5 Cara Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Menguntungkan

Instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan adalah investasi reksadana pasar uang Investasi ini cocok untuk pemula sebab reksadana tidak membutuhkan
Investasi Reksa Dana

Sebagian orang telah memiliki kesadaran akan pentingnya investasi, namun pengetahuan tentang instrumen investasi masih terbatas. Banyaknya instrumen investasi tanpa disertai informasi yang memadai tentu saja membuat bingung.

Instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan adalah investasi reksadana pasar uang Investasi ini cocok untuk pemula sebab reksadana tidak membutuhkan banyak modal serta minim risiko. Namun meskipun tidak memiliki banyak risiko, perlu memahami setidaknya tentang apa itu reksadana dan cara kerjanya.

Reksadana dapat diartikan wadah yang berfungsi mengumpulkan uang dari para investor untuk diinvestasikan ke dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. Investasi reksadana memiliki jaminan keamanan dengan sudah tersedia oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah memahami pengertian reksadana, jika tertarik mencoba investasi ini ada baiknya mengetahui cara berinvestasi. Berikut beberapa cara investasi reksadana yang mudah dan menguntungkan sebagai berikut:
Memilih Jenis Reksadana

Reksadana memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari pengelolaan dananya. Karenanya penting untuk memilih jenis platform yang paling cocok untuk Anda. Jenis reksadana tersebut yakni Reksadana Saham, Reksadana Campuran, Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Pasar Uang.

Untuk lebih memahami secara sederhana dapat dijelaskan Reksadana saham yakni 80% dana dikelola dalam bentuk saham. Reksadana campuran dana dikelola pada dua efek bursa secara bersamaan. Reksadana pendapatan tetap yakni 80% dana dikelola dalam bursa efek dengan sifat hutang. Terakhir Reksadana pasar uang sebab 80% dana dikelola dalam pasar efek uang dalam bentuk hutang.

Menentukan Tujuan Investasi


Selanjutnya dalam berinvestasi penting untuk menentukan tujuan dari investasi. Dengan memiliki tujuan dalam berinvestasi, dapat lebih mudah menentukan strategi berupa jangka waktu investasi atau kapan waktu akan menjual serta profil risiko yang ada.

Tujuan investasi juga dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih produk atau jenis reksadana serta jangka waktunya. Misalkan dana investasi ditujukan untuk biaya pendidikan yang masih dibutuhkan lima tahun lagi, Anda bisa melihat jenis reksadana mana yang menguntungkan sebagai investasi jangka waktu tersebut.

Memahami Risiko Profil


Memastikan keuntungan investasi juga perlu dengan memahami profil risiko yang ada pada produk investasi. Sebab setiap produk investasi memiliki risiko berbeda, namun demikian biasanya risiko kerugian berbanding dengan besar keuntungan yang didapat.

Sebagai pertimbangan, penting untuk mengetahui profil risiko diri sendiri sebagai calon investor. Profil risiko ini sama dengan toleransi risiko untuk menerima kehilangan dalam investasi. Meski dalam investasi reksadana risiko kerugian cenderung kecil, profil risiko ini tetap perlu dipertimbangkan.

Tentukan Jangka Waktu Investasi


Cara investasi reksadana berikutnya adalah menentukan jangka waktu untuk berinvestasi. Selain terdapat beberapa jenis reksadana, jangka waktu investasi ini juga dapat ditentukan berbeda-beda. Jangka waktu bisa kurang dari setahun, 1- 3 tahun, 3- 5 tahun dan lebih dari 5 tahun.

Untuk lebih memudahkan, jika waktu investasi yang Anda tentukan kurang dari setahun, bisa memilih reksadana pasar uang. Reksadana pendapatan tetap bisa dipilih untuk jangka waktu 1- 3 tahun, sedangkan reksadana campuran untuk jangka waktu 3- 5 tahun. Untuk reksadana saham sangat cocok untuk investasi jangka panjang untuk memperoleh keuntungan lebih besar.

Lakukan Pemantauan


Setelah menentukan pilihan jenis reksadana, tujuan, waktu dan memahami risiko, Anda dapat memutuskan melakukan investasi. Selama dana masuk sebagai investasi dalam bentuk reksadana, Anda perlu melakukan pemantauan dana atau monitoring. Pemantauan untuk melihat perkembangan atau kinerja manajer investasi dalam mengelola dana secara akurat dan efektif.

Melakukan pemantauan dapat mengetahui besaran nilai investasi, besaran potensi kerugian sehingga keuntungan reksadana yang Anda miliki. Hal ini perlu dilakukan juga agar manajer investasi dapat bekerja lebih baik untuk memastikan keuntungan.

Reksadana Makin Mudah dan Menguntungkan di DBS


Bank DBS Indonesia hadirkan investasi reksadana digibank by DBS yang aman dan menguntungkan. Berikut di antara keuntungan investasi reksadana di aplikasi digibank by DBS:

Ada 3 pilihan kategori Reksadana


Untungnya investasi reksadana di digibank by DBS adalah jaminan keamanan investasi Anda. digibank by DBS memiliki tiga kategori yang memastikan keamanan investasi yakni kinerja terbaik yang diberikan, menjadi produk investasi yang populer dan memastikan scoring terbaik dilihat dari scoring produk yang diterbitkan oleh PT Infovesta Utama.

Pembelian berkala yang flexible


Produk reksadana digibank by DBS ditunjang dengan fleksibilitas dan kemudahan transaksi yakni dengan adanya fitur pembelian berkala. Dengan fitur tersebut, investor hanya perlu mendaftar sekali untuk mendapat SID dengan nomor ID, selanjutnya tidak perlu mendaftar lagi untuk melakukan pembelian. Investor juga dapat mengatur pembelian reksadana berkala setiap bulan otomatis, agar dilakukan pendebetan secara otomatis.

Hanya start dari 100,000 rupiah saja


Jangan berpikir investasi hanya dapat dilakukan dengan jumlah besar, investasi melalui Aplikasi digibank by DBS bisa dengan uang Rp 100 ribu. Jumlah yang terjangkau bahkan untuk investor pemula yang baru terjun ke dunia investasi. Dengan modal yang terjangkau, para investor jadi tidak perlu khawatir akan kerugiannya.

Pilihan lebih dari 50 produk reksadana


Investasi reksadana digibaank by DBS terdapat 50 pilihan produk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan informasi lengkap tentang setiap produk sebagai bahan pertimbangan dalam memilih.

Mulai dari daftar SID, jual, beli dan switch semua di dalam 1 aplikasi


Kemudahan investasi makin terasa beragam transaksi dapat dilakukan dengan Aplikasi digibank by DBS. Semua transaksi mulai pendaftaran SID, jual, beli, dan switch investasi dilakukan secara online dalam satu aplikasi. Itulah untuk investasi reksadana menguntungkan di digibank reksadana. Semua kemudahan transaksi investasi reksadana online ada dalam aplikasi digibank by DBS.