Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan saat Memilih Kapasitas Genset

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kapasitas Genset

Untuk kebutuhan penyelenggaraan operasional industri dan perusahaan tentu dibutuhkan sumber daya listrik memadai. Oleh sebab itu mengandalkan listrik dari PLN saja tidak cukup karena perusahaan harus memiliki cadangan dari genset atau sumber yang lain. 


Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kapasitas Genset 


Mengandalkan pasokan listrik utama hanya dari PLN saja tentu tidaklah cukup apalagi untuk kebutuhan industri minyak dan gas yang mengkonsumsi listrik dalam jumlah sangat besar untuk pengeboran. 

Oleh karena itulah pada beberapa industri berskala besar tentu harus memiliki tambahan pasokan listrik dari generator listrik baik sebagai cadangan ketika terjadi masalah ataupun untuk tambahan listrik. 

1. Analisa Kebutuhan Pasokan Listrik 


Ada dua hal yang harus Anda pastikan terlebih dahulu sebelum memilih dan menghitung kebutuhan kapasitas genset. 

Anda harus memastikan apakah genset tersebut ditujukan sebagai pasokan listrik utama seperti untuk industri di daerah terpencil yang tidak mendapat pasokan PLN atau hanya sebagai cadangan listrik semata. 

Jika Anda menggunakan genset sebagai pasokan listrik utama, maka tentu jumlah pasokan listrik yang dibutuhkan sangatlah besar. 

Anda harus menghitung terlebih dahulu total instrument listrik yang dibutuhkan saat beroperasi maksimal. 

Anda juga harus memahami bahwa efisiensi genset tidaklah 100% atau efisiensi penuh. Beberapa genset yang bagus umumnya hanya memiliki efisiensi sebesar 80%. 

Anda harus memastikan besaran efisiensi ini langsung ke pihak penyewaan genset. 

Selain itu, Anda juga harus mengetahui bahwa genset memiliki margin operasi sebesar 20 hingga 30% sehingga genset tidak bisa dioperasikan pada usaha maksimal jika lebih dari 30 menit. 

2. Penggunaan Sumber Energi Terbarukan 


Pada industri pengeboran minyak dan gas baik itu di daratan ataupun di lautan biasanya memiliki opsi tambahan berupa penggunaan sumber energi terbarukan. 

Sumber energi terbarukan ini bisa berasal dari matahari, laut, ataupun angin yang ada di lokasi sekitar. 

Untuk penggunaan jangka panjang, tentu membangun pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan sangat menguntungkan. 

Anda dapat mengandalkan PT Sumberdaya Sewatama baik untuk penyewaan genset dan juga konstruksi pembangkit daya listrik terbarukan. 

Sewatama adalah perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia sejak lebih dari 22 tahun dan dipercaya oleh banyak klien untuk penyediaan listrik industri.
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pertimbangan saat Memilih Kapasitas Genset"

Berlangganan via Email