Mengisi Waktu Luang dengan Bermain Bersama Solitaire.org

Solitaire.org merupakan website yang dapat Anda akses untuk mencoba sejumlah permainan yang menyenangkan.
Bermain Bersama Solitaire.org

Solitaire.org merupakan website yang dapat Anda akses untuk mencoba sejumlah permainan yang menyenangkan. Ada beberapa kategori, seperti bermain puzzle, menyusun kata, mahjong games, sampai hidden objek. Sebelum mencobanya secara langsung, Anda dapat mengenalnya terlebih dahulu melalui ulasan berikut.

Apa Itu Website Solitaire.org?


Game Solitaire menjadi salah satu permainan terpopuler di Indonesia yang merupakan game kartu klasik dan tenar pada tahun 90 sampai 2000-an. Permainan ini tidak hanya sekedar berguna untuk melatih otak, tetapi juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan mouse komputer.

Apakah benar-benar bisa? Website ini memang tercipta untuk membunuh rasa bosan Anda, serta meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan mouse saat melakukan klik, double klik, atau double click. Lantas, apa fungsinya dalam melatih kemampuan berpikir? Anda harus lebih berkonsentrasi dalam mengurutkan kartu.

Permainan solitaire sudah muncul di Eropa Utara sejak tahun 1700-an, di mana fungsinya adalah untuk melatih kesabaran. Namun, pada abad ke-19, permainan ini semakin populer di Perancis, sementara di Inggris, Pangeran Albert telah mencoba dan membuatnya semakin menyenangkan.

Meski begitu, permainan ini tidak sampai melintasi Atlantik hingga Amerika Serikat sampai tahun 1870, di mana julukannya mulai populer sebagai Solitaire. Karena semakin populer di masyarakat, Solitaire juga mendapat dukungan dari komputer desktop dan Microsoft Word sebagai sistem operasi terbuka yang menyediakan layanan permainan secara gratis pada tahun 1990.

Jika Anda ingin bermain di solitaire.org/solitaire-games/, prosesnya tidaklah sulit sebab dapat diakses melalui browser dan secara online. Ada beberapa jenis permainan yang Anda coba, sehingga tidak hanya permainan kartu saja yang harus dicoba secara terus-menerus.

Variasi Permainan Kartu di solitaire.org


Karena sangat terkenal akan permainan kartunya, website solitaire.org/solitaire-games/ juga menyediakan variasi yang lebih beragam. Berikut adalah beberapa versi yang paling populer dan sering dimainkan oleh masyarakat.

1. Klondike


Ini bukanlah jenis permainan yang sangat sulit untuk Anda pelajari karena tinggal menempatkan kartu di atas meja dan hadapkan ke atas untuk memulainya. Jangan lupa untuk menempatkan enam kartu lagi di sebelah kiri, kemudian tempatkan kartu yang tersisa sampai menghadap ke bawah dan membentuk kolom.

Terus tempatkan satu kartu terbuka dan menambahkan kartu tertutup kepada yang lain. Saat mengikuti instruksi dengan benar, Anda bisa memilikinya karena telah berhasil membentuk kolom terakhir dengan tujuh buah kartu.

Periksalah jumlah kartu yang Anda punya, apakah sudah berjumlah dua puluh empat kartu. Tempatkan semua kartu pada empat kartu AS yang berbeda, kemudian cobalah membuat urutan dari ACE ke raja. Jika sudah ditemukan, letakkan di samping dan tambahkan kartu yang berikutnya.

2. Freecell


Kebanyakan orang masih belum memahami cara memainkan kartu menggunakan teknik freecell. Intinya adalah Anda harus mengurutkan kartu dengan jenis yang sama, mulai dari AS, lalu dua, tiga, dan deck yang terdiri dari empat deck di bagian kanan.

Pada saat memulainya, Anda akan mendapatkan urutan kartu secara acak yang tersedia pada eight column. Tugasnya adalah membuat kartu-kartu tersebut menjadi berurutan dengan deck di sebelah kiri (freecell) sebagai alat bantunya.

Kartu yang terdapat pada freecell masih bisa digunakan pada bagian bawah eight column, sehingga tidak bisa dipindahkan saat memasuki home cell. Pada saat mengurutkan kartu, aturannya adalah harus berbeda warna dengan nomor dari besar menuju kecil.

3. Spider


Permainan kartu di solitaire.org yang satu ini pastinya sudah terasa sangat familiar saat Anda ketahui. Permainan akan dilangsungkan dengan dua dek kartu atau di luar variasi yang ada, sehingga sejumlah variasi umum menggunakan satu, dua, sampai tiga simbol dek.

Langkah pertama adalah kocok dua dek kartu terlebih dahulu. Jangan keluarkan kartu apapun, kecuali joker dan berpura-puralah bahwa semua kartu sama. Tarik sepuluh tumpuk kartu yang telah tertata secara horizontal dengan empat tumpukan pertama harus terdiri dari lima kartu, sedangkan tumpukan sisanya haruslah terdiri dari empat kartu.

Tarik kartu baru dalam keadaan terbuka, sehingga empat tumpukan pertama harus terdiri dari enam kartu dan lima tumpukan sisanya memiliki total lima kartu. Di bagian atas, kartu tetap ada dalam posisi terbuka.

Taruh sisa deknya di samping dalam keadaan masih tertutup. Tumpukan ini juga dijuluki sebagai stok untuk Anda tarik saat sudah tidak bisa lagi membuat gerakan kartu yang ada di meja. Buatlah urutan kartu dengan cara mengatur yang besar menuju kecil, lalu Anda bisa memindahkan kartu paling depan atau paling dekat dengan Anda.

Anda bisa membalik kartu yang tertutup saat sudah tidak lagi tertutup oleh kartu lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan kartu dari tumpukan stok saat Anda tidak bisa lagi bergerak. Singkirkan tumpukan dari permainan saat sudah berhasil membuat tumpukan King hingga AS secara berurutan.

4. Piramida


Aturan dasar dari permainan piramida adalah Anda akan menang jika berhasil menghapus semua kartu. Kartu akan dilepaskan berpasangan, sehingga yang ditambahkan sampai 13 untuk berurusan dari cakar kapanpun.

Pasangan yang memungkinkan untuk dibuat adalah raja, enam tujuh, lima delapan, empat sembilan, tiga sepuluh, dia jack, hingga ace queen. Raja menjadi persoalan khusus yang dapat Anda hapuskan sendiri.

5. Tripeaks


Permainan kartu kesabaran yang mirip dengan Black Hole maupun solitaire golf dengan satu dek, hingga menghapus tiga puncak. Bentuknya menyerupai tiga piramida dengan masing-masing kartu yang tertutup di atasnya.

Manfaat Bermain Kartu di Solitaire.org


Dengan mengunjungi langsung situs solitaire.org/solitaire-games/, Anda dapat mencoba segala macam variasi permainan kartu yang menyenangkan. Adapun beberapa manfaat yang Anda peroleh adalah sebagai berikut.

1. Belajar Disiplin dan Dapat Mengikuti Aturan


Pemain dapat mengikuti aturan dan cara bermain yang berlaku pada website solitaire.org. Dengan begitu, Anda juga bisa mematuhi aturan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak lagi terlambat masuk kelas setelah jam istirahat atau selalu mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi guru.

2. Belajar Menganalisis dan Mengatur Strategi


Jika sudah memahami cara bermain, Anda juga bisa menganalisis jalannya permainan dan membaca langkah-langkah yang dilakukan setiap pemain. Di kehidupan sehari-hari, Anda harus membuat strategi guna mendapatkan nilai yang bagus saat mengikuti ulangan.

3. Belajar Bersikap Sportif


Dalam sebuah permainan, pasti ada waktunya Anda akan kalah atau menang. Dari permainan kartu, Anda bisa mencoba lagi saat kalah dan tidak perlu bersedih hati secara terus-menerus. Anda bisa mengajak teman untuk memperbaiki cara bermainnya dan melakukannya bersama untuk pengalaman yang lebih menyenangkan. 

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan permainan kartu di solitaire.org. Dengan jenis yang bervariasi, Anda dapat mencoba hal baru dan meningkatkan skill sesuai kemampuan.