Yuk Kenali 8 SEO Free Tools yang Bisa Membantu Penulisan Konten

Mengetahui apa saja SEO free tools yang mudah digunakan akan memangkas pengeluaran Anda dalam melakukan marketing. Pastinya Anda sudah cukup paham
SEO Free Tools

Mengetahui apa saja SEO free tools yang mudah digunakan akan memangkas pengeluaran Anda dalam melakukan marketing. Pastinya Anda sudah cukup paham bahwa teknik SEO yang diaplikasikan pada suatu kepenulisan berfungsi untuk pemasaran atau marketing. Bisa itu marketing untuk website yang bersangkutan supaya banyak dikunjungi pengguna internet, maupun marketing untuk produk yang ditawarkan secara online.

SEO memang menjadi solusi masa kini yang penting untuk dipelajari. Sangat bermanfaat, terutama untuk siapa saja yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis. Apalagi di zaman sekarang ini, rasanya akan kurang bila suatu bisnis hanya bergerak secara offline saja. karena bisnis yang digerakan secara online adalah solutif, eksistensi SEO semakin penting saja.

Seiring semakin eksisnya teknik penulisan SEO, semakin eksis pula alat-alat virtual yang memudahkan. Salah satunya adalah SEO free tools, menjadi alat yang dibutuhkan oleh banyak orang demi bisa menghemat pengeluaran bisnis.

SEO Free Tools yang Direkomendasikan


Bisa digunakan secara cuma-cuma, antara SEO free tools satu dengan lainnya memiliki perbedaan yang bisa Anda pertimbangkan penggunaannya. Masing-masing juga memiliki kelebihan, yang mungkin jauh berbeda, sehingga Anda bisa pilih mana yang paling sesuai atau relate dengan kebutuhan.

Satu hal yang membuat semua aplikasi atau platform yang akan disebutkan ini sama saja adalah fungsinya. Fungsinya adalah untuk membuat Anda mengetahui kata kunci apa yang paling tepat untuk ditaruh di konten artikel sesuai dengan prinsip SEO (search engine optimization).

1. Wordtracker


Kata kunci yang diberikan SEO free tools ini berdasarkan market research tool atau yang lebih umum disebut sebagai pay per click. Prinsipnya akan sama seperti platform-platform lain yang juga disebutkan di daftar ini, juga sama-sama bisa digunakan secara gratis.

User interface platform ini cukup sederhana, sehingga bisa memudahkan Anda yang baru belajar. Selain itu, juga bisa menyimpan kata-kata kunci yang telah Anda gunakan dalam bentuk arsip. Akan mendukung untuk mengupdate konten secara berkala.

2. Keywordtool


Mungkin kata kunci yang Anda inginkan adalah yang sangat spesifik, jika begitu maka Anda akan membutuhkan long tail keyword. Tidak semua SEO free tools bisa menemukan long tail keyword atau kata kunci panjang, namun Keywordtool bisa memberikannya untuk Anda.

Jangan salah, meski juaranya dalam memberikan rekomendasi long tail keyword, Keywordtool juga bisa berikan kata kunci yang pesaingnya kecil sehingga tetap memberikan fungsi kata kunci itu sendiri.

3. AdWord & SEO Keyword Permutation Generator


Jika Anda ingin memberikan beberapa kata kunci sekaligus namun menjadi satu kesatuan, maka andalkan saja AdWord & SEO Keyword Permutation Generator. Platform SEO gratis yang akan menyusun ulang beberapa kata sekaligus untuk menjadi kata kunci yang bisa diproses oleh mesin pencarian.

Pasti bisa tertarget, kalaupun bukan penyusunan kata-kata yang Anda butuhkan, platform SEO ini juga tetap bisa berikan ide-ide kata kunci yang paling tepat dan ‘menjual’ untuk Ada coba di konten artikel Anda nanti.

4. Moz


Domain authority dan page authority adalah dua hal yang bisa diukur dan diketahui dengan platform ini, dan inilah yang menjadi kelebihan dari platform ini dibanding platform-platform lain di bahasan ini. Selain itu, Moz juga mendukung dilakukannya inbound marketing jika Anda membutuhkannya.

5. Google Analytics


SEO free tools mulai dari poin ini sampai poin terakhir adalah tools yang dikeluarkan oleh Google. Google sebagai mesin pencarian terbesar saat ini yang juga akan mengelola konten-konten artikel yang diunggah orang-orang seluruh dunia supaya bisa ditemukan penggunanya, ternyata juga siap berikan bantuan.

Bantuan yang diberikan adalah dengan platform-platform yang bisa membantu memberikan kata kunci tertarget sehingga bisa diaplikasikan secara gratis. Adapun platform pertama yang bisa dicoba adalah Google Analytics.

Apa yang diberikan Google Analytics adalah sebuah report, laporan soal bagaimana interaksi pengguna internet kepada website atau halaman Anda, topik apa yang sedang dicari-cari orang, hingga kata kunci apa saja yang paling sering dicari orang.

Tentu bisa diandalkan, dan bisa dikatakan Google Analytics lah yang paling sering digunakan, lebih dari platform lain. Namun tentu Anda tak harus sama dengan kebanyakkan orang di luar sana, platform lain yang akan disebutkan juga boleh dicoba.

6. Google Trends


Hampir sama dengan Google Analytics, namun lebih berfokus pada apa yang sedang tren atau happening dunia maya. Perbedan lainnya, dengan hanya mengetikkan suatu topik di Google Trends Anda akan diberitahu topik spesifik apa yang paling banyak dicari. Juga diberikan beberapa kata kunci yang bisa dipakai untuk topik yang Anda ketik tadi, sehingga bisa digunakan untuk menulis tentang topik tersebut dengan teknik SEO.

Lebihnya, Google Trends juga memberikan fasilitas pada Anda untuk mencari topik terpopuler berdasarkan lokasi, search history kebanyakkan orang, hingga berdasarkan kategori. Sangat membantu Anda yang baru belajar teknik SEO maupun sudah lama berkecimpung di marketing ini.

7. Google Keyword Planner


Berikutnya ada Google Keyword Planner yang prinsipnya sama dengan platform-platform di atas, namun Google Keyword Planner ini memiliki fasilitas yang belum tentu bisa diberikan platform lainnya.

Prinsip kerjanya adalah dengan menyuguhkan kata kunci yang paling sering dicari berdasarkan topik yang Anda inginkan. Namun bukan hanya itu saja, platform ini juga bisa membantu Anda menemukan interest yang dimiliki pengunjung Anda. Anda akan diberi insight terkait konten artikel yang Anda berikan pada website.

Insight yang akan membantu Anda kedepannya dalam membuat konten artikel. SEO free tools ini benar-benar wajib coba. Pastikan setidaknya satu kali Anda mencoba supaya mendapatkan pengalamannya.

8. Google Search Console


Meskipun posisinya terakhir, bukan berarti paling useless atau lebih buruk, andalkan juga Google Search Console demi bisa menciptakan konten artikel yang 100% sesuai dengan teknik SEO.

Apa yang disukai orang-orang di luar sana dari Google Search Console adalah fitur utamanya, yaitu untuk memberitahu Anda bagaimana performa kata kunci yang digunakan pada konten-konten yang telah diunggah ke website. Pastinya Anda membutuhkan platform yang bisa memberikan info ini, bukan hanya yang bisa berikan ide kata kunci saja.

SEO Free Tools Sangatlah Solutif Untuk Siapa Saja


Tentu saja sangat solutif eksistensinya. Siapa saja yang memakainya tak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa membuat konten SEO yang tertarget. Bahkan bagi mereka yang baru saja terjun di dunia SEO atau baru akan mempelajarinya, pasti tertolong dengan alat ini. Jadi, SEO free tools mana yang paling membuat Anda tertarik untuk mencoba? Apakah itu yang dikeluarkan oleh Google atau yang bukan? Terlepas dari aplikasi atau tools apa saja yang Anda pilih, semuanya memiliki fungsi yang sama.