikan energi positif kepada sang buah hati.