Begini Cara Mencari Rumah Kontrakan Murah di Bogor

Mencari kontrakan murah di Bogor akan sedikit sulit jika harus banyak hal yang dijadikan pertimbangan. Pertimbangan akan lokasinya, jumlah keluarga ya
kontrakan murah di bogor

Mencari kontrakan murah di Bogor akan sedikit sulit jika harus banyak hal yang dijadikan pertimbangan. Pertimbangan akan lokasinya, jumlah keluarga yang menempati, posisi, jenis rumah, sekaligus dengan budget yang dimiliki, tetap harus diusahakan terlebih dahulu.

Jangan sampai salah pilih rumah kontrakan sehingga nantinya membuat tidak nyaman penghuni, Anda dan keluarga. Sebab meskipun bersifat kontrak, hingga beberapa bulan atau tahun ke depan di situ lah hunian Anda.

Artikel ini akan membahas apa saja tips mencari rumah kontrakan murah di Bogor. Sebab apapun pertimbangan yang digunakan, tak luput dari pertimbangan budget yang tersedia. Apalagi jika Anda dan keluarga harus sesuaikan biaya hidup di Bogor karena berasal dari luar kota, pasti pertimbangan budget sangatlah penting.

Tips Mencari Rumah Kontrakan Murah di Bogor


Mungkin saja ini akan menjadi pengalaman pertama Anda mencari rumah kontrakan murah di Bogor. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda.

1. Memperhatikan Jangka Waktu Sewa


Perhatikan jangka sewa yang ditentukan oleh pemilik rumah, apakah itu per 6 bulan atau per 1 tahun. Penting untuk memastikan hal ini, apalagi jika Anda menetap di Bogor dalam durasi yang tidak tentu. Anda tentunya tidak mau rugi di akhir karena ternyata tinggal sebentar saja di Bogor bukan?

Minimalisir kerugian ini dengan cara memastikan jangka sewa di awal. Memang benar jika ternyata benar ada sisa waktu sewa rumah Anda bisa melakukan oper kontrak, namun ini bukan menjadi jaminan pasti. Mungkin ada yang mau atau bersedia, juga ada kemungkinan tidak ada yang mau.

2. Tetap Memastikan Keamanan


Meskipun upaya Anda adalah untuk mencari kontrakan yang murah, tetap pastikan yang dicari telah memiliki keamanan. Anda tidak perlu berspekulasi terhadap keamanan rumah dan keluarga Anda selama beberapa bulan atau tahun ke depan bukan? Kerugian lain-lainnya bisa didapat jika tidak ada keamanan ini.

3. Lakukan Negosiasi Harga


Bisa saja Anda berencana untuk mengontrak hingga bertahun-tahun lamanya, 5 sampai 8 tahun mungkin. Jika memang lama dan berani untuk mencoba, Anda bisa saja mencoba melakukan negosiasi harga dengan pemilik rumah.

Mungkin saja ada harga khusus yang diberikan pemilik rumah sehingga menjadi hasil manis atas usaha mencari kontrakan murah. Namun jika negosiasi harga tidak dibolehkan pemilik, tidak masalah asalkan rumah yang Anda pilih nanti sudah dinilai murah. Bisa juga mencari rumah lainnya supaya tetap sesuaikan dengan budget yang diinginkan.

Jenis-Jenis Rumah Kontrakan Murah di Bogor


Setelah mengetahui apa saja tipsnya, sebaiknya Anda juga tahu pilihan jenis rumah apa saja yang bisa didapatkan di Bogor. Umumnya ada tiga jenis rumah sebagai pilihannya di kawasan Bogor dan sekitarnya, yaitu rumah cluster, rumah tunggal, dan town house. Berikut adalah penjelasan masing-masing.

1. Cluster


Diawali dengan rumah cluster sebagai salah satu rumah kontrakan murah di Bogor. Rumah cluster sama saja rumah yang berada di dalam cluster, yang mana ‘cluster; sendiri diartikan sebagai kawasan atau daerah dalam perumahan. Jadi, bisa dikatakan dalam satu perumahan di dalamnya ada beberapa cluster sekaligus.

Dengan definisi cluster itu sendiri, bisa disimpulkan bahwa Anda yang ingin tinggal di dalam perumahan bisa memilih rumah jenis ini. Rumah cluster tidak melulu harus berbentuk atau berukuran sama dengan rumah di samping-sampingnya. Tetap ada cluster yang berisi rumah-rumah dengan bentuk dan ukuran sama, namun juga tetap ada yang satu cluster diisi berbeda-beda model rumah.

Cocok untuk Anda yang ingin tinggal di hunian dengan keamanan ekstra, sebab cluster perumahan masa kini sudah memiliki keamanan ekstra seperti pos satpam lengkap dengan petugasnya. Kebanyakkan sudah dibuat dengan sistem one gate, sehingga keluar masuk bagi siapapun hanya lewat satu pintu atau satu arah saja.

Rumah cluster di Bogor cukup banyak ditawarkan, tetap bisa disesuaikan dengan budget, apakah Anda mencari rumah cluster yang kecil-kecilan untuk Anda dan pasangan, atau yang besar luas bangunannya untuk anggota keluarga lain. Bisa dipilih rumah cluster satu lantai juga bisa yang dua lantai, tergantung apa yang tersedia.

2. Rumah Tunggal


Jenis lainnya adalah rumah tunggal, Anda bisa cari rumah tunggal kontrakan murah di Bogor yang luas maupun yang kecil-kecilan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa rumah tunggal kebanyakan ada sebagai rumah yang luas dan tentunya dengan harga yang lebih tinggi.

Sebab, rumah tunggal diartikan sebagai rumah yang berdiri sendiri, jarak dengan rumah lainnya cukup jauh. Tidak seperti rumah cluster yang saling berjejeran, baik dibatasi dua dinding maupun satu dinding saja, rumah tunggal benar-benar dipisahkan jarak antara satu rumah dengan lainnya.

Bukan berada di dalam perumahan, biasanya terletak dalam skala kampung atau desa. Kelebihannya adalah cocok untuk Anda yang suka hunian luas, hunian unik, atau mungkin hunian pinggir kota.

Kebanyakkan memang rumah tunggal cukup unik, entah eksteriornya maupun model bagian dalamnya. Bisa itu memiliki ruang terbuka dengan taman, memiliki tiga lantai, dan lain sebagainya. Pemilik rumah tunggal lebih bebas memodifikasi rumahnya sendiri, tidak seperti pemilik rumah cluster maupun rumah town house.

3. Town House


Town house sebenarnya agak mirip dengan rumah tunggal dan menjadi pilihan rumah kontrakan murah di Bogor lainnya. Perbedaannya adalah terletak pada model dan ukuran rumah. Rumah cluster bisa memiliki bentuk, model, dan ukuran berbeda dengan samping-sampingnya. Sedangkan pada town house, rumah satu dengan lainnya akan memiliki model, tampilan, dan ukuran yang sama.

Town house biasa ada di kawasan perumahan subsidi, namun tak menutup kemungkinan ada perumahan non subsidi yang memiliki rumah jenis ini. Karena sifatnya ini, town house biasa disebut dengan apartemen horizontal.

Rumah-rumah berjenis town house yang ada dalam kawasan perumahan tetap akan memberikan fasilitas umum bagi para penghuninya, fasilitas umum yang memang diberikan perumahan. Status Anda nanti memang sebagai pengontrak, namun untuk diketahui saja bahwasannya mereka pemilik town house belum tentu bisa memodifikasi rumahnya sendiri.

Cari Kontrakan Murah di Bogor Bersama Rumah.com


Mencari kontrakan tidak lagi sulit jika sudah ada Rumah.com. Di website ini, Anda bisa dapatkan info kontrakan murah di Bogor mana saja sehingga bisa disesuaikan dengan kesibukan di Bogor. Bisa disesuaikan dengan lokasi tempat kerja, lokasi sekolah anak, atau di daerah mana saja yang diinginkan.

Dengan pencarian yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja, Anda bisa menggunakan filter harga supaya muncul hasil pencarian berdasarkan budget Anda. Mencari rumah paling murah di Bogor untuk dikontrakan pun bisa-bisa saja. Keterangan yang diberikan untuk setiap rumah sangat lengkap, juga dengan informasi pengontraknya sehingga bisa segera diproses. Segera saja coba cari rumah kontrakan murah di Bogor melalui Rumah.com