Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Avanza Bekas, Ini Spesifikasi dan Tips Saat Membeli

Jual Avanza Bekas Tahun 2018

Toyota Avanza menjadi mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, serta untuk keluarga maupun kantor. Tak heran jika Avanza dinobatkan sebagai mobil sejuta umat. 

Antusiasme masyarakat untuk membawa pulang kendaraan ini pun juga masih tinggi, entah itu membeli Avanza bekas maupun baru. Dalam artikel ini, akan diulas mulai dari spesifikasi hingga tips saat ingin membelinya, khususnya untuk Avanza bekas tahun 2018 type G.

Spesifikasi Toyota Avanza Type G Tahun 2018


Spesifikasi Toyota Avanza G 2018
Sumber Gambar: https://www.mobil88.astra.co.id


Mesin dan Tenaga


Seperti dalam pendahuluan artikel ini, pada segmen kami akan membahas spesifikasi dari Toyota Avanza, khususnya untuk tahun 2018 type G.

Pada teknis performa mesin, Toyota Avanza type G 2018 memiliki kapasitas mesin 1329 cc yang cukup ampuh digunakan untuk pemakaian konsumtif pribadi, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga untuk operasional perusahaan. Sementara tenaganya sebesar 91 hp dengan torsi mencapai 120 nm. 

Bahan Bakar dan Konsumsi


Untuk tingkat penggunaan bahan bakar, rata-rata jika digunakan di dalam kota konsumsinya menggunakan bensin (pertamax disarankan) sekitar 14,8 kilometer untuk setiap liternya.

Jika digunakan di dalam tol rata-rata bisa mencapai 18 kilometer setiap liternya. Angka ini bisa bervariasi tergantung dari cara mengemudi. Sementara kapasitas tangki bahan bakarnya bisa menampung sebanyak 45 liter.

Detail Body dan Jarak Roda


Avanza type G 1.3 M/T ini merupakan seven seat atau kapasitas tempat duduknya untuk 7 orang, termasuk pengemudi. Terdapat 5 pintu yakni dua di depan, 2 ditengah dan 1 untuk pintu bagasi.

Dimensi kendaraan meliputi panjang body 4190 mm, ground clearance setinggi 200 mm, lebar body 1660 mm, dan tingginya 1695 mm. Sementara bagian roda, jarak sumbunya 2655 mm, jarak pijak roda depan 1425 mm, dan jarak pijak roda belakang 1435 mm. 

Suspensi, Rem dan Sistem


Suspensi dan rem yang digunakan yakni, suspensi depan menggunakan jenis MacPherson Strut, belakang menggunakan jenis multi-link dan jenis shockbreakernya menggunakan coil spring. Lalu untuk sistem transmisi menggunakan sistem manual dengan gearbox 5-speed.

Kemudian dari segi detail mesin menggunakan DOHC yang sistem suplai bahan bakar EFI serta memiliki jumlah silinder dan katup sebanyak 4 buah. 

Kemudi, Velg dan Ban


Jenis kemudi yang ada pada Avanza type G tahun 2018 ini adalah menggunakan electric power, dan kolom kemudi berjenis tilt.

Steering gearnya menggunakan Rack & Pinion yang dilengkapi fitur pengaturan posisi kemudi. Untuk ukuran velg normalnya adalah menggunakan velg berukuran 14 inci, dan ukuran ban standar 185/70 R14 dengan jenis bawaan ban radial.

Fitur Yang Ditawarkan


Sementara untuk fitur yang ditawarkan pada Avanza type G 1.3 M/T 2018 adalah sebagai berikut.

Segi Kenyamanan

  • AC
  • Power Window Depan Belakang
  • Power Steering
  • Pemanas
  • Adjustable Seat (termasuk pengemudi)
  • Kursi Lipat Belakang dan Headrest
  • Lampu Indikator Bahan Bakar
  • Cup dan Bottle Holder di bagian depan serta belakang

Keamanan & Keselamatan

  • Alarm
  • Device Anti Maling
  • Engine Immobilizer
  • Sabuk Pengaman
  • Crash Sensor
  • Indikator Engine Check
  • Pelindung Benturan Depan Samping dan Pintu

Eksterior

  • Lampu Depan Yang Bisa Diatur
  • Lampu Kabut
  • Wiper Belakang
  • Velg Alloy
  • Antena Elektrik
  • Rem Belakang Jenis Drums
  • Rem Depan Jenis Discs
  • Tuas Tutup Bensin

Komunikasi dan Entertainment

Avanza type G 2018 ini dilengkapi dengan fitur Radio AM/FM, colokan USB, DVD player, Audio 2 Din dengan speaker di bagian depan dan belakang mobil.

Sementara interiornya menggunakan lapisan berbahan kain. Dilengkapi juga dengan tachometer, odometer digital dan juga jam digital. 

Tips Membeli Avanza Bekas


Tips Membeli Avanza Bekas
Sumber Gambar: https://www.mobil88.astra.co.id
Tertarik dengan berbagai fitur dan fasilitas yang kami jabarkan di atas? Sebelum melakukan pembelian unit kendaraan ini, yang perlu anda pahami adalah Avanza jenis ini tidak lagi diproduksi.

Jadi anda akan kesulitan mencari keluaran terbarunya, dan otomatis yang dijual di pasaran mayoritas merupakan Avanza bekas. Ada beberapa tips saat anda memutuskan untuk membeli kendaraan satu ini.

Pemakaian


Jika melihat spesifikasi di atas, di mana Avanza jenis ini memiliki kelebihan seperti konsumsi bahan bakar yang terbilang irit, ketangguhan untuk penggunaan antar kota, terbilang awet dari sisi ketahanan dan terpenting harganya yang terjangkau.

Hal inilah yang membuat Avanza lebih banyak digunakan sebagai kendaraan penyedia jasa travel atau taksi online. 

Jadi biasanya beberapa hal yang perlu anda cermati adalah jarak pemakaian dalam kilometer, kondisi interior, dan tentunya kondisi mesin khususnya aki serta suspensi.

Sebab, karena dianggap sebagai mobil travel dan taksi online, biasanya akan ditumpangi oleh banyak orang. Sehingga 3 faktor diatas lebih cepat mengalami penurunan kualitas.

Kondisi Umum


Faktor utama yang menjadi pertimbangan orang-orang dalam memilih kendaraan bekas, khususnya Avanza adalah pernah tidaknya unit mengalami kebanjiran.

Hal ini memang yang paling fatal, sebab jika mobil sudah mengalami kebanjiran, bisa dipastikan 80 persen kondisi mesin hingga interiornya sudah tidak layak lagi. 

Caranya umum untuk mengetahui kendaraan bekas tersebut pernah kebanjiran atau tidak adalah dengan melihat bagian bawah kursi bagian depan, dan juga bagian bawah karpet.

Biasanya mobil yang pernah kebanjiran akan meninggalkan bekas karat dan juga sisa lumpur di bagian tersebut. 

Pemeriksaan Mendetail


Pemeriksaan mendetail ini bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan kendaraan seperti, memeriksa bagian kaki-kaki, melakukan test drive, cek mesin dan dokumentasi kendaraan.

Untuk memeriksa bagian kaki-kaki Avanza bekas, yang bisa dilakukan adalah dengan cara melihat kondisi ban sebagai patokan. Atau bisa dengan memeriksa langsung bagian kaki-kaki itu ada karat atau retakan.

Anda juga bisa melakukan test drive, untuk memastikan bagaimana kondisi kendaraan saat dikendarai.

Hal ini bisa dilakukan dengan mendengar suara mesin saat gas dipacu, merasakan getaran yang terjadi saat mobil berjalan baik secara lambat ataupun cepat juga ketika ada lubang dan polisi tidur. 

Pengecekan pada mesin juga wajib dilakukan dan tidak bisa dianggap hal sepele. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat bagian-bagian mesin, yakni dengan memastikan ada tidaknya kebocoran dengan tanda adanya bekas cairan seperti minyak rem, oli, kopling serta radiator. 

Sementara itu pengecekan pada dokumen meliputi kelengkapan surat-surat resmi yakni, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serta Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Tidak terkecuali anda juga meminta buku service untuk mengetahui riwayat pemeliharaan dan kerusakan yang pernah dialami kendaraan. 
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tertarik Avanza Bekas, Ini Spesifikasi dan Tips Saat Membeli"

Berlangganan via Email