Pelatihan Perusahaan Lebih Fleksibel dengan LMS Ruangkerja

LMS Ruangkerja merupakan aplikasi untuk memfasilitasi pelatihan perusahaan maupun lembaga yang dikembangkan perusahaan teknologi Ruangguru.
lms ruangkerja

Learning Management System, LMS Ruangkerja merupakan aplikasi untuk memfasilitasi pelatihan perusahaan maupun lembaga yang dikembangkan perusahaan teknologi Ruangguru. Melalui mobile learning yang ditawarkan aplikasi ini, maka pelatihan sumber daya manusia menjadi lebih terjangkau, cepat dan terukur.

Sekilas Mengenai Ruangkerja


Berkaitan dengan sebelumnya, pengembang LMS Ruangkerja adalah Ruangguru, yang menjadi perusahaan teknologi terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara. Fokus Ruangguru adalah layanan pendidikan, yang penggunanya lebih dari 15 juta dari 100 bidang pelajaran.

Dengan memanfaatkan sistem micro learning dalam materi pembelajaran, maka perusahaan dapat menciptakan pelatihan yang efektif dan efisien. Sistem tersebut dipadukan dengan video menarik, infografis, serta kuis, sehingga penggunaan aplikasi ini menjadi cara baru pelatihan perusahaan.

Aplikasi ini dilengkapi tampilan user-friendly, serta berbagai fitur yang memudahkan tim manajemen ketika menyelenggarakan pelatihan karyawan. Pelatihan berbasis digital dari LMS Ruangkerja lebih mudah diakses oleh karyawan, baik dari perangkat komputer, mobile, maupun laptop.

Pelatihan digital bisa diikuti kapan dan dimana saja, sehingga lebih efektif dan efisien. Jadi pandemi Covid-19 bukan halangan untuk mengadakan pelatihan SDM, karena pelatihan digital bisa menjadi solusi.

Ketika peserta sudah mengikuti seluruh kelas maka dapat mengunduh sertifikat yang tampilannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain lebih praktis, perusahaan juga dapat menghemat budget pelatihan karyawan dengan memanfaatkan aplikasi pelatihan SDM ini.

Aplikasi yang dikembangkan Ruangguru ini telah memperoleh rating app 4.9 berdasarkan kepuasan penggunanya. Sementara, engagement rate penggunaan social learning sebesar 94,8%, keduanya menunjukkan tingkat kepuasan tinggi pengguna mengenai metode maupun pelaksanaan kegiatan.

Fitur Aplikasi Pelatihan Perusahaan Berbasis Digital


Selain menawarkan pelatihan berbasis digital, LMS Ruangkerja memiliki berbagai fitur dengan kegunaan masing-masing, sebagai berikut.

1. Content Management System


Fitur ini menjadikan perusahaan lebih leluasa dalam mengelola materi pelatihan, baik dalam bentuk video belajar, bank soal dan lainnya. Melalui fitur CMS, Anda bisa membuat kelas pelatihan dengan cepat serta menyusun kelas untuk karyawan secara sistematis dan runtut.

2. Learning Journey


Learning journey menjadikan materi pembelajaran dapat tersusun dengan sistematis dan terstruktur. Seluruh informasi mengenai penugasan pelatihan dan lainnya akan terkirim ke email maupun push notification, sehingga Anda selalu up-to-date informasi.

3. Forum Diskusi


Forum diskusi akan memfasilitasi Anda untuk berkolaborasi dengan peserta lain atau bertanya dengan para ahli seputar materi. Dengan ini, peserta dapat memahami materi yang dipelajari secara maksimal.

4. Monitoring Dashboard


Dashboard dalam LMS Ruangkerja menunjukkan data terbaru mengenai pelatihan serta nilai yang diperoleh peserta. Monitoring dashboard juga membantu management team dalam pengambilan keputusan.

5. Role-based Control


Fitur ini yang mengatur hak akses setiap karyawan sesuai dengan jabatannya, jadi tidak semua data bisa diakses peserta. Jadi, suatu data maupun materi hanya bisa diakses berdasarkan jabatan yang diduduki.

6. Grouping


Grouping membagi peserta pada beberapa kelompok yang disesuaikan dengan posisinya di perusahaan. Enrollment peserta secara massal bisa diterapkan dengan memanfaatkan fitur ini, jadi grouping menjadikan pelatihan berjalan efisien dan profesional.

7. Reward Points


Fitur ini dapat memancing antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan, karena setiap peserta yang menyelesaikan tugas akan mendapatkan poin. Leaderboard juga dapat memicu peserta menyelesaikan materi dan berlomba menjadi yang terbaik.

Mengapa Ruangkerja Menjadi Solusi Peningkatan Kualitas SDM?


Berbagai aktivitas digital untuk mendukung pekerjaan mulai dilaksanakan sejak pandemi Covid-19 datang. Setiap pihak seperti perusahaan BUMN juga menyesuaikan diri dengan aktivitas yang sebelumnya dilaksanakan offline menjadi online.

Di tengah guncangan pandemi, pelatihan karyawan tetap harus dilakukan, agar SDM semakin kuat dan mampu bersaing pada era digital. Kondisi pandemi menjadikan pelatihan offline cenderung berisiko, karena itu LMS Ruangkerja hadir untuk memfasilitasi perusahaan mengadakan pelatihan karyawan online.

Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses materi pelatihan tanpa dibatasi waktu maupun tempat, sehingga lebih fleksibel. Anda tetap bisa melakukan pekerjaan, tanpa perlu berkumpul pada tempat dan waktu yang sama agar dapat memperoleh materi baru.

Meskipun, pelatihan dilakukan online, namun Anda tetap bisa berkolaborasi dengan kelompok mengenai materi pelatihan dengan memanfaatkan fitur discussion forum. Bahkan, perusahaan bisa mengundang para ahli dalam kelompok diskusi, untuk membantu karyawannya memahami materi secara maksimal.

Fitur ini membantu diskusi berjalan lancar, meskipun tidak bertatap muka secara langsung. LMS Ruangkerja juga menyajikan data hasil pelatihan dengan cepat, pihak perusahaan dapat memantau penyelenggaraan pelatihan melalui fitur dashboard.

Dashboard menyajikan data terbaru mengenai penyelenggaraan pelatihan secara langsung. Data hasil pelatihan setiap karyawan juga dapat diakses langsung lewat dashboard Ruangkerja.

Monitoring maupun evaluasi dapat dilakukan dengan praktis lewat aplikasi, sehingga perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan penyelenggaraan pelatihan. Maka, pelatihan digital LMS tidak hanya dapat meningkatkan kualitas SDM, namun menghemat waktu serta biaya pelatihan.

Tidak hanya perusahaan, karyawan dapat menghemat waktu maupun tenaganya dengan mengikuti pelatihan online. Karena, akses pelatihan digital lebih praktis, cepat dan fleksibel.

Manfaat Pelatihan yang Dilakukan Perusahaan


Ada beberapa pihak yang diuntungkan ketika perusahaan mengadakan training kerja melalui LMS Ruangkerja yaitu perusahaan, manajer dan karyawan. Manfaat yang diperoleh perusahaan seperti mendapatkan tenaga kerja ahli dan terampil, efisiensi serta efektivitas kerja meningkat.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan produktivitas kerja, mutu hasil kerja, sales dan profit, serta meminimalisir biaya yang dikeluarkan karena kesalahan-kesalahan. Manfaat untuk manajer, memperoleh karyawan terampil, tugas dan pekerjaan berjalan lancar, serta bisa mendelegasikan beberapa tanggung jawab kepada karyawan.

Dengan adanya pelatihan, maka manajer bisa lepas tangan dari hal-hal kecil yang bukan porsinya, dan menunjang kenaikan karir. Manfaat pelatihan kerja bagi karyawan seperti meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan kerja, pengetahuan maupun keterampilan pada bidangnya akan bertambah.

Melalui pelatihan, maka akan membantu karyawan lebih mengenali pekerjaan serta budaya kerja dalam perusahaan.

Apa yang Terjadi Jika Perusahaan Tidak Mengadakan Pelatihan?


Ada beberapa hal yang merugikan perusahaan, jika tidak mengadakan pelatihan bagi karyawannya, seperti karyawan sering melakukan kesalahan ketika bekerja. Akibat lainnya hasil kerja karyawan tidak sesuai standar yang ditetapkan perusahaan, memunculkan ketidakpuasan dalam benak karyawan maupun perusahaan.

Tidak adanya pelatihan menjadikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dalam perusahaan kurang. Bahkan, produktivitas kerja berjalan konstan atau menurun, selain itu loyalitas karyawan kepada perusahaan cenderung rendah.

Bisa dikatakan bahwa pelatihan perusahaan sangat penting untuk memperoleh tenaga kerja kompeten yang dapat memenuhi kebutuhan standar produksi. Sangat disayangkan bahwa masih banyak perusahaan yang belum melakukan pelatihan efektif.

Bahkan, beberapa divisi HR yang bertanggung jawab terkait proses perekrutan serta pelatihan karyawan, lebih banyak menangani dokumen cuti. Dokumen lainnya yang ditangani seperti menghitung lembur maupun gaji, rekapitulasi absensi dan sebagainya.

LMS Ruangkerja menjadi solusi bagi perusahaan untuk mengadakan pelatihan yang lebih efektif, efisien serta menghemat biaya maupun waktu. Pelatihan merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.