Ingin Investasi Reksadana? Ketahui Keuntungan Reksadana Beserta Kerugiannya

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Pasalnya, instrumen ini sangat minim resiko dan cocok untuk investor yang
investasi reksadana

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Pasalnya, instrumen ini sangat minim resiko dan cocok untuk investor yang masih awam atau pemula.

Akan tetapi, dalam melakukan investasi jenis ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu kamu pelajari dan perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih jenis investasi apa yang sesuai dengan kondisimu saat ini.

Seperti yang yang sudah disinggung di atas, memulai investasi memang mudah. Namun, ada beberapa aspek yang harus kamu ketahui agar nantinya tidak salah dalam mengambil pilihan instrumen investasi. Adapun hal utama yang perlu kamu ketahui adalah keuntungan dan juga kerugian dari investasi reksadana.

Keuntungan Investasi Reksadana


Secara umum, ada tiga keuntungan reksadana yang akan kamu dapatkan dengan memilih instrumen investasi yang satu ini. Adapun keuntungannya sebagai berikut:

1. Mulai dengan Modal Kecil


Biasanya ketika mendengar istilah investasi, seseorang akan berpikir dua kali karena menganggap modal yang akan dikeluarkan cukup besar. Berbeda dengan investasi di reksadana yang bisa Anda lakukan dengan modal terkecil sekalipun. Bahkan, ada yang menawarkan investasi reksadana dengan modal awal Rp 10.000.

2. Dikelola oleh Manajer Investasi


Selain masalah permodalan, sebagian orang kurang paham atau kurang mahir dalam berinvestasi. Apalagi bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Saat berinvestasi di reksadana, keuntungan yang bisa digunakan adalah investasi tersebut digerakkan oleh manajer investasi yang memiliki tanggung jawab mulai dari menganalisis tren pasar hingga membantu penarikan.

Namun ingat, saat memilih manajer investasi, usahakan untuk memilih yang berpengalaman. Lihat portofolio dan izin yang dimiliki oleh Manajer Investasi.

3. Resiko yang Minim


Alasan lain sebagian orang memilih berinvestasi di reksadana adalah minimnya risiko. Mengapa? Dalam berinvestasi di reksadana, risikonya terdiversifikasi atau tersebar di banyak instrumen. Dengan demikian, jika salah satu instrumen tersebut turun, masih ada harapan instrumen lain akan stabil atau bahkan tumbuh.

Kerugian Reksadana


Selain keuntungan reksadana, nyatanya, instrumen investasi ini juga mempunyai kerugian. Adapun kerugiannya sebagai berikut:

1. Pencairan yang Lebih Lama


Beberapa investasi bisa diluncurkan dalam waktu singkat, misalnya saat berinvestasi emas. Namun, ketika berinvestasi di reksadana, Anda harus bersabar terlebih dahulu karena pembayarannya dalam beberapa hari. Setidaknya, itu akan memakan waktu sekitar 3-4 hari kerja. Dihitung bahwa permintaan investor hanya dapat diterima sampai dana telah dibayarkan ke rekening yang ditarik.

2. Resiko Wanprestasi


Selain itu, ada juga resiko wanprestasi. Dimana keuntungan reksadana yang kamu dapatkan tidak bisa dicairkan karena manajer investasi gagal menyiapkan dana penjualan reksadana. Hal ini tidak lain disebabkan oleh penerbit surat berharga yang tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Keunggulan Reksadana dari digibank by DBS


setelah kamu mengetahui keuntungan reksadana beserta dengan kegunaannya dan tertarik untuk memilih instrumen ini. sangat direkomendasikan untuk memilih program reksadana dari digibank by DBS. Sebab ada berbagai keunggulan yang ditawarkan DBS Indonesia untuk para nasabahnya. Adapun keunggulannya sebagai berikut:

1. Terdapat 3 Pilihan Kategori Reksadana


digibank by DBS menawarkan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Hal ini karena kamu bisa memilih jenis investasi reksadana mana yang ingin kamu gunakan. Saat kamu ingin menentukan pilihan, kamu bisa melihat daftar reksadana yang diurutkan berdasarkan scoring terbaik, kinerja terbaik hingga jumlah pembelian terbanyak/populer.

2. Beli Saham Secara Berkala Lebih Fleksibel


Jika kamu baru melakukan pembelian reksadana, kamu harus mempunyai Single Investor Identification (SID) untuk melakukan registrasi. SID ini sangat penting sebab berguna sebagai syarat saat berinvestasi Surat Berharga Negara. Setelah kamu mempunyai SID, kamu bisa melakukan pembelian berkala melalui Aplikasi digibank by DBS dengan sangat mudah.

3. Investasi Mulai dari Rp. 100 Ribu


Jika kamu ingin memulai investasi reksadana namun masih ragu, kamu bisa memulai investasi dengan nominal yang paling rendah. Untungnya DBS Indonesia menawarkan program reksadana mulai dari Rp. 100 ribu.

4. Terdapat lebih dari 50 produk reksadana yang bisa dipilih


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada yang namanya Aplikasi yang akan mempermudah semua transaksi yang ingin kamu lakukan. Hanya dengan perangkat lunak tersebut, kamu bisa melakukan investasi dimana saja dan kapan saja.

Apalagi Anda juga bisa memilih lebih dari 50 produk reksadana. Pilihlah produk reksadana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Digibank by DBS dapat membantu memberikan informasi terkait reksadana yang memiliki kinerja serta scoring yang baik.

5. Investasi Reksadana hanya dengan satu aplikasi bisa beli, jual, dan switch investasi dilakukan dengan satu aplikasi


Salah satu keunggulan yang ditawarkan digibank by DBS adalah adanya layanan digital banking. Ya, digital banking merupakan sebuah layanan perbankan secara elektronik (online) yang dibuat guna memaksimalkan pelayanan kepada nasabahnya. Sehingga layanan yang diberikan bisa lebih cepat, mudah yang sesuai dengan kebutuhan nasabah itu sendiri.

Layanan digital banking tersebut bisa kamu dapatkan melalui Aplikasi digibank by DBS yang akan mempermudah proses pendaftaran, pembelian, penjualan hingga switch investasi tanpa harus keluar rumah. Selain itu, ada juga pop up notifikasi yang memberikan informasi jika tingkat resiko produk lebih tinggi dari profil risiko yang kamu miliki.

Itu dia keuntungan reksadana serta kerugiannya yang perlu kamu ketahui sebelum mulai berinvestasi. Selain itu ada juga program reksadana dari digital banking digibank by DBS yang akan membuat semua proses investasi menjadi lebih mudah. Nah, untuk informasi lebih lanjut ikuti akun instagram @digibankid atau unduh Aplikasi digibank by DBS jika kamu sudah menjadi nasabahnya.