Bau Mulut Saat Puasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anda pasti sering mengalami bau mulut saat puasa. Mungkin ini bukan masalah besar, karena sekaligus menjadi karakter khas yang muncul saat berpuasa. A
Bau Mulut Saat Puasa

Anda pasti sering mengalami bau mulut saat puasa. Mungkin ini bukan masalah besar, karena sekaligus menjadi karakter khas yang muncul saat berpuasa. Akan tetapi, apabila tidak diatasi secara tepat, maka dapat menjadikan Anda merasa kurang nyaman. Ditambah lagi ketika berbicara.

Bahkan, bukan tidak mungkin bau mulut saat puasa bisa menurunkan kepercayaan diri Anda manakala berbicara serta berinteraksi. Diri sendiri pun menjadi kurang nyaman.Maka dari itu, supaya berpuasa menjadi lebih nyaman, alangkah baiknya untuk mengetahui cara mengatasi bau mulut yang terjadi pada saat berpuasa. Uraian lebih lanjutnya akan disampaikan pada bagian selanjutnya.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa 


Ketika berpuasa, Anda tidak boleh makan dan minum seharian penuh, sejak terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Hal ini kemudian menjadikan Anda tidak makan selama berjam-jam. Yang mana kondisi demikian ini sangat berpengaruh terhadap keadaan mulut. 

Bau mulut menjadi komponen yang boleh dikatakan sulit untuk dihindari. Pasalnya, setiap kali berpuasa, mulut cenderung mengeluarkan bau yang tidak biasanya. Situasi ini mungkin akan membuat Anda merasa kurang nyaman. Lalu, mengapa bau mulut ini bisa terjadi? 

Penyebabnya tidak lain adalah karena produksi air liur dalam mulut berkurang. Sebab, tidak adanya makanan dan minuman yang masuk. Air liur berperan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada mulut, sekaligus juga menjadi penghambat timbulnya bakteri. Karena jumlah air liur mengalami penurunan, maka bakteri menjadi lebih bisa berkembang secara cepat. 

Akibatnya, bakteri akan menimbulkan gas-gas yang baunya tidak sedap, sehingga menjadikan timbulnya bau mulut. Saat berbicara dengan orang lain, pasti bau mulut ini sedikit mengganggu. Selain itu, bau mulut yang muncul ini juga bisa dipicu karena kebiasaan hidup kurang sehat. Dengan kata lain, kesehatan mulut kurang dijaga. 

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena bau mulut tersebut bisa diatasi dengan solusi yang tepat. Adapun alternatif solusi yang bisa diterapkan tentunya tidak jauh berkaitan dengan kesehatan mulut. Sebagaimana yang telah disampaikan, mulut yang kering mendorong timbulnya bau. 

Hal ini menjadi sulit, sebab saat berpuasa makan dan minum adalah hal yang tidak diperbolehkan. Padahal, kunci untuk menghilangkan bau mulut ini adalah dengan membuat mulut tidak kering. Jadi, bagaimana langkah yang seharusnya dilakukan? Penjelasannya secara detail akan diuraikan pada bagian di bawah ini.

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa 


Terdapat beberapa tips berupa cara-cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Namun, perlu diketahui bahwa tips yang akan dipaparkan di bawah ini tidak akan menjadikan puasa Anda batal. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi. Yuk, simak bagaimana caranya.
 

1. Minum Air Putih yang Cukup Ketika Berbuka dan Sahur 


Air putih memiliki peran yang sangat besar terhadap tubuh. Melalui konsumsi air putih yang cukup, maka metabolisme pada tubuh bisa berjalan secara optimal. Hal ini menjadikan organ-organ tubuh dapat bekerja sebagaimana yang seharusnya. Termasuk juga mulut. 

Maka dari itu, untuk menghilangkan bau mulut saat puasa, sebaiknya Anda minum air putih secara maksimal. Kegiatan ini bisa dilakukan di saat sahur dan berbuka. Asalkan Anda tidak minum air putih ketika berpuasa, karena bisa membuat puasa menjadi batal.
 

2. Maksimalkan Konsumsi Buah 


Buah-buahan mengandung kadar air dan serat yang tinggi. Yang mana keduanya ini sangat bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Karena itu, alangkah baiknya untuk mengonsumsi buah-buahan saat sahur serta berbuka untuk menghilangkan bau mulut. Selain bau mulut hilang, pencernaan pun bisa menjadi semakin lancar manakala Anda mengonsumsi buah-buahan dengan cukup.
 

3. Sebaiknya Hindari Makanan yang Mempunyai Bau Menyengat 


Makanan yang memiliki bau menyengat dapat memperparah bau mulut yang terjadi. Karenanya, mengonsumsi makanan yang berbau demikian ini tidak dianjurkan ketika berpuasa. Sebab, bisa membuat mulut mengeluarkan bau tidak sedap yang kuat, sehingga sulit untuk dihilangkan. 

Berdasarkan kondisi tersebut, maka sebaiknya Anda menghindari makanan yang berbau menyengat saat puasa. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan bau mulut.

4. Bersihkan Karang Gigi yang Ada 


Karang gigi yang menumpuk memicu munculnya bau mulut yang tidak sedap. Pasalnya, karang gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang berada dalam mulut. Karena tidak dibersihkan, akibatnya sisa-sisa makanan tersebut melekat pada mulut. Yang mana bisa menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. 

Karena itu, alangkah baiknya untuk membersihkan karang gigi agar mulut tidak bau. Anda pun menjadi semakin nyaman.

5. Berhenti Untuk Merokok 


Rokok mengandung tembakau yang bisa membuat mulut memiliki bau tidak sedap. Tidak hanya itu, merokok juga dapat mengurangi produksi air liur, sehingga mulut menjadi kering serta menimbulkan bau. Bahkan, bisa memicu terjadinya radang pada gusi. 

Oleh karenanya, sebaiknya Anda berhenti merokok, baik saat berpuasa maupun tidak. Hal ini bisa menjadikan mulut selalu terjaga baunya. Begitupun ketika puasa, mulut menjadi selalu segar.
 

6. Gunakan Mouthwash 


Mouthwash akan menjadikan mulut selalu segar, sehingga terhindar dari bau. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih mouthwash yang anti alkohol. Sebab, kandungan alkohol justru bisa membuat mulut semakin kering. Yang mana kondisi ini akan menjadikan mulut semakin bau.
 

7. Sikap Gigi Secara Rutin 


Selain mouthwash, menyikat gigi secara rutin juga bisa meminimalisir timbulnya bau mulut. Saat Anda menyikat gigi secara teratur, maka sisa-sisa makanan bisa dihilangkan. Dengan begitu, tidak lagi ada makanan yang tersisa dalam mulut, sehingga tidak akan menumpuk karang gigi. 

Ditambah lagi jika Anda menggunakan pasta gigi yang tepat. Hal tersebut bisa menjadikan bau mulut dihilangkan seutuhnya.

Kandungan Pasta Gigi Untuk Atasi Bau Mulut Saat Puasa 


Seperti yang telah diuraikan di atas, menyikat gigi secara rutin dapat membantu Anda menghilangkan bau mulut. Dalam hal ini, pemilihan pasta gigi pun harus diisesuaikan. Artinya, tidak boleh asal memilih pasta gigi. Sebab, dapat menyebabkan fungsinya kurang optimal. Pasta gigi semacam apa yang seharusnya dipilih? 

Sebaiknya, Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride serta kandungan bahan alami yang bisa menghilangkan bau mulut. Diantaranya, yakni Eucalyptus dan Adas. Eucalyptus merupakan komponen pembersih gigi. Bahkan, Eucalyptus juga bisa membersihkan plak pada gigi. 

Kemudian, adas yang ada dalam pasta gigi akan menjadikan nafas Anda selalu segar. Karenanya, Anda tidak akan menghadapi bau mulut yang menyengat. Dengan demikian, pastinya puasa bisa dijalani secara lebih baik. 

Dengan Close Up, Bau Mulut Saat Puasa Bisa Diatasi 


Pada bagian sebelumnya, telah diuraikan mengenai pasta gigi seperti apa yang seharusnya dipilih. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi mencari. Sebab, telah hadir pasta gigi Close Up yang mengandung semua bahan yang diperlukan gigi untuk tetap segar. 

Maka dari itu, Close Up dapat digunakan sebagai sarana untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Dengan menyikat gigi secara rutin menggunakan Close Up pastinya mulut Anda tidak akan bau. Selain itu, juga menjadi selalu segar. Aktivitas ibadah pun menjadi bisa dilakukan secara khusyuk.