Teruji Klinis, Ini Manfaat Yoga untuk Kesehatan dan Penampilan

Manfaat yoga sangat beragam, mulai mental yang lebih sehat hingga kesehatan kulit terjaga.
Manfaat Yoga

Banyak manfaat yoga yang perlu diketahui oleh semua orang. Ya, olaharaga yang satu ini memang bukan hanya recommended untuk kaum hawa, tetapi juga semua orang. Manfaatnya sangat beragam, mulai mental yang lebih sehat hingga kesehatan kulit terjaga. Bagaimana proses untuk memaksimalkan benefit tersebut? Berikut beberapa poin pentingnya.

Yoga Bermanfaat untuk Menstabilkan Kondisi Emosi


Berdasarkan penelitian International Journal of Multidisciplinary Research, terdapat fakta klinis yang ditemukan tentang keunggulan yoga sebagai olahraga untuk memaksimalkan sistem koordinasi tubuh. Apabila Anda memiliki sistem koordinasi tubuh yang baik, maka tentunya central nerve system pun akan semakin maksimal dalam bekerja.

Ketika sistem saraf pusat lebih maksimal dalam bekerja, maka Anda akan mendapatkan kestabilan kondisi emosional dan psikis. Mengapa demikian? Karena salah satu indikator kestabilan emosional serta psikologis adalah mempunyai koordinasi yang terkontrol.

Dengan manfaat yoga yang satu ini, Anda akan terhindar dari perilaku impulsif. Misalnya marah tiba-tiba, terlalu sedih, dan murung yang berkepanjangan. Karena itulah, orang yang mengalami masalah kegalauan atau stress sebaiknya mencoba untuk melakukan yoga baik secara individual maupun berkelompok dalam komunitas.

Mencegah Kemunculan Jerawat


Bukan rahasia lagi bahwa terdapat hubungan antara stress dengan jerawat. Saat ada masalah, mengalami stress atau ketika Anda dalam kondisi tidak stabil secara emosional, maka jerawat sangat bisa muncul dan mengganggu.

Karena itulah, lakukan yoga untuk bisa memastikan jerawat meradang bisa diantisipasi. Selain memperbaiki pola makan yang mengganggu pencernaan serta kondisi hormon, manfaat yoga yang satu ini akan bisa memaksimalkan tingkat kesehatan baik fisik maupun mental.

Gerakan yoga yang menyehatkan juga bisa memaksimalkan kinerja kelenjar tiroid agar dapat memerangi berbagai racun dalam tubuh. Tiroid yang aktif dalam jumlah normal akan bisa membuat racun tubuh keluar melalui sistem ekskresi manusia. Dengan demikian, jerawat pun akan secara berkala hilang. Jika Anda belum memiliki masalah jerawat, yoga akan bisa menjadi langkah preventif yang efektif.

Mengatasi Masalah Insomnia


Sering tidak bisa tidur bisa menyebabkan sakit kepala yang amat menyenangkan. Insomnia bisa disebabkan stress atau tekanan pikiran seperti deadline, tagihan finansial, beban keluarga, dan sebagainya. Adakalanya, bukan Anda yang memang tak ingin atau butuh begadang, tetapi pikiran dan sakit kepala membuat perasaan tak nyaman sehingga cukup sulit memaksakan diri untuk tidur.

Jika Anda mengalami masalah ini, maka sebaiknya mulailah untuk melakukan gerakan-gerakan yoga setelah senja. Sekitar pukul 7 malam akan menjadi waktu yang baik dalam proses self healing. Seberapa parah masalah insomnia Anda? Jika masih di level rendah, gerakan yoga akan memantu tubuh merasa rileks. Sehingga hal tersebut dapat memaksimalkan kenyamanan ketika tidur.

Tidak semua orang bisa tidur dengan nyaman dan berkualitas. Gerakan yoga yang meregangkan otot dan cukup menguras keringat ternyata bisa membuat pikiran lebih tenang dan badan pun tak kaku. Ketika tumpukan beban semakin berkurang dan kondisi mental lebih stabi, tentunya tidur dengan tenang pun sudah tidak lagi menjadi impian belaka.

Mengencangkan Tekstur Kulit Wajah


Siapa sangka, salah satu manfaat yoga yang lain adalah mengencangkan tekstur wajah. Dalam jurnal berjudul Face Yoga and the Curious History of the Art of Skin Whitening oleh Patrick McCartney dari Nanzan University ditemukan fakta klinis bahwa beberapa pose yoga akan bisa memaksimalkan warna wajah menjadi lebih cerah.

Hal ini dipengaruhi oleh relaksasi pada bagian wajah dan otot serta metabolisme yang semakin lancar apabila seseorang melakukan gerakan yoga. Dengan demikian, maka setiap sel dalam tubuh akan teregenerasi dengan maksimal dan bisa lebih sehat. Efek positif yang bisa dirasakan yaitu tekstur lebih kenyal dan kulit lebih cerah.

Karena beberapa masalah kulit kusam ternyata juga dipengaruhi oleh kontur wajah yang sayu. Selain itu, warna pucat pada wajah dapat diakibatkan oleh tekanan berlebih dan faktor stress. Sehingga hal ini dapat dikurangi dengan yoga secara rutin.

Dalam yoga, tidak hanya ada gerakan-gerakan yang dibuat untuk kesehatan otot saja. Tetapi juga banyak gerakan pernapasan, pengaturan emosi, dan keseimbangan. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh salah satu cabang senam tersebut, maka tak heran jika banyak penggiat yoga yang memiliki kulit dengan tekstur kenyal dan tampak lebih muda dari usianya.

Yoga Dapat Menjadi Sarana Preventif Bagi Penuaan Dini


Mulai usia 20, 30, hingga 40 tahunan, aging menjadi salah satu masalah. Ya, kerap terjadi penuaan dini yang diakibatkan oleh banyak faktor. Ada faktor internal seperti pola makan, genetik, dan hormonal. Kemudian ada juga faktor eksternal seperti paparan sinar UV yang berlebihan, polusi udara, dan make up. Karena itulah, untuk menguranginya Anda harus bisa melakukan upaya preventif.

Mengapa upaya pencegahan sangat penting? Karena upaya preventif lebih bisa maksimal dibandingkan kuratif. Pengobatan akan sangat lama karena tubuh sudah terdampak. Sebagai salah satu langkah preventif, Anda bisa melakukan gerakan yoga.

Manfaat yoga yang satu ini dapat dirasakan manakala Anda mencoba gerakan fish pose. Gerakan ini bisa memaksimalkan proses regenerasi kulit. Sehingga proses penuaan dini akan benar-benar berkurang jika menggunakannya.

Apabila sudah terasa sedikit gejala penuaan dini seperti kerutan di sekitar mata dan bibir, maka Anda bisa melakukan face yoga. Ya, gerakan yoga juga bisa dilakukan di area sekitar wajah. Dengan treatment yang satu ini, Anda akan bisa memaksimalkan kekuatan otot wajah sehingga bisa menyelesaikan masalah kekenduran di usia lebih awal.

Membuat Postur Lebih Jenjang


Hampir semua jenis olahraga bisa memperbaiki postur tubuh. Termasuk juga yoga, yang berfokus pada kelenturan dan kekuatan pada seluruh bagian badan. Mulai dari punggung, tangan, kaki, dan juga leher. Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda akan bisa memaksimalkan postur sehingga lebih jenjang.

Bagaimana cara agar manfaat yoga yang satu ini benar-benar terasa? Anda dapat melakukan gerakannya secara rutin dan terstruktur. Itulah mengapa, banyak orang lebih memilih mencari instruktur dibandingkan mencoba sendiri.

Memang, untuk hasil yang maksimal akan lebih disarankan menggunakan tenaga profesional dalam mengarahkan. Tujuannya adalah supaya Anda benar-benar dapat mengalokasikan tenaga untuk step yang tepat.

Semua manfaat yoga di atas tentunya akan sangat menarik untuk diketahui terutama bagi Anda yang mulai merasakan quarter life crisis. Saat banyak hal yang berubah mulai perjalanan karir, fisik yang menua, dan produktivitas menurun, bisa jadi olahraga ini akan sangat diperlukan untuk relaksasi.

Yang terpenting adalah Anda dapat menyehatkan fisik serta mental secara maksimal. Dengan gerakan-gerakan sederhana, Anda bisa memaksimalkan kestabilan mental health dan juga physical health. 

Jika keduanya stabil dan sehat, maka sel-sel di tubuh akan bisa beregenerasi optimal. Metabolisme pun lebih lancar dan pastinya kondisi wajah, kulit, serta penampilan secara menyeluruh bisa semakin terjaga. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk mencoba olahraga tersebut?