Wajib Tahu! Ini Alasan Penting Bisnis Online Perlu Strategi Marketing

Menjalankan bisnis online bukan hanya sekedar menjadikan bisnis yang tadinya offline menjadi go online saja. Bukan sekedar menemukan marketplace yang
Stategi Marketing Bisnis Online

Menjalankan bisnis online bukan hanya sekedar menjadikan bisnis yang tadinya offline menjadi go online saja. Bukan sekedar menemukan marketplace yang tepat untuk bisa menjual produk atau jasa Anda sehingga lebih banyak diketahui pengguna internet. Juga bukan hanya soal melakukan pengiklanan melalui sosial media ads saja supaya yang pakai media sosial pun juga bisa familiar dengan produk Anda.

Ada beberapa ‘tantangan’ yang harus dilalui pebisnis dalam menjalankan bisnis online. Mungkin sebagian akan berat atau challenging, namun apa daya di zaman modern seperti sekarang rasanya akan kurang profit jika bisnis belum go online.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya bisnis yang bergerak di dunia online diiklankan pada target pasarnya, bisa diketahui semakin banyak orang, dan tak ketinggalan tujuan utamanya, untuk memberikan pemasukan bisnis. Bukan hanya untuk menjadikan pengguna internet sebagai pelanggan saja, namun juga untuk menjadikan pelanggan sebagai pelanggan tetap. Semakin banyak yang beli, semakin banyak pula pemasukannya.

Bisnis Online, Bidang Usaha yang Jadi Tren di Era Digital


Artian bisnis online sendiri sebenarnya mencakup beberapa hal sekaligus. Utamanya untuk istilah bisnis yang bergerak di dunia online, tanpa harus menghilangkan bisnis offline yang sudah ada sebelumnya. Cakupan artian lainnya adalah instrumen yang digunakan untuk berbisnis, tujuannya di-online-kan, hingga strategi marketing yang dipilih.

Tidak sedikit opsi strategi untuk marketing di bisnis online. Namun bukan berarti bisa dipilih sembarangan karena semua tujuannya sama. Tetap harus selektif dalam memilih, supaya tertarget, tepat sasaran, sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, dan masih banyak lainnya yang tujuannya adalah untuk mengenalkan bisnis pada warga internet dan menambah pemasukan.
Mengapa Bisnis Online Butuh Strategi Marketing

Memang sudah dibahas sedikit mengapa suatu bisnis online akan membutuhkan strategi marketing. Sebenarnya tetap boleh-boleh saja asal-asalan berbisnis secara online dengan cara yang sederhana, misalnya dengan hanya upload produk di marketplace atau mengiklankan lewat chatting aplikasi media sosial, namun Anda sebagai pebisnis optimis dan dinamis pasti bercita-cita untuk ‘membesarkan’ bisnis bukan?

1. Membuat Marketing Tepat Sasaran


Strategi dilakukan untuk membuat segalanya lebih tertarget. Sama halnya dengan melakukan marketing atau beriklan, harus dilakukan dengan strategi supaya sampai ke targetnya. Marketing dalam berbisnis dengan cara online pilihannya ada banyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan, modal marketing, dan bisa juga disesuaikan dengan subjeknya.

Misalnya saja untuk produk yang digunakan remaja, anak sekolah, subjeknya lebih sering menggunakan media sosial daripada mengakses website. Dengan demikian, strategi marketing yang paling oke adalah untuk menggunakan ads media sosial. Hal ini berlaku untuk subjek lainnya, dan disinilah alasan utama mengapa sebuah strategi dibutuhkan.

2. Menghemat Pengeluaran


Jika sudah bisa diketahui strategi marketing apa yang tepat, yang paling dibutuhkan suatu produk, maka tentu Anda akan lebih hemat pengeluaran. Memang tidak semua marketing membutuhkan biaya. Namun jika nantinya ada beberapa marketing sekaligus yan bisa dilakukan dan membutuhkan biaya, jika Anda sudah tahu mana yang paling pas, akan lebih menghemat biaya bukan?

Secara langsung Anda bisa menggunakan strategi yang paling efektif, tidak perlu lagi coba-coba marketing ini-itu yang membutuhkan lebih banyak pengeluaran.

3. Menyegerakan Adanya Pemasukan


Pemasukan segera ada jika strategi marketing yang dipilih sudah tepat. Bisa disimpulkan ada dua hal utama yang Anda terima dengan memilih strategi yang paling pas, yang pertama Anda sebagai pebisnis bisa menghemat pengeluaran karena tak perlu coba-coba, yang kedua Anda bisa mendapatkan pemasukan dengan lebih cepat.

Apalagi yang ditunggu dari sebuah bisnis kalau bukan pemasukan? Bukan hanya untuk menyegerakan adanya pemasukan saja, pastikan pemasukan terus meningkat sehingga bisnis Anda semakin besar.

4. Memperbanyak Orang yang Tahu Eksistensi Bisnis


Effort yang dilakukan seharusnya bukan hanya untuk memperkaya Anda saja. Memang benar Anda mau berbisnis untuk menambah pemasukan, namun rasanya akan kurang bila berbisnis hanya untuk tujuan itu saja. bagaimana kalau bisnis yang Anda buat sendiri ini dikembangkan sehingga bisa semakin besar? Jauh lebih baik bukan?

Alasan mengapa strategi marketing dilakukan yang selanjutnya adalah untuk hal ini juga, membuat semakin banyak orang tahu eksistensi bisnis Anda. Akan lebih mudah bagi bisnis Anda untuk memberikan masukan jika sudah banyak orang yang tahu. Apalagi jika mereka tidak hanya tahu bisnis Anda saja, melainkan tahu produk yang dijual dan apa kelebihannya dibanding produk lain.

5. Menjadikan Mereka Pelanggan


Strategi marketing dilakukan juga untuk menarik pelanggan. Menjadikan seseorang yang tadinya hanya pengguna internet menjadi pelanggan di bisnis skala online Anda adalah tujuan. Menjadi hasil akhir atas strategi dan segala upaya yang dilakukan dalam menjalankan bisnis yang online.

Menjadikan orang yang hanya mampir di marketplace tertarik untuk beli produk Anda, menggunakan fasilitas atau fitur yang disediakan marketplace. Menjadikan pengguna internet yang sedang Googling menemukan website bisnis Anda dan tertarik untuk terus berada di sana karena telah menemukan apa yang mereka cari. Begitu seterusnya sampai Anda merasa strategi marketing yang dilakukan sudah cukup.

6. Menjadikan Mereka Pelanggan Tetap


Jangan sampai orang yang sudah beli produk Anda tidak melakukan repeat order. Pastikan mereka terus merasa nyaman dan menganggap produk yang Anda tawarkan adalah apa yang mereka butuhkan. Untuk membuat hal ini nyata, upayanya memang untuk mempertahankan kualitas produk. Namun strategi marketing juga tak kalah pentingnya untuk ambil bagian.

Sebuah Tantangan Untuk Anda  dalam Menjalankan Bisnis Online


Menjalankan bisnis online belum 100% sebuah solusi jika Anda merasa belum tertantang dalam menjalankannya. Ada beberapa tantangan yang akan Anda hadapi untuk menjalankan bisnis ini. Tantangan yang boleh-boleh saja diabaikan, namun boleh dihadapi jika Anda benar-benar ingin bisnis Anda bisa maju di dunia online.

Dimulai dari tantangan untuk memastikan apakah pelanggan Anda benar-benar mengeluarkan uang untuk Anda. Do they spends their money to you? Apakah mereka hanya mencari info saja. Seperti yang sudah Anda tahu bahwa salah satu strategi marketing bisnis online adalah dengan marketing artikel, perantara produk Anda dengan pengguna internet yang bisa menambah wawasan mereka. Pastikan mereka tidak hanya dapat wawasan saja, melainkan juga menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Pastikan apakah strategi marketing yang dilakukan sudah tepat sasaran atau belum. Cari feedback dari mereka, seperti misalnya menanyakan dari mana mereka mendapatkan info tentang bisnis Anda. Apakah dari ads media sosial, dari kerabat, atau sumber lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah marketing yang dilakukan sudah tertarget atau belum. Siap untuk menjalankan bisnis online dengan strategi marketing? Saatnya untuk memilih strategi yang paling relate dengan bisnis Anda, mengerahkan lebih banyak hal, dan tingkatkan pemasukan bisnis Anda dengan cara online ini.