Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Membeli Aki Motor di Supplier

Tips Membeli Aki Motor di Supplier

Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya, di mana sih tempat yang jual aki motor terpercaya? Soalnya, meski sudah memakai aki motor baru, tapi hanya beberapa minggu sudah soak dan tekor lagi.

Memilih aki motor tak boleh asal-asalan. Sebab, aki motor yang standar memiliki spesifikasi tertentu. Bila tidak diperhatikan, terkadang suplai arus setrum untuk kelistrikan motor tidak bisa bekerja maksimal. Sebagai contoh, spesifikasi aki motor bebek sangat jauh berbeda dengan motor sport. 

Hal ini dipengaruhi oleh arus yang dibutuhkan. Motor bebek hanya butuh setrum kurang dari 60 watt. Jika arus aki motor melebihi 60 watt, tidak heran aki motor cepat tekor. Maka itu, sebaiknya ketahui dulu tips membeli aki motor terpercaya di supplier berikut!

1. Sesuaikan Kebutuhan 


Di pasaran saat ini dapat dijumpai beberapa macam aki. Antara lain aki MF, aki konvensional, and aki hybrid. Aki yang paling umum adalah aki konvensional dengan cairan asam belerang. 

Pemilik aki konvensional harus jeli melihat ketinggian cairan aki agar tidak sampai kehabisan cairan atau tekor. Sementara itu, aki MF adalah jenis aki yang paling mahal namun bebas perawatan. Setelah dipasang aki MF bisa langsung dinyalakan. 

Sedangkan, untuk aki hybrid, membutuhkan perawatan yang sama seperti aki konvensional. Akan tetapi, aki hybrid juga bisa langsung dipasang seperti aki MF. 

2. Daya Setrum


Sangat penting untuk memahami berapa besar daya setrum yang dibutuhkan sebelum membeli aki motor. Sebab, aki motor juga memiliki ampere, voltase, ukuran serta dimensi dan kapasitas yang berbeda-beda. 

Usahakan untuk memilih aki baru dengan daya setrum yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Apabila keliru atau tegangan setrum lebih tinggi, maka dapat terjadi korsleting dan merusak komponen kelistrikan motor secara permanen. 

3. Memberikan Garansi


Jangan segan untuk membeli aki motor yang menawarkan garansi. Biasanya, toko yang jual aki juga melengkapi dengan garansi selama 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan ada yang sampai 5 tahun. 

Garansi ini tampaknya sepele, namun sangat penting mengingat aki motor juga tidak luput dari berbagai kendala dan kerusakan. Dengan garansi Anda bisa lebih tenang ketika membeli dan memakainya, karena bisa mendapatkan pengganti aki baru jika mengalami kerusakan. 

Jika Anda membeli langsung ke supplier yang jual aki motor, mintalah atau setidaknya tanyakan terlebih dahulu apakah mereka punya bukti garansi. Jika tidak ada, cukup dicantumkan di sisi lembar belakang nota transaksi agar toko tersebut siap memberikan jaminan atau garansi aki baru bila terjadi kendala dan bukan hanya aki rekondisi. 

4. Hindari Membeli Aki Bekas


Dari segi harga, aki bekas memang lebih murah. Namun, sebaiknya hindari tergiur harga murah, yang kualitas aki motornya abal-abal. Aki bekas atau aki rekondisi biasanya adalah aki lama yang dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat baru dan bisa menyalakan listrik. 

Sekalipun rekondisi, aki modifikasi ini ternyata oleh oknum tertentu dijual dengan harga yang sama seperti aki baru. Sangat direkomendasikan agar Anda selalu memilih tempat yang jual aki motor terpercaya. 

Sudah pasti Anda bisa mendapatkan jaminan kualitas dari para supplier di Indotrading. Sebab, Indotrading merupakan direktori bisnis dan marketplace B2B yang menyediakan berbagai kebutuhan barang dan jasa. Termasuk aki motor, aki mobil, dan komponen kendaraan lainnya.
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "4 Tips Membeli Aki Motor di Supplier"

Berlangganan via Email