Ternyata, Ini Cara Mencuci Dry clean yang Benar dan Keuntungannya

Ini cara mencuci dry clean yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pada dasarnya, melakukan pencucian ini bisa dilakukan sendiri dengan cara yang ter
Ini Cara Mencuci Dry clean yang Benar

Ini cara mencuci dry clean yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pada dasarnya, melakukan pencucian ini bisa dilakukan sendiri dengan cara yang tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Melakukan pencucian dry clean, mempunyai banyak keunggulan yang tentunya harus Anda ketahui. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini hingga akhir ya.

Apa Itu Mencuci Dry Clean?


Ternyata, ini cara mencuci dry clean yang benar. Pertama, pastinya masih banyak diantara masyarakat lain yang tidak mengetahui lebih jelas apa itu dry clean. Pengertian dari dry clean sendiri yaitu sebuah proses pencucian pakaian tanpa menggunakan tambahan air. Akan tetapi dalam proses pencucian tersebut hanya menggunakan cairan kimia tertentu.

Pada dasarnya, teknik pencucian ini sama saja dengan pencucian yang biasa dilakukan. Salah satu hal yang membedakan yaitu ada pada cairan yang digunakan. Jika di dalam teknik mencuci biasa menggunakan tambahan air dan deterjen, namun pada teknik ini hanya menggunakan pelarut cair khusus yang mengandung bahan kimia.

Biasanya jenis pelarut yang digunakan yaitu pelarut minyak bumi atau yang bisa dikenal dengan istilah Perchloroethylene. Pelarut jenis ini hanya mengandung sedikit air, bahkan pelarut ini hampir tidak mengandung air sama sekali.

Oleh sebab itu, penamaan teknik pencucian ini disebut dengan istilah dry clean. Teknik mencuci ini, khusus digunakan untuk jenis pakaian yang tidak tahan akan kerasnya mesin cuci yang kerap kali merusak kualitas dari pakaian.

Terlebih lagi kandungan molekul air yang bisa mengganggu daya tarik lemah yang ada di dalam serat. Hal ini pastinya akan menghilangkan bentuk asli dari serat pakaian tersebut. Dengan demikian, menggunakan teknik yang tepat. Ini cara mencuci dry clean yang efektif dan bisa lebih menjaga kualitas dari pakaian.

Tips Mencuci Dry Clean


Sebelum membawa pakaian Anda ke jasa professional dry clean atau melakukan pencucian ini sendiri dirumah. Tentunya hal ini tidak boleh dilakukan oleh semabarng pakaian. Terdapat beberapa karakteristik tertentu yang bisa dilakukan pencucian dengan menggunakan teknik ini. Berikut ini akan ditunjukkan beberapa tips sebelum mencuci dry clean.

Memperhatikan Bahan Dasar Pakaian


Jenis bahan yang tepat untuk dicuci dengan menggunakan teknik dry clean yaitu jenis polyester, linen dan katun. Jenis-jenis kain tersebut umumnya mempunyai daya tarik kain yang sangat lemah. Sehingga jika dilakukan pencucian dengan menggunakan mesin cuci, pakaian tersebut akan mudah rusak.

Metode Pencucian


Biasanya di dalam label pakaian yang baru saja dibeli, terdapat beberapa perintah yang perlu diperhatikan. Misalnya dengan teknik pencucian, kekuatan pakaian terhadap panas dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika Anda memperhatikan dengan cermat akan label yang tertera di dalam label pakaian. Pastinya Anda akan lebih paham metode tepat yang harus untuk dipilih.

Kategori Pencucian


Selain memperhatikan metode atau teknik pencucian, Anda juga harus memperhatikan kategori pencucian. Misalnya dengan jenis pakaian yang terbuat dari bahan dasar kulit. Tentunya jika menggunakan teknik yang salah, pakaian tersebut akan jauh lebih cepat untuk rusak.

Nah dengan memilah-milah pakaian yang rentan rusak, Anda bisa menggunakan teknik pencucian ini dengan teknik dry clean. Sehingga, Anda bisa meminimalisir kerusakan dari pakaian tersebut.

Ini Cara Mencuci Dry clean yang Benar


Ini cara mencuci dry clean yang benar untuk pelaksanaan di rumah. Dengan mengetahui berbagai langkah yang harus dilakukan, setidaknya Anda bisa melakukan pencucian ini sendiri untuk keluarga. Umumnya, teknik pencucian ini bisa dilakukan dengan menggunakan tangan atau bahkan dengan menggunakan mesin cuci.

Ini cara mencuci dry clean dalam urutan dan tahapan. Tentunya terdapat langkah pertama yang harus dilakukan.

Langkah yang pertama yaitu dengan mempersiapkan beberapa jenis alat dan bahan yang akan digunakan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu cairan pengangkat noda, sikat lembut, pelembut pakaian, handuk kering dan wadah baskom

Menggunakan Tangan


Ini cara mencuci dry clean dengan tangan. Untuk teknik kali ini, Anda bisa menyiapkan air dingin di dalam wadah baskom yang telah disediakan sebelumnya. Lalu, Anda bisa mencampurkan larutan dry clean yang akan digunakan. Kemudian, rendam pakaian di dalam wadah baskom tersebut. Langkah selanjutnya yaitu dengan menggosok pada bagian bernoda dengan menggunakan ujung jari.

Perlu untuk memperhatikan teknik menggosok ini, sangat perlu untuk menghindari teknik penggosokan kain dengan terlalu kasar. Kemudian, Anda bisa meletakkan pakaian yang basah tersebut di atas hidung yang kering.

Lalu, dulung pakaian hingga tidak ada air yang menetes pada pakaian. Untuk langkah yang terakhir yaitu dengan menjemur pakaian di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Menggunakan Mesin Cuci


Dibandingkan dengan teknik menggunakan tangan, ini cara mencuci dry clean yang lebih ringan dilakukan. Pada teknik kali ini, perlu untuk diperhatikan bahwa jumlah pakaian yang dicuci hanya satu pakaian saja.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada pakaian. Untuk langkah yang pertama yaitu dengan mencampurkan larutan anti noda dengan menggunakan air dingin yang telah disediakan di dalam baskom. Kemudian, letakkan pakaian pada tempat yang bersih.

Langkah selanjutnya yaitu dengan menyikat pakaian dengan cara yang sangat lembut. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang ada pada pakaian. Lalu masukkan pakaian ke dalam mesin cuci dengan memilih program kecepatan yang paling rendah. Kemudian keringkan pakaian dengan menggantungnya dengan rapi.

Keuntungan Mencuci Dry Clean


Siapa sangka, banyak keuntungan bisa didapatkan dari usaha dry clean. Salah satunya yaitu bisa membuat pakaian menjadi lebih awet serta tidak mudah kusut. Jika dibandingkan dengan menggunakan teknik pencucian biasa, tentunya teknik ini akan jauh lebih cepat dan lebih praktis untuk dilakukan.

Terlebih lagi untuk hasil yang diberikan, pakaian bisa jauh lebih bersih ketimbang dengan melakukan pencucian dengan menggunakan teknik biasa. Selain itu, bahan pelarut yang digunakan umumnya masih bisa digunakan kembali. Anda bisa melakukan penyulingan untuk menghasilkan pelarut yang murni. dengan melakukan proses pencucian dengan teknik dry clean pastinya sudah terbukti sangat efektif.

Sehingga, Anda bisa menerapkan teknik pencucian ini untuk lebih menjaga kualitas pada pakaian menjadi lebih kuat dan tahan lama. Pastinya, Anda sangat menginginkan jika pakaian yang dimiliki mempunyai daya awet yang tinggi bukan? Nah dengan menggunakan teknik ini, pakaian yang dimiliki pasti bisa lebih terjaga akan kualitas dan daya penggunaan yang lebih lama.

Demikian penjelasan tentang cara mencuci dengan metode dry clean. Jadi, jika Anda mendapat instruksi tentang ini cara mencuci dry clean yang baik dan benar, maka tentunya bisa langsung dipraktekkan sendiri di rumah. Setelah mengetahui tips, langkah, serta keuntungan yang diperoleh. Pastinya Anda sudah lagi tidak memerlukan layanan jasa profesional untuk melakukan pencucian ini. Selain lebih hemat tentunya akan jauh lebih bersih hasil yang diberikan.