Ketahui Jenis-jenis Obligasi dan Keuntungannya

obligasi yakni surat utang yang dikeluarkan korporasi atau pemerintah. Produk investasi satu ini masih terbagi beberapa jenis, jika Anda tertarik pada
jenis Obligasi dan Keuntungannya

Kian kemari masyarakat kian sadar pentingnya perencanaan finansial untuk masa depan yang lebih baik. Selain dengan tabungan, masyarakat modern kian sadar pentingnya investasi demi kestabilan finansial di masa akan datang.

Beragam jenis produk investasi jadi kian populer, salah satunya obligasi yakni surat utang yang dikeluarkan korporasi atau pemerintah. Produk investasi satu ini masih terbagi beberapa jenis, jika Anda tertarik pada produk investasi ini ketahui jenis-jenis obligasi berikut:

Obligasi Berdasarkan Kupon


Berdasarkan kupon yang diberikan, obligasi terbagi menjadi tiga jenis berikut:

Obligasi tanpa kupon


Obligasi tanpa kupon atau Zero coupon bonds, yaitu obligasi yang tidak memberi kupon berkala untuk pemegang investasi. Pihak penerbit hanya akan membayar bunga bersama pokok keuntungan secara penuh ketika waktu jatuh tempo.

Obligasi kupon tetap


Selanjutnya ada obligasi kupon tetap atau fixed coupon bonds yakni obligasi dengan pembagian bunga sesuai periode bunga. Namun yang membedakan nilai bunga memiliki angka tetap yang disepakati sejak awal penerbitan.

Obligasi kupon variabel


Terakhir ada obligasi kupon variabel atau variable coupon bonds yang memiliki skema pembagian sama dengan kupon tetap. Hanya saja bunga yang ditetapkan bisa berubah sewaktu-waktu denhan persetujuan di waktu tertentu .mengacu pada suku bunga perbankan.

Obligasi Berdasarkan Penerbit


Selanjutnya berdasarkan penerbitnya, Obligasi dibagi menjadi tiga jenis berikut:

Corporate bond


Dapat dengan jelas diketahui, obligasi korporasi adalah obligasi yang diterbitkan perusahaan, biasanya dalam bentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta. Biasanya untuk menambah modal pengembangan perusahaan.

Government bond


Jika obligasi diterbitkan oleh pemerintah maka disebut obligasi pemerintah. Jenis obligasi ini dinilai paling aman karena dilindungi undang-undang yang menjamin pengembalian dana saat jatuh tempo. Biasanya pemerintah mengeluarkan surat utang untuk defisit APBN atau untuk proyek pengembangan dan sebagainya.

Obligasi ritel


Terakhir ada obligasi ritel yang juga diterbitkan pemerintah dan dijual melalui agen penjual yang ditunjuk Obligasi jenis ini diterbitkan dan dijual oleh yang ditunjuk langsung.

Beragam Keuntungan Obligasi


Semua produk investasi menawarkan keuntungan, lantas apa apakah Obligasi memiliki banyak keuntungan? Berikut keuntungan obligasi yang perlu Anda ketahui:

Keuntungan dari Kupon


Pertama ada keuntungan yang diperoleh sesuai bunga kupon setiap periode tertentu, kecuali obligasi zero coupon bond yang memang tidak memberikan kupon bunga.

Keuntungan capital gain


Keuntungan obligasi berikutnya diperoleh dari selisih harga obligasi setelah diperdagangkan. Biasanya dihitung dalam persentase yakni harga awal obligasi sebagai 100%. Selanjutnya ketika dijual mengalami perubahan 110% maka terjadi kenaikan capital gain 10%.

Keuntungan Surat Utang Negara


Khususnya obligasi pemerintah, keuntungan didapat terjamin dalam UU Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Dalam UU tersebut dijamin utang akan dibayar kembali serta dirambah return kupon. Sehingga untuk obligasi terbitan pemerintah dijamin aman.

Produk Investasi Obligasi ada di digibank by DBS


Tertarik membeli produk investasi obligasi? Surat utang obligasi yang aman bisa didapatkan di digibank by DBS dari bank DBS. Surat utang obligasi pemerintah yang dijamin dana kembali 100% saat jatuh tempo juga tersedia di bank DBS Indonesia.

Tentunya digibank menawarkan keuntungan menarik dibandingkan agen obligasi lainnya. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pembelian produk obligasi di digibank by DBS:

  • Kupon 4,95% p.a
  • Nominal pembelian mulai dari Rp 1 juta
  • Keuntungan bunga bisa dicairkan setiap bulan
  • Mulai 15 Desember 2021 nanti sudah bisa diperjualbelikan
  • Memiliki potensi keuntungan saat dijual serta tergolong investasi berisiko rendah

Keuntungan tersebut di atas bisa didapat hanya di digibank by DBS. Selain itu yang tidak didapat dari tempat lain adalah kemudahan setiap transaksi. Mulai dari pembelian yang bisa dilakukan cukup dengan aplikasi pada telepon pintar.

Bagi nasabah digibank by DBS, pembelian obligasi dan beragam transaksi keuangan lainnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Berikut cara pembelian surat utang obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Pastikan telah mengunduh aplikasi dan melakukan aktivasi
  • Login ke Aplikasi digibank by DBS,
  • Cari menu “Obligasi” dan klik, lalu cek ketersediaan produk.
  • Jika produk tersedia, akan muncul pertanyaan yang perlu dijawab. Pertanyaan seputar profil risiko dan membuat nomor SID yang perlu beberapa waktu.
  • Nomor SID kan dikirim ke email terdaftar, maka cek email Anda.
  • Registrasi SID berhasil, masuk lagi ke Aplikasi digibank untuk melihat pilihan produk. Pendaftaran sudah selesai.

Bagaimana? Lebih praktis tentunya. Layanan online dengan Aplikasi digibank by DBS lebih praktis, mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Pembelian dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama 24 jam. Segera buka tabungan lalu dapatkan beragam kenyamanan transaksi.