Cara Memulai Bisnis Dropship



Anda ingin berbisnis, namun masih terkendala dengan modal? Dropship dapat menjadi pilihan yang tepat. Cara memulai bisnis dropship ini sangat mudah, hanya dengan mengandalkan akses internet saja, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. 

Apa itu dropship? dropship merupakan bisnis yang meneruskan pesanan dari pelanggan kepada supplier. Setelah itu, supplier mengirim pesanan kepada pelanggan atas nama dropshipper. Dapat dikatakan dropshipper adalah perantara penjual produk. 


Cara Memulai Bisnis Dropship


1. Tentukan Supplier


Pertama kali memulai usaha sampingan ini, tentukan dahulu supplier produk yang diminati untuk dijual kembali. Carilah kontak dan informasi lengkap supplier melalui internet atau dari teman. Kemudian lakukan lagi survey terhadap produk supplier dan sistem penjualan. 

Peran supplier dalam sistem dropship ini penting. Sehingga untuk menentukannya, harus berhati-hati, agar mendapatkan supplier yang benar-benar terpercaya. Profesionalitas supplier dapat diketahui dari testimoni pelanggan sebelumnya. 

2. Memulai Kerja Sama


Setelah menemukan supplier yang tepat, lakukan kerja sama yang menguntungkan kedua pihak. Kerjasama dapat berupa lisan dan tertulis. Salah satu bentuk kerja sama, contohnya dengan mematok harga sesuai margin. 

3. Menentukan Media Jualan 


Kini banyak dropshipper menggunakan media sosial untuk berjualan, karena lebih praktis dan ekonomis. Selain itu, beberapa marketplace dan e-commerce juga menjadi pilihan. 

Usahakan media online yang digunakan terpercaya dan tidak macet ketika dibuka. Melalui media jualan inilah yang nantinya menjadi penentu, apakah barang ini efektif atau tidak dipasarkan dipasaran. 

4. Membangun Brand 


Apabila barang yang dijual kurang dikenal, sebaiknya bangun nama brand terlebih dahulu. Kemudian ditindaklanjuti dengan kampanye produk melalui iklan di media sosial. 

Dalam hal membangun brand, dapat dilakukan dengan cara melampirkan testimoni pelanggan (salah satunya). Manfaatkan juga blog/website, dan optimasi SEO terkait produk yang dijual, juga diselipkan penawaran produk. 

5. Melayani Pelanggan 


Cara memulai bisnis dropship terakhir yang wajib dilakukan, yakni dropshipper harus melayani calon pembeli. Sangat penting untuk memberikan pelayanan ramah dan menjawab semua keluhan calon pembeli. 

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship 


Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship

1. Pilih Supplier Terpercaya


Ada banyak supplier yang menawarkan produknya di internet. Namun, sebagai saran saja, sebaiknya jarak toko supplier dengan dropshipper tidak jauh. Jika supplier merupakan toko online, sebaiknya pilih yang dikenal dan terpercaya. 

Disamping itu, rekam jejak supplier harus baik, guna terhindar dari penipuan. Jangan tergiur dengan harga murah, karena belum tentu berkualitas. Mendapatkan supplier terpercaya memungkinkan kerjasama jangka panjang dan memperoleh keuntungan yang stabil. 

2. Menjadi Spesialis 


Tentukan juga spesialisasi produk yang ingin dijual. Hindari menjual produk beraneka ragam, karena hanya membuat penjualan dan target pasar yang tidak terfokus. Jika Anda masih pemula, lebih baik mulai dari usaha yang kecil terlebih dulu. 

3. Hindari Produk Musiman 


Jika ingin menjadi dropshipper dengan keuntungan yang stabil, lebih baik tidak berjualan produk musiman. 

Mengapa? Karena keuntungan yang didapatkan juga hanya pada waktu tertentu saja. Selain itu, modal untuk branding juga cukup besar, karena pasti mengejar waktu sebelum produknya tidak booming lagi. 

4. Pilih Produk Tidak Mudah Rusak 


Penjual yang cerdas tentu memilih produk yang tidak mudah rusak. Bayangkan, jika produknya rentan, ketika tiba di konsumen, bisa saja sudah rusak kan? Tentunya, harus mengajukan pengembalian barang. 

Proses pengembalian barang bisa jadi hal yang menyulitkan, mengingat posisi Anda hanya seorang dropshipper. 

Cara memulai bisnis dropship ini bisa diaplikasikan untuk dropshipper pemula. Tapi sebenarnya, kunci untuk memulai bisnis dropship ini adalah ketekunan dalam melakukan usaha. Selamat mencoba!