5 Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui Generasi Milenial

Ketika membahas soal daun sirih pasti teringat tradisi orang tua zaman dahulu yang sering kunyah daun sirih, karena manfaat daun sirih dipercaya untu
Manfaat Daun Sirih

Ketika membahas soal daun sirih pasti teringat tradisi orang tua zaman dahulu yang sering kunyah daun sirih,  karena manfaat daun sirih dipercaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Daun sirih memiliki kandungan antibakteri yang tinggi sehingga gigi terlihat lebih kuat dan terawat. 

Daun sirih tidak hanya bisa dinikmati orang tua saja, ternyata daun yang berbentuk hati itu juga bisa dinikmati oleh semua umur. Anak milenial sekarang mungkin jarang yang mengetahui manfaat daun sirih ini. 

Sejarah daun sirih sudah lama digunakan leluhur kita sebagai pembungkus kunyahan saat nyirih, yang di dalam daun tersebut berisikan pinang, tembakau, kapur sirih atau yang biasa disebut injet.

Saat daun sirih digunakan sebagai bahan pelengkap dalam nyirih, daun dari tanaman yang tumbuh merambat ini dapat menyegarkan napas dan bersifat mendinginkan mulut.

Buat kalian yang belum mengetahui manfaatnya, daun sirih dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun perlu diperhatikan juga takaran porsi saat mengonsumsi jangan terlalu banyak, karena bisa berdampak buruk pada kesehatan. Digadang-gadang dapat menimbulkan kanker mulut. 

Padahal, hingga sekarang belum ada bukti valid bahwa orang tua yang gemar nyirih akan mengidap penyakit mematikan ini.

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Anda


Daun sirih tidak hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah, namun juga bisa diambil khasiatnya dengan cara direbus. Manfaat air rebusan daun sirih juga tidak kalah banyak.

Daun sirih mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, cuaca dan musim saat itu. Tapi yang jelas, selain memiliki segudang manfaat, daun sirih juga terkenal karena memiliki aroma yang wangi. 

Aroma daun tersebut datang dari kandungan afenol (chavicol), yang juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik.

Secara lengkap, berikut kami ulas kandungan serta manfaat daun sirih maupun air rebusan daun sirih:

1. Mengatasi Diare


Banyak bakteri yang bisa dilawan oleh kandungan sterol pada daun sirih. Mikroba tersebut adalah E-coli yang sering mengakibatkan diare. 

Ada juga bakteri lain yang dapat dibasmi dengan meminum air rebusan daun sirih, yakni Proteus vulgaris, Pseudomonas aeruginosa, Streptococcus pyrogen, dan Staphylococcus aureus.

2. Menyehatkan Jantung


Bentuk daun seperti hati yang dimiliki daun sirih seakan mencerminkan manfaat daun sirih itu sendiri sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung.

Hasil pengkajian menyebut daun sirih memang dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya hipertensi dan ketidakteraturan irama jantung.

3. Mengobati Luka Lambung


Daun sirih jika disiram air panas terbukti menghasilkan lendir yang berguna untuk melapisi lambung. Hal ini memunculkan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka ketika Anda mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya.

4. Mencegah Karies Gigi


Secara ilmiah, Anggapan yang mengatakan nyirih dapat melindungi gigi rupanya terbukti. 

Berhubungan dengan fungsinya, Manfaat daun sirih ini  sebagai penghalang pertumbuhan mikroba yang menyebabkan timbunan karang yang akhirnya menjadi karies gigi, seperti Corynebacteria, Lactobacilli, Streptococci,  Staphylococci, Porphyromonas gingivalis, dan Treponema denticola.

5. Menyehatkan Alat Reproduksi


Perempuan wajib baca ini, karena ekstrak daun sirih yang didapat lewat air rebusan juga dapat diminum untuk meningkatkan level kesuburan. 

Manfaat rebusan daun sirih ini yaitu merendahkan level estrogen yang mungkin memengaruhi tingkat kesuburan pada rahim Anda.

Selain diminum, air rebusan daun sirih juga bisa dijadikan sebagai pembersih area kewanitaan. Pasalnya, air rebusan daun sirih juga terbukti dapat meminimalisir terjadinya keputihan, terutama pada perempuan yang masih dalam usia produktif untuk memiliki keturunan.

Selain 5 (lima) manfaat daun sirih di atas, masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, diantaranya dapat mencegah terjadinya diabetes, peradangan, bahkan beberapa jenis kanker.

Karena banyak khasiat dan manfaat yang didapat, kini daun sirih banyak diolah sebagai obat maupun bahan tambahan dalam berbagai produk kecantikan sehingga dengan mudah dapat Anda merasakan manfaatnya.