Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Berbisnis Online, dan Dapatkan Banyak Keuntungan

Sukses Berbisnis Online

Sukses Berbisnis Online -- Berbicara soal lini masa pada bisnis, rasanya kurang pas jika Anda selaku pebisnis sampai saat ini belum juga terjun ke dunia online. Di masa yang apa-apa serba teknologi dan online ini, seharusnya Anda bisa mengambil keputusan untuk juga membuat bisnis Anda berjalan secara online

Boleh jadi sebelumnya bisnis Anda berfokus pada marketing offline, semua pergerakannya dilakukan secara offline. Namun untuk sekarang ini, bisnis yang hanya berjalan secara offline saja dinilai bisnis yang kurang bisa maju. Perluas pasar bisnis Anda dengan membuka dan menjalankannya secara online dengan menyimak pembahasan berikut. 

Mengapa Bisnis Anda Harus Beralih Ke Bisnis Online? 


Sukses Berbisnis Online

Anda mungkin langsung bertanya-tanya mengapa bisnis yang tadinya bergerak secara offline harus dialihkan menjadi bisnis online. Tak selalu harus bisnis offline berubah menjadi bisnis online saja. Anda yang saat ini berencana untuk mendirikan sebuah bisnis sangat disarankan untuk bergerak secara online terlebih dahulu. Tentu saja ada alasan mengapa disarankan demikian. Bersama dengan bahasan ini Anda akan menemukan alasannya. 

Sebelum berbicara tentang pasar, mari kita perhatikan apa yang ada pada diri kita sendiri. Seiring berkembangnya waktu, benarkah bahwa kita lebih sering memenuhi kebutuhan secara online? Benar sekali dan ini yang terjadi pada banyak orang di luar sana. Berbagai kebutuhan atau keinginan lebih mudah dipenuhi dengan adanya teknologi. 

Yang mana membuat lebih banyak orang memenuhi kebutuhan mereka secara online, bukan Lagi offline. Dengan memenuhi kebutuhan secara online orang tidak perlu lagi keluar rumah, menunggu toko buka, atau mungkin mencari di mana letak sebuah toko. Segala hal yang sifatnya melibatkan tidak perlu dilakukan jika berbelanja secara online. 

Hampir semua orang atau konsumen beranggapan demikian. Hal inilah yang membuat banyak toko atau supermarket yang tadinya bergerak secara offline menjadi bergerak secara online juga. Memang tidak ada salahnya justru hal ini sebaiknya mereka lakukan karena bisnis sifatnya harus dinamis. Buktinya dengan keputusan tersebut mereka bisa menambah profit atau keuntungan. Pelanggan mereka pun juga sama-sama senang karena bisa mendapatkan kebutuhan dengan lebih mudah. 

Hal ini tidak berlaku pada skala supermarket saja. Sudah banyak toko atau market jenis lain yang kemudian bergerak secara online untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Tak hanya pasar yang lebih luas saja pemasukan mereka juga bisa bertambah dengan membuat bisnis mereka menjadi bisnis online.  

Ilustrasi diatas seharusnya sudah cukup membuat Anda paham Mengapa bisnis yang tadinya offline harus berubah menjadi bisnis online. Tak perlu menghilangkan bisnis offline yang sudah ada, yang dibutuhkan adalah untuk membuat bisnis tersebut juga bergerak dalam skala online. Bisnis yang bergerak secara offline dan online pastinya mendapat pasar yang lebih luas dan keuntungan yang lebih besar. Hal ini sudah mutlak, tidak bisa dielakkan lagi. 

Di atas telah dijelaskan bahwa ini tidak berlaku untuk mereka yang sudah punya bisnis saja. Anda yang baru saja mendapat ide bisnis atau sudah mantap akan memulai sebuah bisnis juga lebih baik menjalankannya secara online terlebih dahulu. Nantinya anda akan mengetahui apa saja perbedaan bisnis offline dan online. Yang mana akan membantu Anda dalam memutuskan, apakah Anda mantap untuk membuat bisnis online atau tidak. 

Kesimpulan Mengapa Anda harus membuat bisnis online adalah dengan bisnis online anda akan mendapat pasar yang lebih luas dan pemasukan yang lebih banyak. Di awal mungkin hal ini belum terasa, namun dua hal besar inilah yang akan diterima setiap bisnis online. Bisnis online yang dimaksud ini juga mencakup semua jenis bisnis. Produk atau jasa apapun yang ditawarkan akan lebih meluas pasarnya apabila bergerak secara online. 

Perbedaan Bisnis Offline dan Bisnis Online 


Sukses Berbisnis Online

Di atas telah dijanjikan akan adanya informasi mengenai perbedaan bisnis offline dan online. Perbedaan paling besar dan paling nyata adalah pada wujud pergerakannya. Bisnis offline adalah bisnis nyata yang membutuhkan pegawai nyata dan tokoh nyata. Sedangkan bisnis online sifatnya Maya dan tidak membutuhkan berbagai formalitas. Kedengarannya memang sangat ajaib jika bisnis online yang bergerak secara Maya lebih bisa memperluas pasar dan memperbanyak pemasukkan. 

Supaya Anda lebih paham perbedaan bisnis offline dan bisnis online, berikut adalah tabel perbedaannya.

Perbedaan

Bisnis Online

Bisnis Offline

Waktu Operasi

Bebas

Terikat

Pegawai/Karyawan

Tidak harus

Harus ada

Tempat Operasi/Gudang

Tidak harus

Harus ada

Profit

Sedang - besar

Sedang – besar

Resiko

Kecil – tanpa resiko

Sedang – besar

Modal

Kecil – tanpa modal

Sedang – besar

Tabel di atas jelas sangat mudah untuk dipahami dan sangat jelas perbedaannya. Mungkin ada beberapa Point yang sulit untuk dipercaya namun begitulah kenyataannya. Anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal sama sekali jika bisnis tersebut merupakan bisnis online. Salah satunya adalah bisnis dropshipper. Kita tidak berfokus untuk membahas bisnis dropship, melainkan bahasan mengenai bisnis online yang memiliki potensi besar untuk kesuksesan. 

Tidak hanya soal modal saja. Anda yang menggerakkan bisnis online akan menerima resiko bisnis yang kecil dan bahkan tanpa resiko sama sekali. Perlu diketahui bahwa setiap bisnis atau usaha pasti ada resikonya, apapun produk atau jasa yang ditawarkan. Setiap bisnis harus bersiap akan hal ini. Namun tidak bagi mereka yang menjalankan bisnis online, mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan risiko. 

Tidak seperti bisnis offline yang waktu beroperasinya terikat. Bisnis online adalah bisnis yang bisa beroperasi kapan saja. Bahkan bisa 24 jam penuh selama 7 hari. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis online lebih bisa memberikan pemasukan yang besar. Sebab kapan saja pelanggannya butuh tetap bisa memberikan. Tidak seperti bisnis offline yang hanya bisa memberikan kebutuhan pelanggan pada jam-jam tertentu saja, lebih tepatnya pada waktu operasi. 

Karena bisnis online adalah bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal, Anda harus tahu bahwa dalam bisnis online tak harus dibutuhkan tempat atau gudang. Kedengarannya sangat menarik dan solutif bukan? Bisnis online menjadi sangat solutif untuk mereka yang ingin memulai bisnis namun hanya memiliki modal yang kecil. 

Karena adanya bisnis online siapapun dengan modal berapapun bisa memulai bisnis apapun. Bisnis tidak perlu memandang usia dan latar belakang lagi. Adalah teknologi yang telah membantu hal ini dan bisa diandalkan untuk urusan bisnis online apapun itu. 

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online 


Sukses Berbisnis Online

Keuntungan menjalankan bisnis online tak jauh dari bahasan mengenai perbedaan antara bisnis offline dan bisnis online. Bisnis online bisa diwujudkan dalam bentuk apa saja. Salah satunya adalah dengan membuatkan website yang mana dibutuhkan beli hosting. 

Ada yang sudah mantap menjalankan bisnis secara online harus bersiap kedepannya akan selalu menemui hosting bisnis terbaik. Sebab memang bisnis online dan hosting adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. 

1. Tidak Perlu Modal Besar 


Keuntungan pertama atau menjalankan bisnis online adalah tidak diperlukannya modal yang besar. Bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal sama sekali. Namun untuk mewujudkan bisnis online biasanya menggunakan website. Jika bisnis Anda nanti menggunakan website maka anda akan berlangganan hosting bisnis terbaik atau beli hosting. Dan hanya inilah modal satu-satunya yang dibutuhkan untuk bisnis online yang diwujudkan dalam bentuk website. 

2. Tanpa Sewa Tempat Seperti Bisnis Offline 


Bisnis online memberikan Anda kesempatan untuk berbisnis tanpa modal yang besar. Sebab anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk mempekerjakan karyawan, menyewa tempat, menyewa gudang, dan biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis offline. 

3. Fleksibel Dalam Hal Waktu 


Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri Anda sendiri. Yang mana waktu lebih ini bisa dimaksimalkan untuk hal lainnya. Alasannya adalah karena bisnis online bisa dioperasikan kapan saja Anda luang. Tanpa perlu memberikan waktu secara langsung pun bisnis online tetap bisa berjalan secara otomatis. Pada akhirnya tenaga untuk berbisnis online lebih kecil dibanding tenaga yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis offline. 

4. Bisa Memperluas Target Market Lebih Mudah 


Keuntungan lainnya yang wajib diketahui dalam menjalankan bisnis online adalah pasar terjamin akan semakin luas. Kedepannya semakin banyak pengguna internet dan semakin banyak orang yang benar-benar mengandalkan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena hal ini pasar bisnis online yang Anda jalankan terjamin akan semakin luas. 

5. Dapat Dikerjakan Secara Multitasking 


Tentu saja ada keuntungan lainnya dari bisnis online ini. Anda bisa menjalankan beberapa atau banyak bisnis online sekaligus dalam satu waktu tanpa perlu modal yang besar. Tidak seperti bisnis offline yang menjalankan satu saja akan melelahkan. Sistem operasi dari bisnis online jauh berbeda dengan bisnis offline. Yang mana siapa saja yang terjun dalam dunia online untuk berbisnis sangat besar kemungkinannya untuk bisa menjalankan banyak bisnis sekaligus. Ditambah lagi modal yang dibutuhkan tidak perlu besar-besar. 

Mungkin Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk beli hosting atau berlangganan hosting bisnis terbaik saja. Apalagi sampai sekarang ini sudah banyak yang menjual hosting murah Indonesia sehingga membuat Anda lebih hemat. 

Infografis Sukses Berbisnis Online

Kesimpulannya adalah keuntungan dari menjalankan bisnis online Anda lebih bisa hemat. Anda yang hanya punya modal kecil untuk berbisnis tetap bisa berbisnis jika menjalankannya secara online. 

Proyeksi Modal Bisnis Online yang Wajib Dipahami Penggiat Start Up 


Sukses Berbisnis Online

Mungkin setelah mengetahui perbedaan bisnis offline dan bisnis online, serta mengetahui keuntungan menjalankan bisnis online Anda masih ragu. Ragu apakah benar bisnis online yang menguntungkan itu. Padahal memang benar adanya bahwa bisnis online bisa memberikan Anda berbagai keuntungan tersebut. Supaya lebih realistis dan konkrit, ada sebuah contoh yang bisa Anda simak sebagai bukti bahwa bisnis online memang menguntungkan itu. 

Contoh yang akan diambil adalah sebuah proyeksi modal untuk bisnis online pakaian. Berikut adalah tabel perbedaan antara proyeksi modal bisnis offline pakaian dengan bisnis online pakaian.

Modal

Bisnis Offline

Bisnis Online

Karyawan (2 orang)

Rp3.000.000 – Rp6.000.000 (per bulan)

-

Sewa Tempat

Rp2.000.000 – Rp15.000.000 (per bulan)

-

Pakaian yang Dijual (100 pcs)

Rp5.000.000 – Rp10.000.000

Bisa iya bisa tidak

Hosting

-

Rp40.000 – Rp80.000 (per bulan)

Telepon, Listrik, WiFi

Rp200.000 – Rp500.000 (per bulan)

-

Internet

-

Rp150.000 – Rp200.000

Total

Rp10.200.000 – Rp31.500.000

Rp190.000 – Rp280.000

Keuntungan

sama

sama

Itulah proyeksi modal untuk bisnis pakaian yang dijalankan secara offline dan online. Keduanya sama-sama mampu menjualkan 100 potong pakaian. Keuntungan yang didapatkan antara bisnis offline dan bisnis online sama, hanya saja modal yang dibutuhkan untuk bisnis online lebih kecil. Anda bisa membandingkannya sendiri dari tabel di atas. Untuk bisa menjalankan bisnis pakaian secara offline Anda akan membutuhkan modal puluhan juta rupiah. 

Sedangkan jika Anda menjalankannya secara online modal yang dibutuhkan hanya ratusan ribu rupiah. Di tabel telah ditulis bahwa untuk membeli pakaian yang akan dijual saja Anda bisa tidak membelinya. Hal ini disebabkan jika Anda berjualan secara offline bisa dipilih penjualan secara dropship. Semakin terbukti bahwa modal untuk bisnis online sangatlah kecil. 

Satu-satunya kebutuhan yang paling penting nantinya adalah beli hosting atau berlangganan hosting bisnis terbaik. Kebutuhan selanjutnya adalah koneksi internet yang mana bisa diaplikasikan dalam bentuk data internet atau WiFi. Jelas sangatlah kecil modal yang dibutuhkan untuk bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline. Inilah mengapa bisnis online bisa dijalankan oleh siapa saja dan dengan latar belakang apa saja. 

Apa yang Harus Disiapkan Untuk Bisnis Online? 


Sukses Berbisnis Online

Apa saja yang harus disiapkan untuk bisnis online secara tidak langsung sebenarnya sudah Anda ketahui. Terlebih jika anda sudah benar-benar fokus menyimak dua tabel di atas. Anda akan membutuhkan langganan hosting murah Indonesia atau beli hosting di awal. Jika Anda belum tahu apa itu hosting maka ketahui sesegera mungkin bahwa hosting adalah tempat untuk menyimpan seluruh data di website bisnis online nantinya. 

Setiap website pasti akan ada data di dalamnya. Website yang didalamnya belum ada konten pun pasti membutuhkan data alias pemiliknya harus beli hosting. Pihak yang menawarkan hosting bisnis terbaik bisa membantu Anda dalam berbagai hal kedepannya. Kebutuhan apapun yang Anda inginkan atau marketing seperti apapun yang Anda inginkan, semuanya bisa diwujudkan. 

Tidak sedikit pihak yang menawarkan hosting murah Indonesia. Fungsi dari hosting untuk Website bisnis online memang sekedar itu saja dan rasanya tidak mungkin dimodifikasi yang bisa merugikan pebisnis. 

Namun tetap saja jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih hosting bisnis terbaik bisa saja ada kendala atau kerugian di masa yang akan datang. Kendala tersebut boleh jadi tidak dirasakan secara langsung melainkan secara tidak langsung. 

Di atas telah dijelaskan bahwa bisnis online bisa diwujudkan dalam bentuk apapun. Yang paling utama bisa diwujudkan dalam bentuk website, perwujudan lainnya adalah melalui marketplace atau sosial media. Apapun perwujudannya jika sebuah bisnis online belum memiliki website rasanya akan tetap kurang. Malahan bisa dikatakan bahwa website adalah alat yang harus dimiliki dari sebuah bisnis online. 

Karena eksistensi website akan sangat penting untuk suatu bisnis online maka hosting murah Indonesia jelas akan Anda butuhkan. Mengapa harus hosting murah Indonesia? Tentu saja alasannya supaya Anda lebih hemat dalam bermodal. Hosting bisnis terbaik akan lebih bisa membuat bisnis online yang baik pula. Di awal mungkin anda tidak merasakannya. Namun di tengah perjalanan menjalankan bisnis online nanti manfaat dari hosting bisnis terbaik akan sangat terasa. 

Selalu pastikan Anda mendapatkan paket hosting di agensi atau pihak yang terpercaya. Dengan pihak atau pemberi hosting yang terpercaya, urusan berbisnis online nanti akan lebih maksimal hasilnya dan progress nya.
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Berbisnis Online, dan Dapatkan Banyak Keuntungan"

Berlangganan via Email