Bagaimana Menulis SEO Copywriting yang Tepat? Kenali 5 Strategi Ini

SEO copywriting dinilai menjadi strategi marketing yang juara untuk saat ini. Pengaplikasiannya ke situs website, sebagian sudah merambah ke sosial me
SEO Copywriting

SEO copywriting
dinilai menjadi strategi marketing yang juara untuk saat ini. Pengaplikasiannya ke situs website, sebagian sudah merambah ke sosial media dengan tujuan yang sama. Kata-kata yang disusun menjadi kalimat, tetap menarik untuk dibaca namun harus bisa tertarget ke subjek yang diinginkan.

Kali ini subjeknya adalah pengguna internet, baik mereka yang mengakses website suatu perusahaan, bermain sosial media, atau siapa saja lainnya yang berpotensi. SEO sendiri merupakan singkatan dari search engine optimization, biasa diaplikasikan pada situs website supaya pengguna internet bisa mendapatkan apa yang mereka cari dengan mudah.

Suatu bisnis ada untuk menawarkan suatu produk, dan produk ini tentunya menjadi solusi atas masalah atau kebutuhan seseorang. Fungsinya cari apa yang mereka butuhkan melalui internet supaya bisa didapatkan dengan mudah. Di sini lah SEO copywriting akan bekerja, untuk membuat suatu bisnis bisa ditemukan oleh pengguna internet.

Apa tujuannya? Tentunya supaya lebih banyak yang tahu akan eksistensi bisnis, menambah pemasukan, dan memudahkan bisnis untuk berkembang karena produknya mudah ditemukan.

Strategi Menulis SEO Copywriting


Harus dipahami dulu bahwa SEO copywriting bukan lah hak yang sama dengan konten artikel, meskipun itu sama-sama menggunakan teknik SEO. Konten artikel sifatnya lebih panjang dan lebih edukatif, di dalamnya terdapat berbagai kata kunci untuk mendukung teknik SEO sendiri.

Sedangkan SEO copywriting merupakan tulisan yang lebih pendek, ditaruh pada awalan website, yang memberikan penjelasan atas keseluruhan website, fitur website, hingga produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan pemilik website yang bersangkutan.

SEO copywriting jauh lebih to the point daripada konten artikel SEO. Harus bersifat informatif dan harus diterapkan strateginya supaya bisa tepat sasaran atau sesuai dengan manfaatnya. Berikut adalah beberapa strategi yang sebaiknya digunakan ketika Anda membuat copywriting berbasis SEO.

1. Fokus Pada Penciptaan Sudut Pandang Unik


Copywriting dibuat untuk menjadi penjelas bagi pengguna internet akan website yang mereka kunjungi. Dengan menyuguhkan suatu solusi atau permasalahan yang mungkin sedang dirasakan pengguna internet, bisa membuat copywriting lebih menarik. Kemudian jika sebuah copywriting dianggap menarik, tidak akan ragu bagi pengguna internet untuk terus menyimak tulisan sampai selesai.

Apabila penulis copywriting berhasil membuat pembaca menyimak sampai selesai, maka tak akan sulit untuk membuat pembaca paham akan apa yang ditawarkan oleh suatu website atau platform. Dengan demikian, salah satu caranya adalah untuk membuat tulisan copywriting dengan sudut pandang yang tak biasa.

Sudut pandang orang ketiga sudah biasa dibuat, sudut pandang yang membuat pembaca harus memahami permasalahan orang lain dulu baru kemudian membuat kesimpulan apakah masalah tersebut relate dengan masalahnya.

Bagaimana jika sudut pandangnya langsung orang pertama? Dari awal pembaca bisa memahami bahwa apa yang sedang dibahas dan dibahas sampai akhir nanti adalah tentang mereka sendiri.

2. Mudah Dipahami dan Layak Baca


Strategi yang selanjutnya adalah dengan membuat tulisan copywriting mudah dipahami. Jika mudah dipahami, tentu kemungkinan besar pembaca akan tertarik untuk terus menyimaknya. Pastikan juga tulisan copywriting yang dibuat layak dibaca.

Boleh saja sesekali menggunakan istilah asing atau menggunakan bahasa Inggris, namun Anda juga harus bisa memposisikan diri Anda dengan pembacanya nanti. tidak semua orang bisa memahami istilah atau penjelasan yang kompleks. Juga tidak setiap orang merasa tidak asing dengan istilah-istilah bahasa Inggris.

Karenanya, strategi kali ini adalah untuk membuat tulisan copywriting yang mudah untuk dipahami. Mudah dipahami dan layak dibaca, sehingga siapa saja yang menjadi pembacanya nanti, dengan latar belakang apa saja, dengan pengalaman apa saja, dan berapapun skill nya, pasti bisa dapatkan apa yang mereka cari.

3. Membuat Paragraf Singkat


Ingat, tulisan SEO copywriting tidak sama dengan tulisan artikel. Pembaca Anda tidak membutuhkan tulisan yang panjang-lebar dan super edukatif untuk dibaca. Mereka membutuhkan beberapa penggal kalimat atau paragraf pendek-pendek sebagai highlight atas konten artikel yang diberikan.

Bisa juga berisi highlight atas keseluruhan website, tergantung copywriting seperti apa yang ingin Anda berikan pada website.

Jika Anda kesulitan membuat paragraf pendek, bisa dengan cara mencatat poin-poin penting yang ada dalam website, produk yang ditawarkan, dan solusi apa yang Anda berikan pada pembaca. Mencatat beberapa poin ini akan memudahkan Anda dalam menulis paragraf copywriting.

4. Memanfaatkan Heading dan Subheading


Jangan hanya paragraf saja, manfaatkan juga heading dan subheading untuk tulisan yang lebih mudah dipahami. Bukan hanya itu saja, website dengan copywriting akan lebih bagus visualnya jika tulisan dibagi-bagi dalam bentuk heading dan subheading.

Coba bandingkan, jika ada dua tulisan yang satu full text tanpa ada pemisah, dengan yang ada pemisahnya, pasti lebih menarik dibaca yang ada pemisahnya bukan?

5. Pembuka yang Menarik dan Sugestif


Copywriting memang jadi awalan untuk segalanya. Sebelum menunjukkan konten artikel pada website pun, pengguna internet akan membaca copywriting nya dulu. Meskipun wujudnya sebagai pembuka, di dalam penulisan copywriting sendiri tetap ada pembuka, isi, dan penutup. Kemungkinan besar Anda sudah paham betul akan hal ini.

Pembuka tulisan yang menarik akan membuat pengguna internet lebih tertarik sehingga mau mencari info di tulisan tersebut. Sekali lagi, akan mudah bagi sebuah tulisan untuk memberikan manfaatnya pada pembuatnya jika pembacanya sudah mau menyimak sampai selesai.

Cara membuat pembuka yang menarik bisa diawali dengan sapaan yang sesuai dengan target pembaca. Salam pembuka bacaan untuk remaja tentu berbeda dengan target pembaca orang dewasa.

Bisa juga dilanjutkan dengan pertanyaan atau info to the point sesuai dengan apa yang diberikan website tersebut. Seperti misalnya jika website tersebut adalah website perusahaan yang menjual produk kecantikan, maka pembuka copywriting bisa dimulai dengan mempertanyakan masalah kulit. Mudah bukan?

Mudah dipahami dan logis, jika dari awal Anda sudah bisa membuat pembaca suka atau merasa akan mendapat solusi, maka mereka copywriting Anda sudah bisa berikan manfaatnya.

SEO Copywriting Bisa Memaksimalkan Omzet Anda


Mungkin sebelumnya Anda menilai bahwa menerapkan SEO copywriting adalah hal yang sulit. Padahal, sebenarnya intinya adalah Anda membuat sebuah tulisan, dengan beberapa hal yang ditambahkan, di upload, dan biarkan waktu yang bekerja.

Mungkin Anda menemukan istilah-istilah yang sama sekali tidak awam sehingga membuat Anda khawatir duluan untuk membuat copywriting. Bisa itu karena adanya istilah html, bahasa pemrograman, subheading, kode, dan lain sebagainya. 

Setelah mengetahui apa saja strategi dalam menulis SEO copywriting di atas, pastinya Anda sudah lebih terinspirasi dan bisa kedepannya membuat versi yang lebih oke. Versi yang lebih mudah menarik perhatian dan daya beli, mudah dibuat, dan mudah memberikan fungsinya untuk meningkatkan penjualan bisnis.