Lagi Ngetren, Aplikasi Clubhouse Punya Fitur yang Solutif untuk Komunikasi

Jika Anda cukup update tren atau berita bertema teknologi, pasti Anda setuju bahwa aplikasi Clubhouse semakin banyak diperbincangkan belakangan ini.
Review Aplikasi Clubhouse

Jika Anda cukup update tren atau berita bertema teknologi, pasti Anda setuju bahwa aplikasi Clubhouse semakin banyak diperbincangkan belakangan ini. Ada alasannya, alasan mengapa aplikasi ini bisa ngetren padahal memiliki basis yang sama dengan beberapa aplikasi lainnya dan mengapa aplikasi ini juga cukup solutif untuk digunakan.

Bicara soal sebah aplikasi chatting atau media sosial, memang bisa disetujui ada banyak sekali jenisnya. Ada yang memberikan fitur sederhana namun praktis, ada yang tawarkan banyak fitur, ada yang bisa dipasang di sistem operasi apa saja, dan ada juga yang terbatas.

Setelah mengenal aplikasi Clubhouse bisa jadi Anda juga tertarik untuk menggunakannya. Oleh karena itu, berikut pembahasan mengenai apa itu Clubhouse, mengapa bisa ngetren sekarang, apa saja kelebihannya, bagaimana cara menggunakannya, hingga bagaimana cara mendapatkan akun di sana.

Mengapa Aplikasi Clubhouse Bisa Ngetren?


Memiliki nama yang bagus dan keren, aplikasi Clubhouse adalah aplikasi yang cenderung ke sosial media yang menawarkan fasilitas obrolan berbasis suara. Jika aplikasi chatting memiliki fokus utama untuk penggunanya fasilitas tukar pesan, aplikasi ini berikan fasilitas tukar suara.

Alasan mengapa aplikasi Clubhouse ini sempat ngetren hingga sekarang ini adalah karena muncul berita bahwa aplikasi ini digunakan oleh Elon Musk. Siapa yang tidak tertarik untuk ikut mencoba sebuah aplikasi yang telah digunakan seorang jenius asal Amerika sebagai seorang ahli di bidang teknologi dan pengusaha.

Kelebihan Aplikasi Clubhouse


Eksisnya aplikasi Clubhouse ini bukan hanya karena juga digunakan oleh Elon Musk saja, melainkan juga karena bisa memberikan solusi. Solusi yang mungkin tidak bisa didapatkan di aplikasi lain yang sejenis maupun tidak sejenis. Berikut adalah beberapa kelebihan Clubhouse sebagai aplikasi media sosial berbasis suara.

1. Bisa Mempermudah Proses Interaksi


Proses berinteraksi virtual atau komunikasi secara tidak langsung akan lebih mudah, sebab bukan teks lah yang akan dikirimkan ke lawan bicara, melainkan suara. Hanya dengan merekam suara sendiri dan dikirim ke penerima, pesan sudah tersampaikan.

Ditambah lagi masih ada fitur-fitur pelengkap lainnya yang semakin mempermudah komunikasi. Seperti fitur live supaya seseorang bisa menyampaikan pesan ke banyak orang sekaligus secara real time, panggilan, podcast yang tersimpan dna bisa diakses kapan saja, dan lain sebagainya.

2. Bisa Memberikan Banyak Wawasan


Tampilan atau halaman utama dari Clubhouse mirip seperti timeline yang menyediakan podcast-podcast berdasarkan interest. Itulah mengapa saat Anda mendaftar atau membuat akun nanti, akan disuruh memilih beberapa topik yang disukai.

Topik yang Anda pilih itu nanti akan muncul di halaman utama, bisa skip-skip jika ingin mendapatkan lainnya. Juga berdasarkan hasil pencarian, pencarian podcast apa yang dilakukan, akan muncul di waktu lain ketika Anda membuka aplikasi ini.

Dengan demikian, bisa dikatakan Clubhouse akan menawarkan wawasan-wawasan yang berguna bagi penggunanya. Tidak hanya berguna saja, melainkan juga sesuai dengan interest.

3. Bisa Jadi Platform Meeting


Bukan hanya bertukar pesan suara secara tidak langsung saja, Clubhouse juga memiliki fitur yang membuat proses bertukar pesan suara ini secara langsung atau LIVE. Cukup mirip dengan video call, baik video call antara dua orang atau banyak orang sekaligus saja. Dengan fiturnya ini, Clubhouse juga sering digunakan untuk meeting virtual yang belakangan ini menjadi hal yang biasa.

Prinsipnya cukup sama dengan platform meeting virtual pada umumnya, hanya dengan membagikan link live berlangsung, pemilik akun bisa gabung, dan bisa mengikuti meeting tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Clubhouse


Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, tentu akan diawali dengan memiliki akun terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat akun di aplikasi ini akan dibahas selanjutnya. Setelah memiliki akun, masuk ke aplikasi, dan Anda akan berada di halaman utama.

Di halaman utama Anda akan disambut dengan podcast atau pesan suara dari orang lain yang topiknya sesuai yang Anda pilih. Ya, di awal Anda akan memilih topik yang diminati sehingga memudahkan aplikasi ini untuk memberikan apa yang dibutuhkan pengguna.

Bisa skip dari halaman utama, bisa juga berlama-lama di sana untuk menambah wawasan atau ilmu. Jika skip, Anda bisa segera memulai obrolan dengan pemilik akun Clubhouse yang lain. Tentu dengan cara bertukar pesan suara, bukan pesan teks.

Abisa dibuka ruang diskusi jika memang dibutuhkan, baik itu secara live maupun tidak. Untuk ruang diskusi secara live prinsipnya sama seperti platform meeting virtual lainnya. Bisa disimpan, bisa tidak disimpan, bisa disimpan supaya seterusnya bisa dilihat kembali oleh pengguna lain, bisa juga di private.

Pemilik akun di Clubhouse bisa mengundang orang lain untuk join, dengan begitu keduanya bisa saling bertukar pesan suara hingga berbagi podcast apa saja.

Kesimpulannya adalah, Clubhouse ini akan memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk bertukar pesan suara. Bisa juga dijadikan platform meeting yang bersifat virtual. Terakhir, siapa saja bisa membuat podcast untuk kemudian dibagikan dengan pengguna lain.

Satu hal lagi, untuk saat ini Clubhouse hanya bisa dipasang di perangkat dengan sistem operasi iOS.

Cara Membuat Akun di Aplikasi Clubhouse


Sayangnya, untuk bisa memiliki akun di aplikasi Clubhouse tidak bisa sembarangan. Tidak bisa seperti aplikasi pada umumnya yang hanya perlu instal dan kemudian langsung register. Anda harus memiliki teman yang sudah punya akun di Clubhouse untuk bisa ikut bergabung juga atau membuat akun.

Lebih jelasnya, seseorang yang sudah punya akun di aplikasi ini akan diberi kesempatan untuk bisa mengajak orang lain supaya juga memiliki akun. Tanpa sebuah undangan virtual, tidak bisa sembarang orang membuat akun.

Di saat akun baru dibuat, akan langsung mendapat kesempatan mengajak dua orang. Kemudian setelah berjalannya waktu, baru bisa mengajak lebih banyak orang untuk juga bergabung.

Dengan demikian, jika nantinya Anda sudah memiliki akun di aplikasi ini, bijaklah dalam mengajak orang lain untuk bisa gabung. Sebab di awal, hanya ada dua kali kesempatan saja. Namun ini pun tetap bisa dijadikan solusi, orang yang telah Anda ajak tadi kemudian bisa mengajak orang lain.

Sangat membantu untuk Anda yang ingin ada banyak orang sekaligus join Clubhouse, dari dua orang yang Anda ajak, dua orang ini kemudian bisa mendapatkan empat orang, dan seterusnya.

Siap Menginstall Aplikasi Clubhouse?


Dari semua bahasan di atas, tentu Anda juga setuju bahwa memang aplikasi ini cukup solutif untuk digunakan. Memang masih terbatas pemakaiannya, tetapi siapa sangka developer aplikasi ini akan memberikan kesempatan pada pemilik perangkat dengan sistem operasi Android? Karena bersifat solutif dan terbukti bisa memberikan beberapa kelebihan, tidak ada salahnya untuk mencobanya langsung. Tidak akan mengecewakan, justru di aplikasi Clubhouse ini Anda bisa temukan beragam topik yang berkualitas, seperti salah satu kelebihannya di atas.