Jangan Anggap Sepele! Masalah Ini Bisa Terjadi Jika Karburator Mobil Rusak

Karburator sendiri digunakan sebagai alat untuk mencampurkan bahan bakar dan udara. Nah, kenapa harus sering dicek dan dijaga secara rutin?
komponen karburator mobil

Kebanyakan pemilik mobil mungkin masih belum mengetahui satu per satu komponen mobil yang mereka miliki. Padahal, ketika anda mengendarai sebuah kendaraan yang dinyalakan menggunakan mesin anda setidaknya harus tahu cara merawatnya, kan? Jika anda bahkan tidak tahu komponen apa saja yang penting bagi sebuah mobil. Bagaimana nantinya jika mobil tersebut mengalami kerusakan? Misalnya saja timbul beberapa masalah yang terjadi akibat karburator mobil rusak berikut ini.

Sebelum kita membahas apa saja masalahnya, anda juga harus tahu apa itu karburator mobil. Setidaknya kenali secara umum salah satu bagian dari mobil ini. Karburator termasuk salah satu bagian yang penting bagi sebuah mobil. Apalagi, ada banyak komponen karburator mobil yang akan terlibat untuk membuat fungsi mesin mobil berjalan dengan baik. Karburator sendiri digunakan sebagai alat untuk mencampurkan bahan bakar dan udara. Nah, kenapa harus sering dicek dan dijaga secara rutin? Karena, akan menyebabkan beberapa masalah jika terjadi malfungsi, seperti:

Stasioner Tidak Stabil


Jika adan merasakan kondisi ini pada mobil anda, maka anda harus memeriksa sistem karburatornya. Sebab, kerusakan karburator bisa mempengaruhi sistem stasioner mobil. Anda harus melihat juga bagaimana selang vakum apakah mengalami kerusakan seperti retak atau patah. Lihat juga apakah bagian pilot jet mengalami sumbatan atau dalam kondisi kotor? Anda harus membersihkannya terlebih dahulu.

Karburator Kebanjiran


Permasalahan kedua ini pasti sangat umum dirasakan oleh pengguna kendaraan bermotor. Saking seringnya, anda jangan lupa untuk mengecek keadaan jarum pelampung terlebih dahulu. Periksakan apakah ada kesalahan? Apakah kondisinya sudah rusak atau aus? Dan tidak hanya itu, anda juga harus memeriksa bagian pegas di jarum pelampung tersebut. Pastikan tidak ada kerusakan. Yang sering terjadi adalah pegas jarum pelampung sudah patah. Sebelum mengecek apakah pelampung sudah bekerja dengan baik. Maka, anda juga harus mengecek bagian needle valve. Jika ada kotoran yang menyumbat bagian tersebut maka anda harus segera membersihkannya.

Mesin Mobil Tidak Bisa Menyala


Bahkan, permasalahan serius seperti anda tidak bisa menyalakan mesin mobil juga kemungkinan akibat karburator. Biasanya, hal ini akan terjadi ketika busi mobil mengalami kebanjiran. Permasalahan tersebut dipicu oleh choke yang sudah terbuka sangat lebar. Karena ini akan mengakibatkan sedikitnya udara yang terhisap oleh karburator tersebut. Jika hal ini yang anda alami, maka bagian choke tersebut harus diatur ulang. Masalah lainnya bisa terjadi akibat penyumbatan pada bagian jet spooyer. Dan, tidak hanya itu. Penyumbatan ini juga diikuti dengan penuhnya udara yang terjebak di bagian lubang silinder.

Asap Hitam


Pernahkah anda melihat mobil yang tiba-tiba mengeluarkan banyak asap hitam? Nah, hal ini juga bisa terjadi akibat adanya masalah pada sistem karburator di mobil. Biasanya, kondisi karbu dalam keadaan sangat basah. Hingga, lubang venturi akan dipenuhi lebih banyak bahan bakar melebihi jumlah normal. Masalah ini bisa anda atasi dengan memperbanyak jumlah udara pada lubang venturi tersebut. Caranya dengan memutar sekrup ke arah luar.

Lemahnya Putaran Mesin Mobil


Masalah ini akan anda rasakan ketika anda sudah menarik ¼ tuas gas namun RPM mobil juga tidak mengalami kenaikan. Ini juga akan menyebabkan mobil sulit dinyalakan. Kondisi tersebut menyebabkan sedikitnya bahan bakar pada bagian lubang venturi mobil. Anda harus kembali menyeimbangkan tekanan bahan bakar dan masuknya udara. Caranya tidak terlalu sulit, putar dan kencangkan sekrup di lokasi tersebut.

Bagaimana? Anda sekarang bisa memahami betapa pentingnya karburator dan sadar harus merawatnya secara rutin, bukan? Demikianlah pembahasan mengenai masalah yang mungkin muncul ketika karburator mobil rusak.