Memahami Konsep Jual Beli Mobil Bekas Medan dan Kriteria yang Tepat

Berbagai jenis mobil dapat Anda jual dengan mudah, misalnya adalah Fortuner bekas. Lalu bagaimanakah konsep jual beli mobil bekas Medan? Simak ulasan
mobil bekas medan

Kini Anda dapat dengan mudah menjual mobil bekas Anda pada platform jual beli mobil bekas Medan. Apalagi untuk para pecinta otomotif yang sering membutuhkan kendaraan second yang dibutuhkan baik bagi diri sendiri maupun dijual kembali.

Berbagai jenis mobil dapat Anda jual dengan mudah, misalnya adalah Fortuner bekas. Lalu bagaimanakah konsep jual beli mobil bekas Medan? Simak ulasan berikut.

Pengertian Jual Beli Mobil Bekas


Membeli sebuah alat transportasi, khususnya pada mobil merupakan sesuatu hal yang banyak diinginkan oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Karena membeli kendaraan satu ini merupakan kebutuhan yang mengharuskan untuk mengeluarkan biaya cukup besar dan tidak sedikit.

Kini jual beli mobil tidak hanya untuk jenis kendaraan yang masih dalam keadaan baru, namun juga terdapat berbagai jenis mobil bekas. Sesuai dengan namanya, jual beli mobil bekas ini dikhususkan untuk mobil bekas saja. Namun kualitas mobil yang diperjual belikan masih dalam keadaan yang layak untuk digunakan.

Konsep Jual Beli Mobil Bekas


Pada dasarnya jual beli mobil bekas Medan dapat dilakukan secara langsung antara pemilik mobil dengan pembeli. Namun terdapat pula proses transaksi yang bisa dilakukan melalui showroom khusus mobil bekas.

Anda dapat memilih secara bebas showroom mana yang akan digunakan untuk menjual atau membeli mobil. Anda juga dapat menggunakan platform tertentu untuk melakukan jual beli mobil bekas.

Apabila Anda mempunyai pikiran untuk menjual mobil yang dimiliki, memperbaiki beberapa aspek menjadi salah satu hal yang tepat untuk dilakukan. Karena, sangat tidak memungkinkan apabila mobil yang diperjualbelikan tersebut dalam keadaan rusak dan tidak layak pakai. Baik mesin maupun bodi mobil harus dalam keadaan yang masih baik untuk digunakan.

Sebelum membeli ataupun menjual mobil bekas, Anda perlu memastikan jika seluruh surat mobil masih dalam keadaan yang lengkap. Karena dikhawatirkan mobil yang dijual merupakan bentuk dari hasil curian karena tidak memiliki surat yang lengkap. Dengan demikian Anda dapat menjual dan membeli mobil dalam keadaan yang aman.

Kriteria Mobil Bekas yang Layak Diperjualbelikan


Membeli mobil bekas tidak mudah seperti membeli mobil yang masih baru. Anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak mudah tertipu saat membeli mobil. Berikut adalah kriteria mobil bekas yang layak untuk diperjualbelikan.

1. Kelengkapan Surat Mobil


Mobil bekas Medan yang layak untuk diperjualbelikan memiliki kelengkapan surat yang baik. Semua surat mobil yang harus dilengkapi adalah BPKB dan STNK. Anda patut mencurigai jenis mobil bekas yang tidak memiliki kelengkapan surat. Dikhawatirkan mobil tersebut berasal dari sumber yang tidak benar.

Mobil bekas yang layak diperjualbelikan memiliki kesamaan data antara spesifikasi pada surat dengan spesifikasi nyatanya. Data tersebut berupa nomor plat mobil, nomor rangka, pemilik mobil sebelumnya hingga warna dari mobil bekas tersebut.

2. Memiliki Tampilan Eksterior dan Interior yang Baik


Mobil yang layak diperjualbelikan memiliki eksterior atau bodi mobil yang masih sangat baik dan terawat. Mobil bekas yang baik akan dilapisi dengan kondisi cat yang tidak terkelupas. Bodi mobil juga tidak mengalami berbagai kerusakan akibat benturan maupun goresan benda keras.

Selain bagian eksterior, mobil yang layak diperjualbelikan juga memiliki kondisi interior yang baik. Tidak terdapat plafon mobil yang rusak dan tidak terdapat noda membandel di dalam mobil.

Selain itu, kondisi jok mobil juga masih dalam keadaan yang baik. Artinya tidak memiliki goresan atau bahkan sobek.

3. Suara Mesin Tidak Berisik


Masuk ke dalam hal teknis, bagus atau tidaknya mobil bekas Medan dapat dilihat pada suara mesin ketika sedang dikendarai. Jenis mobil bekas yang mempunyai kondisi baik tidak akan mengeluarkan suara yang bising atau menderu apabila sedang digunakan.

Suara bising tersebut tidak terdengar baik mobil dalam kecepatan sedang maupun dalam kecepatan tinggi. Selain itu, mobil bekas yang layak diperjualbelikan tidak mengeluarkan bunyi gesekan atau benturan antar perkakas pada bagian dalam mobil.

Untuk lebih memastikan bahwa mobil dalam keadaan yang baik, Anda cukup menghidupkan mesin mobil selama hingga 10 menit. Mobil harus dihidupkan dengan posisi kap yang terbuka. Mobil yang baik pasti tidak akan mengeluarkan suara yang bising.

4. Tidak Terjadi Kebocoran Mesin


Mobil bekas yang baik mempunyai ciri-ciri yang unggul dibandingkan dengan jenis mobil yang lainnya. Bahkan jenis mobil yang mempunyai spesifikasi mumpuni tidak akan mengalami sebuah kebocoran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan bentuk kebocoran yang terdapat pada ruang mesin. Baik pada tangki oli maupun pada oli radiator.

Kebocoran mesin umumnya diindikasikan dengan adanya rembesan yang keluar dari mesin mobil. Selain itu, setir akan terasa berat untuk digunakan pada saat mengendarai

5. Perpindahan Transmisi Tidak Keras


Kriteria mobil bekas yang layak diperjualbelikan adalah memiliki perpindahan transmisi yang tidak keras. Pengecekan perpindahan transmisi dapat dilakukan dengan cara melakukan test drive.

Pada saat sedang melakukan test drive, Anda dapat memeriksa transmisi yang ada didalamnya, apakah mengalami kesulitan saat perpindahan atau tidak. Apabila transmisi susah dipindahkan, maka mobil tersebut bermasalah.

6. Lampu Indikator Tidak Menyala


Cara mudah mengidentifikasi apakah suatu mobil masih layak digunakan atau tidak yaitu dengan memperhatikan lampu indikasi. Lampu ini dapat dilihat pada saat Anda pertama kali menghidupkan mesin mobil tersebut.

Apabila lampu indikator oli atau temperator untuk mobil menyala, maka terdapat kemungkinan kerusakan. Selain itu, Anda perlu memperhatikan kondisi dari jarum rpm. Mobil bekas akan berada dalam kondisi yang baik apabila jarum rpm dapat naik turun dengan stabil pada saat pedal gas diinjak dan dilepas secara perlahan.

7. Tidak Mengeluarkan Asap yang Berwarna Pekat


Karakteristik mobil bekas yang baik yaitu apabila dipanaskan hanya akan mengeluarkan sedikit asap kemudian menghilang. Apabila mobil mengeluarkan asap yang putih pekat atau hitam pekat namun tidak cepat menghilang maka mobil dalam keadaan yang tidak baik.

Perkiraan Harga Jual Mobil Bekas


Umumnya harga jual mobil bekas mempunyai nilai yang berbeda-beda, tentunya menyesuaikan dengan jenis dari mobil tersebut. Terdapat salah satu jenis mobil yang mempunyai kategori harga jual yang tinggi, misalnya pada jenis mobil Fortuner bekas. Jenis mobil tersebut memiliki harga yang tergolong lebih tinggi daripada jenis mobil yang lainnya.

Pada dasarnya, mobil Fortuner yang baru pun sudah cukup memberikan harga penawaran yang tergolong tinggi. Sehingga walaupun mobil ini bekas juga masih tetap memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis mobil yang lainnya. Fortuner bekas ini memiliki harga diatas Rp380 juta.

Harga dari Fortuner bekas berkisar antara Rp385 jutaan hingga Rp399 jutaan. Sedangkan harga rata-rata jenis mobil yang lain masih berada jauh dibawahnya. Namun juga terdapat jenis mobil bekas tertentu yang harga jualnya berada diatas harga Fortuner.

Selain jenisnya, perbedaan harga mobil bekas juga dapat dibedakan berdasarkan kondisi mobil. Semakin baik kondisi mobil maka akan semakin tinggi harga jual mobil tersebut. Begitu juga sebaliknya, apabila kondisi mobil sedikit kurang baik maka harga jualnya akan lebih banyak menurun. 

Demikianlah konsep jual beli kendaraan bekas. Fortuner bekas ataupun mobil bekas lainnya dapat Anda jual belikan dengan mudah. Tentunya mobil yang ditawarkan masih dalam kondisi sangat bagus dan layak untuk digunakan. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan mobil bekas?