Segala Hal Tentang Sakit Kanker Otak yang Harus Diketahui

Konten [Tampil]
Sakit Kanker Otak

Sakit kanker otak adalah salah satu jenis dari sekian banyaknya jenis kanker yang bisa menyerang tubuh manusia. Sebenarnya setiap organ atau bagian tubuh manusia bisa-bisa saja terkena kanker. Oleh karenanya kanker biasa disebut sebagai penyakit kanker yang disertai dengan kata bagian tubuh yang terkena kanker tersebut. Misalnya saja seperti kanker otak, kanker rahim, kanker tenggorokan, kanker kulit, dan lain sebagainya. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sakit kanker otak, ada satu hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Sel kanker sebenarnya sudah ada di tubuh manusia sejak awal. Namun sel ini tidak akan bekerja atau membesar jika tidak ada pemicunya. Pemicunya adalah penyebab dari kanker itu sendiri. Misalnya saja seperti penggunaan narkoba, gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang kurang baik, atau hal lainnya. 

Sekilas Tentang Kanker Otak


Orang yang sakit kanker otak maka di dalam otaknya telah tumbuh tumor ganas. Kanker selalu diawali dengan adanya tumor, termasuk juga pada kanker otak. Ada dua jenis kanker otak, yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Dari seluruh kasus kanker otak yang ada 75% di antaranya adalah kanker otak primer dan 25% Sisanya adalah kanker otak sekunder. 

Kanker otak primer adalah kanker yang disebabkan oleh tumor ganas yang tumbuh dari dalam otak. Sedangkan kanker otak sekunder merupakan kanker otak yang terjadi karena bagian tubuh yang lain. Otak primer biasa menyerang orang paruh baya dan anak-anak di bawah umur 15 tahun. Sedangkan kanker otak sekunder biasa menyerang orang dewasa. 

Tanda-Tanda Kanker Otak


Adanya sakit kanker otak ada tanda-tandanya. Ada tanda-tanda yang umum terjadi dan juga ada tanda-tanda yang tidak dirasakan oleh semua orang yang terkena sakit kanker otak. Beberapa tanda atau gejala umum kanker otak antara lain kejang, tubuh sulit seimbang, sulit berjalan, parestesia, kelemahan otot, dan sakit kepala. 

Kesulitan berjalan disebabkan karena bagian tangan dan kaki terasa lemah. Juga wajar ada gejala tubuh sulit seimbang karena koordinator dari tubuh itu sendiri sedang terganggu, yaitu otak. Parestesia merupakan keadaan di mana tubuh terasa seperti ditusuk banyak jarum serta kesemutan sekaligus. Gejala kanker otak lainnya seperti sakit kepala, yang biasa dirasakan ketika pagi hari. Sakit kepala ini bisa berupa sakit kepala ringan juga bisa berupa sakit kepala berat. 

Juga ada beberapa gejala lainnya yang tidak dirasakan semua pengidap kanker otak. Beberapa gejala tersebut antara lain perubahan emosional dan intelektual, kesulitan berbicara, kelainan indera penglihatan, merasakan mual dan muntah di pagi hari, serta perubahan status mental. Bahan status mental ini bisa berupa apa saja. Bisa terjadi perubahan kesulitan dalam konsentrasi, perubahan cara berpikir, hingga perubahan ingatan. 

Ada orang sakit kanker otak yang mendapat gejala-gejala tersebut sejak awal, juga ada yang baru merasakan di akhir atau setelah lama penyakit ini datang. Sebab memang setiap orang memiliki respon tubuh yang berbeda-beda. 

Stadium Pada Kanker Otak


Menurut National Cancer Institute, kanker otak dibagi menjadi empat stadium dengan keparahan masing-masing. Berikut empat stadium tersebut beserta penjelasan singkat. 

1. Stadium 1


Stadium satu sel kanker atau tumor di dalam otak masih jinak sifatnya. Bahkan keadaan otak masih terlihat baik-baik saja pada stadium ini. Pertumbuhan dari sel kanker ini masih cukup lambat. 

2. Stadium 2


Stadium 2 sudah jauh berbeda dengan keadaan di stadium 1. Ketika dilihat akan sangat terlihat berbagai perubahan pada otak. Apalagi jika dibandingkan dengan keadaan otak normal, pasti akan jauh berbeda. Pada stadium ini sel kanker bersifat lebih ganas dibanding sebelumnya. 

3. Stadium 3


Sel-sel kanker di otak sudah sangat berbeda tampilannya dibanding sel normal. Jaringan sel kanker sudah tumbuh dengan cepat atau bisa dikatakan sudah mulai ganas. 

4. Stadium 4


Pada stadium ini sel-sel abnormal jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Ditambah lagi sel-sel tersebut akan tumbuh lebih agresif dan lebih cepat. 

Penyebab Kanker Otak


Penyebab kanker otak

Jelas ada penyebab sakit kanker otak, tidak mungkin kanker ini datang tanpa alasan. Umumnya penyebab dari datangnya kanker otak belum diketahui secara pasti. Ditambah lagi kanker otak ini disebabkan oleh pertumbuhan tumor di dalam otak itu sendiri (jika yang terjadi adalah kanker otak primer). 

Namun juga ada sumber kredibel yang menyatakan bahwa orang yang terus-menerus berada di lingkungan industri berat, industri bahan kimia, pengeboran minyak, dan industri lainnya sangat beresiko membuat seseorang terkena kanker otak. 

Infeksi virus HIV, terpaparnya radikal bebas, dan rokok menjadi sebab selanjutnya adanya kanker otak. Sebenarnya juga banyak yang menyebutkan salah satu sebab kanker otak adalah faktor keturunan. Namun hal ini belum diteliti lebih lanjut dan belum bisa dibuktikan kebenarannya.
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Segala Hal Tentang Sakit Kanker Otak yang Harus Diketahui"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel