Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangkitkan Semangat UKM Indonesia Dengan Inovasi Modern

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Beli domain dan hosting akan dibutuhkan oleh pebisnis UKM yang sudah menyadari bahwa go online adalah hal penting. Saya menyadari sebagai pebisnis UKM harus melek dengan perkembangan zaman yang terjadi sekarang ini. Banyaknya orang yang memenuhi kebutuhan mereka melalui internet membuat saya memutuskan untuk juga menawarkan produk saya di internet. 

Saya percaya diri dengan bisnis yang dijalankan secara offline atau hanya di dunia nyata saja. Berbekal produk yang selalu ada atau siap, tempat usaha, dan mempekerjakan karyawan, saya yakin bisnis saya bisa terus berkembang. 

Sampai suatu waktu saya menyadari bahwa itu saja akan kurang demi mewujudkan mimpi saya sebagai pebisnis UKM. Pada akhirnya saya baru ingat bahwa sebagai pebisnis seharusnya saya bersikap dinamis. 

Kemudian saya berinisiatif untuk juga menawarkan produk di internet atau lebih populer disebut sebagai meng-online-kan bisnis yang sudah ada. Tentu saja untuk seseorang seperti saya merasa kebingungan tentang apa yang harus dilakukan supaya mereka yang menggunakan internet menemukan produk yang saya jual. Terus belajar adalah kunci, hingga akhirnya saya menemukan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan tujuan tersebut. 

Terinspirasi dengan seseorang membuat saya terus mengantongi wawasan dunia online serta strategi marketing secara online. Harapan saya adalah tidak hanya saya sebagai pebisnis UKM saja yang melek akan hal ini. 

Akan lebih baik jika seluruh bisnis UKM di Indonesia juga menawarkan produk atau jasa mereka secara online, supaya lebih mudah ditemukan. Pemasukkan bisnis akan terus bertambah jika semakin banyak orang yang telah mengenal bisnis yang dijalankan.

Pelaku UKM Indonesia Harus Terinspirasi 


Setiap pebisnis seharusnya selalu terinspirasi sehingga bisa bersikap dinamis untuk bisnis atau usaha yang dijalankan. Apalagi untuk pelaku usaha kecil dan menengah seperti Anda. 

Bangkitkan Semangat UKM Indonesia Dengan Inovasi Modern

Lebih sering disebut sebagai UKM, jika memang Anda hadir sebagai pelaku UKM sebaiknya bersikap dinamis untuk bisa menghadapi masalah apa saja yang akan datang. Pebisnis yang bersifat dinamis dan selalu terinspirasi bisa mengantarkan usaha maupun bisnisnya ke perkembangan yang baik. 

Anda yang menjalankan sebuah bisnis tentunya berencana untuk menjadikannya sebagai bisnis yang selalu berjalan dan mengudara. Inilah alasan mengapa sebaiknya sebagai pebisnis harus memiliki sifat yang mudah terinspirasi. Berpegang teguh pada pendirian, terutama pada pelayanan dan produk yang ditawarkan memang oke-oke saja. Namun Anda akan mengenal kata ‘inovasi’ dalam berbisnis yang mana akan membuat Anda harus bersikap inovatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

Jika seorang pebisnis sudah mengantongi sikap dinamis, mudah terinspirasi, dan inovatif maka tidak akan sulit baginya untuk terus menyelamatkan bisnis supaya tetap berkembang dengan baik. Sebab jika beberapa sikap tersebut sudah ada, maka tidak akan sulit untuk menjadikan calon konsumen menjadi konsumen dan mengubah konsumen menjadi konsumen tetap.

Menjadikan Konsumen Menjadi Pelanggan Adalah Tujuannya 


Konsumen tetap bisa diandalkan untuk memberikan pemasukan tetap pula bagi perusahaan. Hanya saja, sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya supaya mereka yang sudah menggunakan produk atau jasa kembali lagi untuk menggunakan produk yang sama. Satu orang saja yang melakukan hal ini sudah memiliki impact yang besar untuk perusahaan, apalagi jika ada banyak orang yang juga melakukannya. 

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Mempertahankan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan memang menjadi hal yang penting. Hal itu saja akan kurang efektif bila Anda tidak memiliki strategi berbisnis yang baik. Bicara soal strategi bisnis, maka akan ada banyak sekali metode atau cara yang bisa diaplikasikan. Anda memang diharapkan menjadi sosok yang dinamis ketika sudah mantap menjadi pebisnis. Namun bukan berarti harus selalu terombang-ambing dengan tren yang berjalan. 

Maksudnya adalah, sebaiknya Anda membuat inovasi produk yang tetap dibutuhkan oleh masyarakat atau konsumen. Tetap hadirkan produk atau jasa yang sifatnya solutif supaya mendapatkan probabilitas besar untuk menjadikan mereka yang telah menggunakan produk atau jasa kembali lagi. Jangan sesekali mencoba mengurangi kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan jika Anda tidak menginginkan masalah fatal. 

Jika bisnis atau produk Anda sudah dikenal baik di tengah masyarakat, maka jangan sesekali mencoba memperburuk namanya. Pebisnis seperti Anda tentu saja tidak menginginkan hal ini terjadi. Yang perlu dipahami adalah, apapun yang tidak menjadi kehendak Anda bisa saja mendatangkan kendala ini. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa Anda juga harus berhati-hati dalam berbisnis supaya tidak menemukan kendala-kendala yang menurunkan daya tarik masyarakat. 

Kembali lagi ke bahasan utama kali ini, bagaimana caranya supaya menjadi pebisnis yang selalu terinspirasi. Yang selalu terinspirasi akan melek dan mengetahui apa yang dibutuhkan atau diinginkan di sekitarnya. Namun bukan artinya harus selalu atau sesering mungkin mengubah apa yang telah ditawarkan oleh bisnis Anda. Karena jika demikian bisa saja mendatangkan kejenuhan pada konsumen, terutama pada konsumen tetap.

Ciri Khas Bisnis Adalah yang Utama 


Apa tren yang sedang berjalan di tengah masyarakat bisa diikuti dengan tidak menghilangkan unsur kekhasan yang dimiliki bisnis Anda. Nama perusahaan atau bisnis, logo, dan ciri khas yang telah dihadirkan di awal berdirinya bisnis harus tetap ada selamanya. 

Apalagi kali ini Anda hadir sebagai pebisnis UKM yang mana artinya Anda menghadirkan sebuah usaha kecil dan menengah. Usaha dengan modal yang terbatas tetap harus berkembang supaya bisa dikenal seluas mungkin di tengah masyarakat. 

Modalnya memang kecil atau terbatas, bukan berarti keuntungannya juga harus kecil. Inilah alasan mengapa seharusnya pebisnis UKM dituntut untuk lebih dinamis daripada pebisnis pada umumnya. Karena adanya keterbatasan, harus ada yang di seimbangkan, yaitu berupa sikap dinamis untuk lebih mengerti apa yang harus diberikan kepada masyarakat supaya mendatangkan konsumen.

Mendukung UKM Indonesia Go Online Dengan Website Builder 


Pebisnis UKM memang dituntut untuk menjadi sosok yang dinamis, sama artinya dengan mengikuti perkembangan zaman. Zaman yang sedang berjalan saat ini adalah zaman modern yang menggunakan teknologi untuk kebutuhan dan aktivitas apapun. Karena perkembangan teknologi yang ada sekarang ini, siapa pun bisa menemukan apapun dengan mudah. Kebutuhan dan keinginan yang dimiliki bisa dipenuhi melalui internet atau dunia online.

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Seorang pebisnis UKM memiliki sikap dinamis, maka pastinya sudah berkeinginan untuk juga membuat bisnisnya bergerak secara online. Hingga pada akhirnya nanti pebisnis UKM nanti akan membutuhkan hosting UKM dan website builder. Dua hal yang akan menjadi instrumen selanjutnya yang dibutuhkan oleh pebisnis UKM untuk mengikuti zaman. 

Pebisnis seperti Anda memang bisa memilih cara apa saja untuk menjadikan bisnis online yang dijalankan menarik perhatian sebanyak mungkin pelanggan. Cara apa saja boleh diambil, asalkan memang bisa diaplikasikan. Strategi apa saja untuk mengatasi kendala bisnis apapun juga bisa diterapkan. 

Kompetisi memang akan ada, sebagaimana bisnis yang bergerak secara offline. Rasanya hal ini tidak akan terlalu menjadi tantangan bagi pebisnis yang telah go online. Menjadikan bisnis offline menjadi bisnis online adalah solusi yang sangat tepat untuk sekarang ini. Masa-masa di mana perkembangan online lebih cepat daripada perkembangan di dunia offline. Informasi lebih cepat menyebar di internet daripada di dunia nyata. 

Ambil positif dari fenomena ini untuk memajukan bisnis UKM yang sedang Anda jalankan saat ini. Jangan bersikap skeptis hanya karena Anda belum pernah mencoba sebelumnya. Sebab sebagai pebisnis Anda akan kurang pas bila memiliki sikap pesimis maupun skeptis. Keoptimisan sebagai seorang pebisnis bisa dibuktikan dengan kemauan untuk menggerakkan bisnis offline menjadi bisnis online.

UKM Harus Siap Berkompetisi Secara Digital 


Belajar lebih banyak lagi wawasan tentang internet dan pengalaman pebisnis lain supaya semakin maksimal prosesnya nanti. Semakin banyak Anda belajar maka akan semakin banyak pula yang didapat. Belajar dari pengalaman orang lain juga tidak ada salahnya. Nantinya Anda bisa menghindari berbagai hal yang sebaiknya memang tidak dilakukan. 

Seharusnya seluruh pebisnis atau pelaku UKM di Indonesia siap untuk go online. Bukan berarti harus menutup bisnis offline yang sekarang sudah siap. Yang disarankan adalah untuk menjadikan bisnis yang tadinya bergerak secara offline menjadi bergerak secara online. Anda boleh menjalankan bisnis secara offline maupun online. Malahan hal ini bisa jadi solutif untuk beberapa bidang bisnis atau produk-produk tertentu.

Toko Online, Marketplace, dan E-Commerce 


Sebagai pebisnis yang baru akan mengetik menggerakkan bisnis secara online Anda akan menemukan beberapa istilah yang mungkin masih belum dipahami 100%. Anda selanjutnya akan berkecimpung di dalamnya, maka lebih baik bila sedini mungkin mengetahui istilah-istilah tersebut. 

Ada tiga istilah yang masih cukup membingungkan untuk dibedakan. Istilah tersebut adalah toko online, marketplace, dan e-commerce. Anda harus memilih mana instrumen yang paling tepat untuk bisnis UKM Anda. Maksudnya adalah apakah Anda akan menjadikan bisnis UKM menjadi toko online, ditawarkan pada marketplace atau dibuatkan e-commerce. Sebagai pertimbangan Anda bisa menggunakan tabel perbedaan antara ketiganya berikut ini.

PembedaToko OnlineMarketplaceE-Commerce
Media pembayaranPaling umum transfer bank (ke rekening pemilik usaha)Transfer bank, saldo dompet elektronik, dan minimarketTransfer bank
PembayaranPembayaran bisa dilakukan dengan transfer direct ke pemilik usahaKan ada pihak kedua yang menjadi perantara, sehingga dana yang dikirimkan pembeli tdak langsung sampai ke penjualPembayaran memang bisa dilakukan dengan transfer direct ke pemilik usaha, namun akan ada beberapa proses yang harus dilalui
Media komunikasiKomunikasi langsung antara penjual dan pembeli menggunakan media sosial atau aplikasi chattingMarketplace memberikan fitur yang berfungsi untuk media berkomunikasi antara pembeli dan penjual, seluruh obrolan akan diawasi oleh marketplace yang bersangkutanE-commerce yang bersangkutan telah menyediakan fitur kirim pesan dan email yang menjadi layanan berkomunikasi antara pembeli dan penjual
Jenis produkMenjual barang apa saja yang diinginkan penjual atau pelaku bisnis. Berjualan bisa dilakukan melalui sosial media dan aplikasi.Marketplace menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin berjualan dan siapa saja yang sedang mencari barangE-commerce hanya akan menjual brand atau merek pribadi (maksudnya, setiap brand akan memiliki e-commerce masing-masing)

Untuk menjadikan bisnis UKM menjadi bisnis online memang akan dibutuhkan banyak hal. Soal instrumen dan peralatan yang mendukung saja. Juga akan membutuhkan wawasan dan sedikit ilmu internet dan teknologi supaya lebih siap dalam menghadapi segala hal. 

Seperti yang telah disuguhkan pada tabel di atas. Ketika Anda menggerakan bisnis secara online maka akan ada tiga instrumen yang harus dipilih salah satunya. Anda bisa memutuskan untuk membuka toko online yang bisa dijalankan melalui sosial media dan aplikasi, juga bisa memilih marketplace, hingga membuka e-commerce. Apa perbedaan dari ketiganya sudah diketahui melalui tabel di atas.
 

Website Builder Terbaik Oleh MasterWeb 


Kini Anda sudah lebih mudah mempertimbangkan untuk memilih yang mana sebagai instrumen penggerak bisnis online saat ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta mungkin sudah bisa Anda simpulkan sendiri dari tabel di atas. 

Toko online memang lebih oke jika Anda membutuhkan keleluasaan dalam berbisnis. Marketplace akan memberikan Anda wadah yang sangat aman untuk menjual produk Anda. Terakhir ada opsi e-commerce yang akan membuat Anda lebih leluasa sekaligus mendapatkan keamanan. 

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Jika e-commerce dirasa menjadi opsi yang paling solutif, maka nantinya Anda akan membutuhkan hosting UMKM. Website builder terbaik juga akan Anda butuhkan untuk memaksimalkan kepuasan konsumen. Lalu siapakah pihak yang bisa membantu Anda dalam kebutuhan ini? Kemungkinan besar saat ini juga Anda kurang tahu Apa langkah yang diambil selanjutnya.

Tidak perlu khawatir terkait hal ini, karena sesegera mungkin Anda akan menemukan siapa yang siap membantu Anda untuk memenuhi segala kebutuhan menjadikan UKM sebagai bisnis online kali ini.

Mudahnya Beli Domain dan Hosting di MasterWeb 


Beli domain dan hosting bisa di MasterWeb. Untuk Anda yang belum tahu domain dan hosting adalah apa yang dibutuhkan untuk bisa memiliki website e-commerce yang tujuannya digunakan untuk menjadikan bisnis UKM go online.

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Bisnis yang akan digerakkan secara online akan membutuhkan instrumen-instrumen tertentu meskipun dalam tabel perbandingan antara toko offline dan toko online, toko online lebih solutif karena tidak membutuhkan banyak biaya, tempat, dan tenaga. 

Website untuk perusahaan bisa berwujud menjadi website yang mengenalkan perusahaan dan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Tak sekedar itu saja, namun bukan berarti website tersebut tidak bisa digunakan untuk berjualan. Jika suatu website bisnis sudah digunakan untuk berjualan maka bisa disebut sebagai e-commerce. Pembuatan e-commerce untuk produk yang Anda tawarkan pada bisnis UKM akan sangat membantu segala hal. 

Hal pertama yang harus diketahui adalah dengan website, bisnis UKM Anda bisa lebih dikenal banyak orang nantinya. Kesan hadir sebagai bisnis yang profesional pun akan tercipta di antara kalangan masyarakat. Jika suatu bisnis memiliki kesan profesional maka tidak akan sulit bagi seseorang untuk menaruh kepercayaan. Baik kepercayaan untuk perusahaan maupun untuk produk yang ditawarkan. 

Karenanya ada benar-benar akan membutuhkan beli domain dan hosting di pihak yang terpercaya. Lebih baik lagi jika pihak yang akan Anda percaya ini juga bisa menjadi website builder yang akan menyempurnakan website bisnis UKM Anda. Entah itu sempurna soal pengoperasiannya, tampilannya hingga pengalaman yang didapatkan oleh konsumen.

Manfaat yang Bisa Diperoleh Bagi Penggiat UKM Go Online 


Pengalaman menelusuri website yang cepat dan menyenangkan sudah pasti bisa meningkatkan daya beli. Lain cerita jika website yang dituju ternyata lama melakukan loading atau memiliki tampilan yang buruk. 

Jasa yang menawarkan website builder dan memberikan Anda kesempatan untuk beli domain dan Hosting UMKM akan melakukan ini semua untuk Anda. Tujuannya adalah supaya bisnis UKM yang tadinya bergerak secara offline bisa bergerak secara online dengan kesan yang menarik dan tetap meningkatkan daya beli. 

Sesuatu yang dilihat secara online memang merupakan hal maya. Namjun justru menjadi strategi marketing yang baik untuk meningkatkan daya beli konsumen maupun calon konsumen. 

Bukan tidak mungkin lagi menjadikan seseorang untuk membeli produk Anda sehingga memiliki sebutan sebagai konsumen. Juga bukan tidak mungkin lagi jika Anda mengubah konsumen menjadi konsumen tetap di bisnis Anda.
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "Bangkitkan Semangat UKM Indonesia Dengan Inovasi Modern"

Berlangganan via Email