Cara Merawat Kulit Lembut Bayi Baru Lahir

Kulit semulus kulit bayi kerap menjadi impian banyak perempuan. Padahal kulit bayi sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi, baik dari luar maupun
Cara Merawat Kulit Lembut Bayi Baru Lahir

Kulit semulus kulit bayi kerap menjadi impian banyak perempuan. Padahal kulit bayi sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi, baik dari luar maupun dari dalam tubuhnya yang biasanya disebabkan oleh air susu ibu (ASI) ataupun susu formula (sufor). Oleh karena itu, biasanya Moms sudah jauh-jauh hari mencari produk terbaik untuk kulit Si Kecil, karena takut salah dalam merawat kulit Si Kecil. Kulit Si Kecil juga tidak bisa sembarangan bersentuhan dengan bahan kimia, deterjen, dan wewangian. 

Bahkan, tidak semua jenis produk perawatan kulit bayi boleh digunakan. Hal ini karena kondisi kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif, dan sistem kekebalan tubuhnya juga masih lemah, sehingga rentan timbul ruam atau iritasi pada kulit. Oleh karena itu hati-hati ya Moms, bukan hanya itu berikut beberapa tips yang Moms bisa coba untuk menjaga kulit Si Kecil.

1. Cegah ruam popok


Cara mengatasi Ruam popok, Moms disarankan untuk sering mengganti popoknya ketika sudah basah atau kotor karena poop. Selain itu, agar bagian lipat paha Si Kecil tidak mengalami iritasi, Moms bisa mengoleskan petroleum jelly dan membiarkannya hingga kering sebelum memakaikan popok. 

Petroleum Jelly bermanfaat untuk melembapkan kulit Si Kecil dengan kandungan mineral yang ada di dalamnya Agar terhindar dari ruam popok, Moms sebaiknya memilih popok yang memiliki sirkulasi udara sangat baik seperti Merries. Popok Merries bisa membantu mencegah iritasi pada Si Kecil karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Popok bisa cepat kering dan tidak pengap. 

Dengan penggunaan popok yang tepat, aktivitas Si Kecil yang sedang lincah-lincahnya menjadi tidak terganggu. Si Kecil menjadi tidak mudah berkeringat dan tetap nyaman meskipun aktif beraktivitas karena popok tidak pengap. Sehingga potensi munculnya ruam popok bisa dihindari dari Si Kecil yang tidak akan berkeringat ekstra. 

Jangan anggap enteng ruam popok, karena hal itu bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang Si Kecil secara jangka panjang. Misalnya, ketika Si Kecil mengalami gatal akibat ruam, nafsu makannya akan berkurang, selain itu geraknya yang biasanya lincah juga bisa berubah menjadi pendiam Moms bisa menggunakan Popok Merries yang sudah teruji klinis memiliki bahan ekstra lembut sehingga aman untuk kulit Si Kecil.

2. Tidak perlu sering mandi


Bayi yang baru lahir atau new born tidak terlalu kotor sehingga tidak perlu sering memandikannya. Mandi terlalu sering bisa mengikis kadar minyak alami pada permukaan kulitnya. Padahal, minyak tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit bayi. 

Namun dengan kondisi udara Indonesia yang tropis Moms bisa sering menggantikannya baju dan menyeka kulitnya dengan handuk basah daripada terlalu sering memandikannya. Khusus area mulut dan kelamin, Moms bisa membersihkan dengan sedikit air atau ditambah sabun pembersih khusus bayi. 

Hindari menggunakan sabun batangan atau merendam bayi dalam air bersabun. Pilih sabun cair yang berbahan lembut untuk menjaga kelembapan kulitnya.

3. Jaga kebersihan baju dan tempat tidur bayi


Pastikan tempat tidur Si Kecil selalu bersih, bukan hanya demi kesehatan kulitnya saja, namun juga berhubungan dengan kesehatannya secara keseluruhan. Pasalnya kotoran yang tertinggal pada tempat tidur juga bisa berpengaruh pada pernapasan, maklum sistem imun Si Kecil masih belum terbentuk sempurna. 

Selain rajin membersihkan tempat tidur, gantilah seprai sesering mungkin. Pastikan juga kebersihan bajunya, baik dari sisa ASI maupun air liur yang bisa saja menyebabkan alergi dan masalah kulit. Sisa ASI dan air liur kerap membuat baju Si Kecil basah yang akan berpengaruh pada kulitnya dan juga kesehatan Si Kecil.

Untuk memastikan kesehatan Si Kecil secara sempurna, Moms juga perlu memilih popok yang mampu melindungi kulit dari kotoran lunak. Gunakan Popok Merries yang mampu menangkap dan menjaga kotoran tidak keluar dari popok. 

Bagian belakang Merries telah didesain lebih panjang agar bisa menampung kotoran secara merata ketika Si Kecil berbaring. Selain itu, permukaannya yang bergelombang menangkap dan menahan kotoran. Kotoran lunak akan tersebar ke sela popok sehingga tidak menumpuk di tengah, memastikan tidur Si Kecil tetap nyaman. 

Ditambah lagi, kandungan yang terdapat pada popok Merries dapat menampung 5 kali pipis. Sehingga Si Kecil bisa tetap nyaman hingga pagi hari. Apalagi Popok Merries sudah teruji klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI). 

Bahannya yang lembut dan melalui proses produksi menggunakan teknologi tinggi, membuat Si Kecil nyaman saat beraktivitas. Terpenting adalah, permukaan pada popok Merries memiliki 3 jalur penyerapan. 

3 jalur ini memastikan cairan dapat tersebar sehingga tidak menumpuk di tengah, cepat terserap, dan menjaga popok tetap kering. Nah sekarang sudah tahukan? Semoga kulit Si Kecil selalu sehat ya Moms!