Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit yang Ditimbulkan Pencemaran Udara dan Apa yang Harus Dilakukan

Pencemaran udara

Pencemaran udara adalah salah satu masalah lingkungan yang sangat bisa menyebabkan masalah kesehatan. Sayangnya, masalah lingkungan yang satu ini masih sulit diberantas atau dikurangi intensitasnya. 

Banyaknya orang yang menggunakan kendaraan pribadi, pembakaran sampah, hingga aktivitas pabrik bisa menyebabkan terjadinya pencemaran udara. 

Masalah kesehatan yang selalu disebabkan pencemaran udara tentunya adalah masalah kesehatan yang menyerang saluran pernapasan. 

Baru kemudian diikuti dengan masalah kesehatan di bagian mata, kulit, dan bagian tubuh atau sistem tubuh lainnya. 

Ada berbagai jenis penyakit yang salah satu penyebab utamanya adalah udara yang tercemar dan terlalu banyak dihirup. 

Gejala-gejala antara satu penyakit dengan lainnya juga hampir sama, namun selalu saja ada gejala kesulitan bernapas. 

Penyakit yang Bisa Ditimbulkan Karena Pencemaran Udara 


Seperti yang telah dibahas di bagian pembuka, pencemaran udara bisa menimbulkan penyakit dari yang ringan sampai yang parah. Adapun penyakit-penyakit yang bisa disebabkan karena tercemarnya udara adalah sebagai berikut.

1. Asma 


Asthmatic bronchiale atau yang bisa disebut dengan asma adalah salah satu penyakit yang bisa disebabkan karena saluran pernapasan terlalu lama berada di lingkungan udara yang tercemar. 

Selama ini memang penyakit asma juga ada yang diderita karena turunan, namun untuk mereka yang tak memiliki keturunan asma pun tetap bisa terkena penyakit ini. 

Mereka yang bukan keturunan asma saja bisa terkena asma, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit ini dan harus berada di lingkungan udara yang tercemar, sangat disarankan untuk mengambil tindakan yang tepat. 

Jika penyakit ini datang, saluran pernapasan penderita akan menyempit dan akhirnya penderita akan kesulitan bernapas. 

Tidak hanya kesulitan bernapas saja, gejala lain yang menyertai bisa berupa batuk-batuk dan sesak dada. 

2. ISPA 


Setelah asma, ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut menjadi penyakit lain yang biasa disebabkan karena kondisi udara yang tidak bersih. 

Gejala yang dialami penderita ketika terkena ISPA antara lain batuk dan pilek, kadang kala akan disertai dengan peningkatan suhu tubuh atau demam. 

Bagi WHO, infeksi ini menjadi penyakit yang menyebabkan mortalitas penyakit di dunia. Juga telah tercatat bahwa setiap tahun, ada hampir sebanyak empat juta orang meninggal dunia karena infeksi saluran pernapasan ini. 

Dari empat juta orang tersebut, diketahui sebanyak 98 persen dikarenakan infeksi yang menyerang bagian bawah pernapasan. 

Yang mana, jika pernapasan bagian bawah infeksi, itu artinya penyebabnya adalah pencemaran udara. 

3. Bronchopneumonia 


Sering disebut sebagai peradangan saluran pernapasan yang disebabkan pencemaran udara, hanya saja kebanyakkan penderitanya tak mengetahui bahwa mereka sedang terkena penyakit ini. 

Sebenarnya penyakit bronchopneumonia adalah penyakit yang disebabkan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Namun, dari yang sudah-sudah diketahui penyebab paling banyak penderita terkena penyakit ini adalah udara yang tercemar. 

Apa yang akan dirasakan penderita adalah merasa sesak hingga kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemasukan udara ke paru-paru. 

Virus yang menyebabkan penyakit ini masuk ke tubuh melalui udara dan darah. Jadi, cukup wajar jika udara yang tercemar bisa membuat virus-virus dengan mudah masuk ke dalam paru-paru. 

4. Pneumonia 


Pneumonia lebih sering disebut sebagai paru-paru basah. Terlalu sering atau terlalu lama berada di lingkungan udara yang kotor akan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit paru-paru basah. 

Alveolus yang ada di dalam paru-paru penderita akan mengalami infeksi dan kemudian terjadi inflamasi jika seseorang terkena penyakit ini. 

Adapun gejala yang dirasakan penderita antara lain demam, sulit bernapas, dan batuk-batuk. Pneumonia bisa menyerang siapa saja, bahkan akan lebih mudah menyerang anak-anak dan lansia dibanding orang dewasa. 

5. Serangan Jantung 


Perlu diketahui bahwa yang namanya pencemaran udara bukan hanya soal kondisi udara yang tercemar asap kendaraan bermotor saja. 

Polusi udara juga bisa disebabkan limbah gas buangan pabrik atau industri, yang mana polutan dari pabrik biasa disebut sebagai polutan yang berbahaya. 

Hal ini pun sebenarnya wajar karena dalam industri telah dilakukan aktivitas dengan zat kimia tertentu dan hasil buangannya bukan hanya karbon dioksida atau karbon monoksida lagi. 

Hal yang tidak wajar adalah jika polutan ini bisa berada di ruang publik dan mengenai warga sekitar. 

Meskipun sebenarnya dilarang, namun jika ternyata bocor maka tetap bisa terjadi polusi udara. 

Polusi udara yang disebabkan polutan berbahaya bisa mendatangkan serangan jantung. 

Sebab, polutan berbahaya yang terhirup ini akan meninggalkan plak di dinding pembuluh darah dan jika sudah ada banyak plak di sana, maka orang tersebut akan terkena aterosklerosis. 

Sedangkan aterosklerosis sangat bisa mendatangkan penyakit yang lebih serius seperti serangan jantung. 

Apa yang Dilakukan Ketika Berada di Lingkungan Udara Tercemar 


Anda telah mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan ketika penyakit-penyakit di atas akan datang atau sudah diderita. Dari lima penyakit tersebut, satu gejala yang pasti adalah merasa lebih sulit ketika bernapas. 

Jika benar Anda sedang berada di lingkungan yang ada banyak benda yang berkontribusi membuang polutan dan Anda merasakan sesak napas, maka segera lakukan sesuatu. 

Jika bisa, segera tinggalkan ruang tersebut dan cari ruangan yang memiliki udara bersih. 

Misalnya saja ketika Anda berada di jalanan, sebisa mungkin dengan mengutamakan keselamatan, percepat langkah atau transportasi pribadi Anda supaya semakin cepat sampai tujuan. 

Namun jika Anda berada di tengah macet dan rasanya akan sulit untuk meninggalkan, maka gunakan saja masker yang telah dibawa. Lalu bagaimana jika tidak membawa masker? Sebisa mungkin tutup hidung Anda supaya semakin sedikit udara di sana yang terhirup. 

Bisa dengan menutupnya dengan lekukan lengan atau dengan sapu tangan yang dibawa. Hal ini menjadi usaha yang hasilnya akan lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. 

Atasi Gejala dan Dapatkan Obat Hanya di Halodoc 


Merasakan gejala berupa sulit bernapas saja mungkin akan membuat Anda kesulitan apakah benar Anda sedang menderita salah satu penyakit di atas, atau tubuh sedang melakukan respon terhadap lingkungan saja. 

Mengingat banyak informasi yang telah diberikan di atas bisa saja terasa sulit, namun ada kebutuhan untuk mengingat semuanya. 

Halodoc hadir sebagai solusi untuk Anda yang ingin memahami kesehatan diri Anda sendiri dengan mudah. 

Melalui Halodoc Anda bisa mengetahui penyakit apa yang mungkin sering Anda alami berdasarkan gejala yang dirasakan. 

Tidak hanya mengetahui saja, Halodoc juga memberikan banyak saran atas apa yang Anda rasakan dan apa yang ada di sekitar Anda supaya Anda tetap baik-baik saja. 

Pencemaran udara bukan lagi menjadi masalah yang mendatangkan penyakit jika Anda sudah mengandalkan Halodoc. 

Di Halodoc Anda juga bisa menemukan obat-obatan yang paling tepat untuk gejala yang disebabkan pencemaran udara. 

Setelah mengetahui apa obat yang tepat, bisa langsung dibeli, dan konsumsi supaya Anda tetap sehat.
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "Penyakit yang Ditimbulkan Pencemaran Udara dan Apa yang Harus Dilakukan"

Berlangganan via Email