Cara Membuat Blog Pribadi Menggunakan Blogger

Cara Membuat Blog Pribadi

Ada cara membuat blog pribadi yang bisa Anda ikuti supaya segera mempunyainya. Mempunyai blog pribadi memang menyenangkan, dan terkadang bisa memenuhi suatu kebutuhan. Caranya sebenarnya sangat sederhana, hanya saja Anda harus fokus pada prosedurnya supaya tidak membingungkan.

Rangkaian Prosedur Cara Membuat Blog Pribadi


Prosedur membuat blog pribadi yang akan dibahas kali ini menggunakan platform Blogger. Untuk membuat blog pribadi sebenarnya sudah banyak platform yang disediakan, apapun bisa Anda pilih. Namun, yang paling umum digunakan adalah Blogger. Blogger juga dinilai menjadi platform untuk memiliki blog yang paling pas untuk pemula.

Fitur yang diberikan mudah, prosedur membuatnya pun juga sederhana. Berikut adalah satu per satu cara membuat blog pribadi di Blogger.

1. Masuk Ke Blogger


Diawali dengan masuk ke website Blogger terlebih dahulu. Bisa dengan cara mask Google dan mengetikkan Blogger, bisa juga dengan cara masuk langsung ke websitenya.

2. Klik “Blog Baru” Atau “New Blog”


Setelahnya scroll sampai bawah atau sampai anda menemukan opsi bertuliskan “Blog Baru”. Jika tidak ketemu, mungkin pengaturan perangkat Anda menggunakan bahasa Inggris sehingga yang dicari adalah opsi “New Blog”. Klik opsi tersebut untuk mulai membuat blog.

3. Membuat Nama Blog


Anda akan disuruh untuk memasukkan nama blog, di bagian ini nama saja bisa ditulis. Mau membuat nama sekeren apapun, menggunakan nama Anda sendiri, atau apa saja boleh-boleh saja.

4. Memilih URL Blog


Jika nama blog sudah dibuat, Anda akan diberi beberapa pilihan alamat URL. Jika Anda belum tahu, alamat URL inilah yang nantinya akan diketikkan untuk menemukan blog Anda. karena URL ini orang lain bisa menemukan blog Anda.

Blogger akan memberi beberapa URL yang bisa dipilih sesuka hati oleh pemilik blog. Apakah URL ini kedepannya bisa diganti? Bisa.

Untuk mendapatkan domain yang unik dan murah, kami sarankan untuk berlangganan di NiagaHoster. Check nama domain dan temukan domain impian Anda hanya dengan satu klik!

Beli domain tetap ramah di kantong. Banyak pilihan domain murah di Niagahoster, mulai dari Rp 15000,- saja. Niagahoster sudah terpercaya sebagai penyedia domain terpercaya di Indonesia yang sudah terakreditasi ICANN. 

5. Menyimpan Blog


Anda sudah membuat nama untuk blog, URL pun juga sudah dimiliki, kini Anda hanya perlu menyimpannya saja. caranya adalah dengan scroll terus sampai ketemu opsi “Simpan” atau “Save”.

Kedepannya banyak modifikasi bisa dilakukan. Seperti misalnya melakukan perubahan desain background, mengubah font, warna font, tata letak, bahkan nama blog pun juga bisa diubah. Di blog ini Anda juga bisa menceritakan siapa Anda di bagian yang telah diberikan.

Apa Saja yang Bisa Dimasukkan Dalam Blog Pribadi


Ternyata benar adanya bahwa cara membuat blog pribadi sangatlah mudah menggunakan Blogger. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan dengan blog yang sudah ada ini? apa saja yang bisa ditaruh di sana sehingga lebih berfungsi?

Apa yang bisa ditaruh di sana adalah postingan, Anda bisa memposting file apa saja yang memang diinginkan. Entah itu file gambar, tulisan, atau lainnya.

Karena sifatnya adalah milik pribadi, blog ini bisa Anda jadikan catatan harian. Memberikan info yang selama ini Anda ketahui atau membagikan pengalaman mungkin akan jadi ide terbaik, sebab Anda akan membagikan info yang mungkin pengguna internet lainnya belum tahu. Bukankah akan lebih menyenangkan membagikan info di internet dan ternyata membantu orang lain?

Kebanyakkan orang memiliki blog pribadi untuk melakukan hal ini. seperti misalnya pengalaman berwisata, review suatu produk, sebuah prosedur, dan lain sebagainya. Cara membuat blog pribadi ini bisa Anda ikuti dari awal sampai selesai, baru kemudian memanfaatkannya untuk kebutuhan apa saja yang diinginkan.